Tips Kesehatan: Cara berhenti merokok agar tidak kecanduan lagi

tips cara berhenti merokok agar tidak kecanduan lagiRokok (Cerutu) bukanlah sebuah hal baru, sejak dulu dari zaman ke zaman, generasi ke generasi, perkotaan hingga pedesaan, bahkan jumlah para perokok tahun 2017 ini makin terus bertambah sampai tak terhitung lagi. Kemungkinan dalam sebuah keluarga atau sanak kerabat Anda pasti memiliki satu atau beberapa anggota yang aktif perokok, bukan!

Fakta2 kenyataan yang sering kita jumpai setiap hari adalah:

  • Hampir semua perokok aktif adalah kaum pria. Jadi, para perokok ini sebagian besar orang yang menanggung beban bekerja, atau super sibuk.
  • Rokok sudah banyak orang yang tahu umumnya terbuat dari bahan tembakau, dan adapula dicampur cengkeh (kretek). Tembakau bukan merupakan tanaman pangan (bukan untuk dimakan), hanya untuk hiburan, selain dihisap melalui cerutu juga bisa dikunyah saja.
  • Merokok bisa menyebabkan kecanduan bagi perokok aktif, mereka sadar tetap melakukan hal ini karena sudah menjadi kebiasaan yang susah untuk dihilangkan karena kecanduan.
  • Merokok bisa merugikan kesehatan, itu yang dikatakan dokter, bahkan bisa membahayakan nyawa manusia seperti menyebabkan penyakit mematikan yaitu kanker paru-paru, atau TBC, Flek paru-paru, dan berbagai resiko gangguan kesihatan lainnya.
  • Lain-lainnya, silahkan cari sendiri di google(dot)com/ search(dot)yahoo(dot)com ya!

Sedangkan inilah alasan mengapa para pecandu suka merokok? Kata mereka sih:

  • Merokok itu nikmat, slogan ini mungkin sering dijadikan tren perusahaan rokok. Kata mereka lebih nikmat jika dihidangkan bersama kopi panas alias sambil mengopi. Rokok itu sudah menjadi kebutuhan hidup, itulah yang sering dijumpai kebanyakan orang-orang perokok yang rajin tiap hari waktu pagi atau malam nongkrong di warung makan.
  • Merokok itu menghilangkan sakit kepala dan stress, para perokok sering memberi alasan hal ini soalnya kerja mereka sibuk banget, agar lebih rileks mereka lalu menghisap rokok. Umumnya orang-orang kantoran dan artis-artis gitoeh.
  • Merokok itu biar lebih menarik dan percaya diri, juga agar dianggap macho alias jantan gituh. Anggapannya, cewek-cewek bakal terpikat dengan cowok perokok. Inilah yang sering terjadi di kalangan para ABG dan pelajar baik SMP dan SMA di sekolah.
  • Dan alasan-alasan lain, bisa kalian coba tanyakan sendiri ke para perokok

Mungkin ada diantara sebagian perokok belum mengetahui fakta-fakta berikut ini tentang Rokok, antara lain:

