tips windows soluasi cara mematikan komputer yang susah mati shutdown lebih cepat Selamat Thursday jelang siang, sobat fans Windows! Kok lama nunggu, komputernya susah mati, ya! Mau tau cara mematikannya lebih cepat? OK, sebelum penulis sharing cara membuat PC Windows lekas mati alias shutdown lebih cepat, perlu sobat ketahui apa sih faktor penyebab komputer jadi susah matinya alias lambat sekali saat shutdown antara lain:

  • Perangkat keras, misalnya: prosesor komputer sudah cepat diatas 1ghz, tapi kapasitas RAMnya (memori internal) kurang cuma 512MB atau 1GB, hal ini menjadi penghambat kinerja mesin PC anda, apalagi jika terlalu banyak aplikasi yang diinstal dan dijalankan.

  • Perangkat lunak, misalnya: terlalu banyaknya aplikasi/service yang dijalankan di pc, hingga menyebabkan membengkaknya jumlah memori virtual di harddisk, sehingga komputer anda membutuhkan waktu cukup banyak untuk proses menutup semua aplikasi.

Untuk mengatasinya, berikut ini akan diulas beberapa solusi pilihan, yaitu 4 macam cara membuat proses shutdown di Windows lebih cepat, antara lain:


1. Trik hacking Registry

Saat melakukan shutdown, Windows akan menutup seluruh aplikasi dan proses berjalan yang diWindows. Jika sebuah aplikasi atau service tidak bisa ditutup dengan segera, Windows lalu menunggu beberapa detik (timout) untuk menutup aplikasi atau sampai pengguna merespon tombol force untuk memproses shutdown segera. Namun ada trik cukup jitu yaitu dengan memanipulasi nilai timeout beberapa entri key dari sistem registry Windows melalui aplikasi Regedit.exe (Registry Editor). Ada 3 key registry yang perlu dimanupalasi nilainya,
Entri Key ke-1 (WaitToKillServiceTimeout)

  • Tekan tombol [WINDOWS] + [R], lalu ketik regedit.exe dan klik OK untuk menjalankan aplikasi Registry Editor

  • Di jendela aplikasi registry editor, telusuri folder berikut ini:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control

  • Lalu double-klik pada entri key WaitToKillServiceTimeout
  • Lalu ubah nilai timeoutnya dari 12000 (12 detik) menjadi 2000 (2 detik).
  • Kemudian klik OK.

Entri Key ke-2 (WaitToKillAppTimeout)

  • silahkan telusuri lokasi HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

  • lalu cari entri key dengan nama WaitToKillAppTimeout
  • lalu setel nilai timeoutya menjadi 2000, klik OK.

Entri Key ke-3 (AutoEndTasks)

  • Masih di lokasi HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

  • cari entri key AutoEndTasks lalu setel nilainya menjadi 1,
  • silahkan keluar dari program “registry editor”, dan restart komputer anda.


2. Trik Shutdown.exe (via Shortcut dan DOS command line)

perintah DOS shutdown cepatUntuk menshutdown fitur shutdown secara remote, sejak Windows 2000, sudah ada file shutdown.exe yang berguna untuk mematikan atau merestart ulang komputer. Triknya agar proses shutdown lebih cepat, maka sobat jalankan aplikasi shutdown.exe namun harus dilengkapi dengan paramater perintah aplikasi tambahan sebagai berikut:
shutdown.exe -s -t 00 -f, caranya:

  • Jalankan prompt DOS, tekan tombol [Ctrl]+[R] lalu ketik CMD[Enter]

  • lalu ketikkan perintah diatas yaitu shutdown.exe -s -t 00 -f
  • begitu di Enter, maka secara otomatis komputer akan langsung shutdown.

atau sobat bisa membuat shortcut shutdown sendiri di desktop anda agar sewaktu-waktu bisa digunakan, caranya:

  • klik kanan pada desktop Windows, muncul pilihan, klik New -> Shortcut

  • Lalu masukkan perintah perintah shutdown.exe -s -t 00 -f di kolom “type the location of the item”,
  • lalu klik Next, lalu namakan Shortcut tersebut dengan nama “Matikan komputer”, klik Finish.

  • selesai, dan selanjutnya jika sobat ingin mengetes untuk mematikan komputer dengan cepat, cukup klik dua kali pada ikon shortcut bernama “Matikan komputer” yang sobat bikin tersebut.


3. Trik aplikasi “Superfast Shutdown”

run superfast shutdown computer turn off Cara lebih mudah lagi serta paling cepat adalah menginstall dan menjalankan aplikasi bernama “SUPERFAST SHUTDOWN”. Aplikasi ini sebenarnya dibuat untuk Windows XP & 2000, dan tak dikembangkan lagi oleh pembuatnya XP Smoker. Namun ternyata masih berjalan lancar pula di Windows Vista/7. Saat normal dites di Laptop (spesifikasi Sony VAIO Prosesor Intel Corei7, RAM 4GB, HD 750GB, OS Windows 7), aplikasi cukup luar biasa ini mampu mematikan komputer hanya dalam waktu kurang lebih 10 detik.

Berminat, silahkan unduh filenya hanya 270kb melalui link download dibawah ini


Cara penggunaan:

  • Setelah install aplikasi, klik Startmenu -> Super Fast Shutdown

  • muncul dua menu pilihan
    - Untuk mematikan komputer, pilih Super Fast Shutdown
    - Untuk merestart komputer, pilih Super Fast Reboot


4. Trik hard boot

extreme pc shutdown trick power hard bootAda saatnya komputer sobat tak kunjung mati saat dishutdown. Untuk mengatasinya ada cara darurat (ekstrim) yaitu cukup tekan tombol [power] lama-lama dan tahan (jangan lepas tombol tersebut) tunggu sampai layar LCD (monitor) dan mesin komputer dipastikan turn off (mati). Cara ini dianggap cukup berisiko karena pc windows anda tentunya ada kemungkinan bisa mengalami kerusakan seperti;

  • sistem Windows kemungkinan akan mengalami kerusakan, jika parah sobat harus menginstall ulang Windows anda

  • harddisk, perangkat penyimpanan data kemungkinan akan mengalami kerusakan, seperti kehilangan data (file), tentu saja semakin sering sobat melakukan hard shutdown akan memperpendek umur harddisk anda

Jadi sebaiknya pikir matang-matang sebelum menggunakan trik ekstrim karena resiko paling besar adalah kerusakan harddisk yang pasti berisi data-data penting. Nah, itulah beberapa macam pilihan trik jitu mematikan komputer laptop/pc anda dengan cepat. Semoga bermanfaat.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Monday tanggal 16 February 2015 jam 14.37 di kategori Tips Aplikasi Windows, Tips Windows. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.