Windows Tips  Cara instalasi membuat Virtual CD-DVD-ROM Drive dan file ISO Disc Image Selamat Friday malam, pengguna Windows! Dulu laptop ataupun PC umumnya pasti dilengkapi perangkat CD/DVD-ROM/RW drive, namun akhir-akhir ini karena banyaknya dijual perangkat flashdisk atau USB Harddisk Drive sekarang, maka mulai bermunculkan dijual tablet-tablet, PC ukuran mini seperti Notebook terbaru tanpa fitur drive fisik DVD-ROM/RW. Inilah menyebabkan perangkat CD-Drive ini mulai ditinggalkan dan menjadi perangkat terpisah yang dijual oleh para produsen komputer. Iya …. kecanggihan dan kemurahan teknologi internet sekarang ini juga menyebbabkan aplikasi dan games jarang sekali diperjualbelikan melalui CD/DVD fisik. Ditambah lagi, dari internet banyak muncul situs-situs torrent atau penyedia aplikasi game ilegal yang menyediakan games-games dan aplikasi terbaru yang dibajak dan linknya bisa didownload secara gratis.

Disc Image sekarang menjadi file populer dan menjadi pengganti disk CD/DVD-nya. Disc Image umumnya berekstensi .ISO dan hanya bisa dibaca melalui aplikasi drive bayangan (pengganti Perangkat CD/DVD-ROM). Untungnya file .ISO bisa juga dibuka oleh aplikasi Winrar dan Windows Explorer. Salah satu aplikasi pembaca Disc Image yaitu Virtual CD/DVD-ROM drive atau lebih disingkat Virtual CD Drive. Nah, apa Virtual CD dan Virtual CD drive itu?

Virtual CD-ROM drive, adalah drive CD buatan di OS Windows yang mampu membaca isi file dari CD Virtual. Sedangkan Virtual CD adalah sebuah file hasil salinan/copian dari sebuah CD (fisik), ada bermacam jenis format file CD Virtual antara lain: .ISO image (standar), .NRG (nero), .BIN,  .IMG dan lainnya.

Keuntungan menggunakan DVD-ROM/CD Virtual antara lain:

  • Untuk menghindari risiko goresan ke media fisik DVD-ROM/RW Anda.
  • Untuk mempercepat proses pembacaan data lebih cepat.
  • Untuk mengelabui aplikasi atau games yang memerlukan dimasukkan CD Asli, agar aplikasi atau games berjalan lancar.
  • Untuk membackup sekeping CD menjadi file Image (ISO, BIN, NRG, etc)
  • dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Nah, selanjutnya bagaimana cara install Virtual CD drive dan membuat file-ISO-nya?

Cara membuat CD DVD-Drive Virtual dan mount File ISO di Windows 7

Windows 7 tidak memiliki aplikasi bawaan untuk menciptakan CD virtual atau drive virtual CD/DVD-Room. Jadi sobat perlu menginstall aplikasi semacam emulator drive, yang berguna untuk menciptakan drive CD virtual. Beberapa aplikasi semacam ini umumnya memiliki fitur untuk menyalin isi CD (fisik) menjadi  CD Virtual (ISO, BIN, NRG, etc), yang kemudian file ISO ini bisa digunakan sebagai CD Virtual oleh aplikasi Virtual CD Drive (layak nya CD asli yang dimasukkan ke dalam DVD-RW/ROM drive yang asli) atau bisa pula langsung di-burning (dicopykan) ke dalam sekeping CD kosong asli.

Situs Microsoft masih mendukung Windows 7, dan melalui websitenya sudah menyediakan aplikasi emulator Virtual CD/DVD-ROM drive yang gratis dan terbaik untuk Windows 7 berikut ini.

Virtual CD-ROM Control Panel (Microsoft)

Jika masih bingung, dimana mencari Aplikasi Virtual CD-ROM terbaik. Silahkan dimulai dari situs Windows yaitu microsoft.com. Iya… perusahaan Microsoft sendiri secara khusus sudah membuat aplikasi Virtual CD berukuran mini hanya 50KB. Support juga Windows XP, Vista, dan terakhir Windows7. Keuntungannya cara penggunaannya yang mudah, dan fungsinya cuma 2, yaitu untuk menciptakan drive CD/DVD virtual baru (E: F: G: dll) serta untuk memasukkan (mount) cd virtual (file .iso) ke drive CD/DVD virtual baru. Silahkan mendownload aplikasinya melalui link dibawah ini:
Alamat Download:
http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=38780
atau bisa klik
Version:
2.0.1.1
Date Published:
4/23/2013
File name:
winxpvirtualcdcontrolpanel_21.exe
File size:
60 KB
Supported Operating System:
Windows 7, Windows Server 2003, Windows Server 2008/R2, Windows Vista, Windows XP, Windows Vista
Petunjuk Penggunaan:
Biar lebih mudah silahkan ikuti petunjuk instalasi virtual CD sambil melihat gambar animasi dibawah ini
virtual cd-room control panel microsoft

  1. Pertama-tama, silahkan unzip file winxpvirtualcdcontrolpanel_21.exe ke sebuah folder, misalnya: C:\virtualcd
  2. Lalu jalankan file aplikasi Virtual CD-ROM Control Panel (yaitu VCdControlTool.exe).
  3. Lalu klik Driver Control
  4. Lalu klik Install Driver
  5. Lalu klik Add Drive, lalu muncullah drive baru, misalnya Z:
  6. Lalu klik Mount untuk mencari file ISO/CD Virtual yang ingin dimasukkan
  7. Setelah ketemu, silahkan pilih/klik file ISO-nya dan OK
  8. lalu Klik OK untuk keluar
  9. Selesai, silahkan di tes virtual CD-nya di drive Z, dengan ketikkan Z: di  DOS Command Prompt atau bisa melalui Windows Explorer.

Sayangnya Aplikasi buatan Microsoft ini tidak bisa digunakan untuk membuat file ISO

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Tuesday tanggal 11 February 2014 jam 09.31 di kategori Tips Aplikasi Windows, Tips Windows.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips Windows: Cara membuat CD DVD-Drive Virtual dari File ISO (Disc Image). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Sebuah Komentar di “Tips Windows: Cara membuat CD DVD-Drive Virtual dari File ISO (Disc Image)”

  1. Tips Cara Membuar mengirim komentar:

    terima kasih gan kebetulan saya lagi kehabisna pulsa