  • Rokok itu memang mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan.
    kandungan zat beracun dalam rokokRokok mengandung bermacam zat kimia seperti Nikotin dan Tar, itulah 2 zat yang sering dicantumkan di bungkus rokok.
    Namun selain itu masih ada kandungan pula zat kimia lainnya yang berbahaya dalam sepuntung Rokok antara lain: Sianida, Benzene/bensol, Cadmium, Metanol, Asetilena, Amonia, Formaldehida, Hidrogen sianida, Arsenik, dan Karbon monoksida.
  • Rokok itu memang merugikan keuangan alias menguras kantong/dompet kita. Biasanya pecandu rokok menghabiskan 1 sampai 2 bungkus rokok tiap hari, dan sebagian perokok tak sadar sudah menghabiskan uang cukup banyak dalam sebulan. Bayangkanlah, jika harga sebungkus adalah Rp. 17000 , maka hitungkan biaya ongkos merokok dalam sebulan (30 hari). Jadi, harga rokok x berapa bungkus x 30 hari (17000 x 2 x 30). Hasilnya Rp. 1020000 (satu juta dua puluh ribu rupiah) itulah jumlah yang harus dikeluarkan para pecandu rokok dalam sebulan, nah mubazir bukan! Ternyata banyak sekali uang yang dikeluarkan harus terbuang sia-sia.
  • Rokok itu memang sangat membahayakan kesehatan orang lain.
    kemungkinan besar bayi cacat bibir sumbing akibat ibu merokokPerokok pasif alias orang yang menjadi korban dari asap rokok, paling rentan (cepat) sekali terserang dampak negatif (penyakit) dari asap rokok. Kebanyakan perokok (aktif) tidak menyadari keasyikan mereka merokok bisa menimbulkan dosa bagi dirinya karena merugikan (kesehatan) orang lain. Antara lain: bagi Wanita hamil yang mencium (menghisap) asap rokok maka kemungkinan besar hal itu akan membahayakan kesehatan janin dalam rahimnya, anak-anak juga paling rentan terkena penyakit flek paru-paru selain itu pertumbuhan mereka akan terganggu, dan masih banyak lagi hal-hal merugikan lainnya.
  • Dan pastinya masih ada alasan-alasan lainnya, tapi tidak tercantum di blog ini.
Ok, langsung saja, bila ada perokok yang mau berhenti. Inilah Tipsnya cara sehat agar perokok mampu stop merokok dan tidak kecanduan lagi.
  1. Niat yang kuat untuk berhenti merokok. (Contohnya) “Ya Tuhan, mulai saat ini saya akan berhenti merokok selamanya”. Tapi jangan coba berniat yang macam begini: “Aku berjanji mulai saat ini akan berhenti merokok, bila merokok lagi maka saya akan kawin dengan monyet” khan jelas hal itu dilarang.He..he..
  2. katakan tidak merokok atau stop smokingSelalu katakan TIDAK jika ditawari walau sepuntung rokok Inilah usaha yang harus paling kuat dilakukan agar terhindar dari godaan para pecandu rokok alias perokok aktif lain sedapat-dapatnya. Hal ini juga cukup membantu memberi pengertian terhadap teman-teman Anda bahwa anda saat ini berkeinginan kuat untuk stop merokok.
  3. membuang cerutu, bungkus dan semua hal berbau rokokMembuang semua hal yang berhubungan dengan rokok. Bukan hanya rokok dan bungkusnya, namun juga hal yang berhubungan dengan rokok itu sendiri seperti korek, zippo (/pemantik api), daun tembakau dan lain-lainnya.
  4. Menahan diri sekuat-kuatnya jika merasakan kecanduan alias muncul keinginan meledak-ledak ingin merokok. Namun jangan lupa berdoa memohon perlindungan pada Tuhan setiap harinya, apalagi disaat anda sedang merasakan ketagihan hebat saat mencium bau rokok
  5. Janganlah menunda lapar berlama-lama. Biasanya saat kita sedang berusaha berhenti merokok, akan muncul serangan penyakit-penyakit ringan lainnya seperti sakit maag, stress, dll. Bila merasa lapar dan pusing, segeralah makan sekenyangnya.
  6. Perbanyaklah memakan buah-buahan berair segar sebagai anti toksin atau penawar manjur dan ampuh yang membersihkan sisa-sisa racun akibat asap rokok dalam tubuh Anda.
  7. Perbanyaklah minum susu, ini merupakan sumber makanan favorit sebagai pengganti rokok karena menyehatkan. Minumlah rutin setiap hari. Misalnya: susu coklat, kopi susu, dan coklat.
  8. Melakukan kegiatan olahraga dan aktivitas sehat anti rokok yang mengasyikan, seperti: bersepeda santai, berenang, senam gym atau aerobik, bermain futsal, dll.
  9. Rajinlah mandi (usahakan pakai shower pancuran air) atau keramas karena hal ini membuat kepala anda selalu terasa segar. Usahakan rutin setiap sehari seperti mandi biasanya, ditambah lagi (jika anda Muslim) diselang waktu berwudhu.
  10. Jangan pernah ragu-ragu dari niat yang sudah diikrarkan. Teruslah memantapkan prinsip bahwa Anda sekarang bukanlah lagi seorang perokok, bukan waktu hanya seminggu atau sebulan (karena berpuasa Ramadan) dstnya namun hingga akhir hayat Anda. Inilah hal terakhir yang musti dikuatkan.
OK, semoga berhasil, dan selanjutnya Saran penting: – Jangan lupa sobat cobalah bantu teman-teman perokok anda yang juga punya keinginan untuk berhenti merokok. – Tetaplah selalu percaya diri walau sudah tidak merokok lagi, serta janganlah membenci teman yang merokok. Nah, Semoga sukses dicoba tipsnya! Dan semoga tahun 2018 nanti atau bahkan bulan November mendatang Anda segera pensiun menjadi mantan perokok. Wassalam.