Tips Windows Cara menjalankan aplikasi games android di komputerAndroid, OS populer buat tablet atau smartphone dengan games bawaan Angry Bird yang unyu ini memang cukup asyik dimainkan. Segala kemudahan buat penggunanya, cukup nyalakan koneksi internet, WIFI (tablet) atau 3G/GPRS (dari ponsel), klik aplikasi Google Play, selanjutnya lebih dari ratusan ribuan aplikasi or games ‘tuk android bisa didownload gratis dan siap sedia untuk dijalankan atau dimainkan.  Nah, sudah pernahkah sobat mencoba menjalankan aplikasi atau game Android di komputer? Ya mungkin saja sobat ingin mencoba atau tes dulu aplikasi atau game Android-nya sebelum menginstallnya ke perangkat tablet/ponsel android atau mungkin sobat tertarik untuk menjalankan beberapa game tertentu yang cuma ada di Android! Untuk menjalankan aplikasi atau games android di komputer khususnya Windows Xp/7, tentu saja sobat memerlukan filenya berektensi .APK dan juga sebuah aplikasi khusus yaitu Android Emulator. Saat ini mungkin ada 3 macam emulator Android. yaitu Bluestacks, YouWave, dan terakhir Android SDK Manager (Official emulator android dari Google)

1. Bluestacks
bluestacks emulator Tips Windows Cara menjalankan aplikasi games android di komputer
Bluestacks berguna sebagai aplikasi player, jadi hanya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android di PC.  Jadi, Bluestacks tidak memiliki tampilan User Interface (menu, wallpaper, settings) seperti layaknya di tablet/ponsel android. Namun, dijamin aplikasi gratis ini bisa membuka hampir semua file .apk (baik games dan aplikasi android) dan selanjutnya sobat bisa menjalankan langsung aplikasi di Laptop/PC Windows anda. Sobat bisa download melalui link dibawah ini

http://cdn.bluestacks.com/public/beta-1/BlueStacks-SplitInstaller_native.exe

2. YouWave
youwave emulator Tips Windows Cara menjalankan aplikasi games android di komputer
Youwave, merupakan software emulator android dengan menggunakan virtualisasi Virtualbox, lebih ringan daripada Bluestacks, bisa menjalankan hampir semua aplikasi Android, tapi sayangnya sebaliknya game-game Android tidak bisa dijalankan, mungkin cuma game spesial ini yang bisa berjalan yaitu Angry Bird.

games angry biard saja yang bisa jalan di youware emulator android

Untuk penggunanya aplikasi ini diberikan gratis selama 10 hari trial, dan agar bisa digunakan selanjutnya harus membayar. Tampilan Youwave penuh mirip tampilan layar Android, seperti halaman wallpaper home, menu aplikasi, dan lain-lain. Di Youwave juga ada Google Play sehingga sobat bisa mendownload aplikasi-aplikasi android apapun yang diinginkan dari software emulator ini, tinggal klik ikon Google Play. Nah, sobat bisa mendownload emulator Youwave android gratis melalui link dibawah ini:

http://www.mediafire.com/download/zl3bw0jgvocrqwn/Youwave_Android-1-5-1.exe

3. Android SDK Manager
sdk manager from official google Tips Windows Cara menjalankan aplikasi games android di komputer
Google tentu saja  juga menyediakan emulator Android, yaitu Android SDK Manager. Kelebihannya selain gratis, software ini bukan saja untuk menjalankan aplikasi atau games Android namun juga sekaligus sistemnya, meliputi menu, wallpaper, sms, email, settings, browser, dan sebagainya.

Syarat-syaratnya: pertama, harus menginstall Java Development Kit (bisa didownload melalui link dibawah ini)

http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Lalu selanjutnya download aplikasi emulator yaitu SDK Tools dari Google (filenya dalam bentuk zip, bisa didownload melalui link dibawah ini)

http://dl.google.com/android/adt/adt-bundle-windows-x86-20131030.zip

atau windows versi 64 bit dibawah ini

http://dl.google.com/android/adt/adt-bundle-windows-x86_64-20131030.zip

Setelah download, lalu unzip/extract  file .zip ke harddisk dengan aplikasi Winrar.

Selanjutnya jalankan aplikasi SDK Manager.exe dan lalu pilihlah spesifikasi versi Android yang direkomendasikan/diinginkan. Misalnya versi Android 4.1.2  Jelly Bean (API level 16) dan tandainya semua itemnya didalamnya  (SDK, xxx System Image, Google API, dll). Ket. Pastikan Android SDK Tools, Android Platform Tools, dan Android Build Tools telah ditandai. 

Selanjutnya klik tombol Install packages dan Android SDK Manager akan otomatis mendownload dan menginstalasi paket yang dibutuhkan untuk emulator android.

Setelah proses download selesai, lalu klik menu Tools lalu pilih Manage AVDs… dan lalu klik tombol New untuk membuat perangkat virtualisasi android yang baru.

Selanjutnya muncul jendela Create new Android Virtual Device.

Berilah perangkat virtual pada AVD Name seperti JellyBean1, 

Di kotak device: pilihlah jenis platform android beserta ukuran dan resolusi yang diinginkan contohnya Nexus One 3.7″ 480×800 hdpi.

Selanjutnya di  kotak target:  isi dengan versi Android yang ingin sobat pasang di perangkat virtualiasi.

Lewatkan saja memori 512,  lalu Harddisk pilih ukuran 512 MB dan memory card 64 mb itu sudah cukup untuk menjalankan Android JellyBean.

Selanjutnya klik “OK” untuk membuat perangkat virtualnya.

Nah, selanjutnya sobat akan melihat sebuah perangkat android virtual yang sudah dibuat pada jendela Android Virtual Device Manager. Selanjut cukup klik tombol Start, maka Android Emulator segera dijalankan. Ket: Awal-awal booting android ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, mungkin bermenit-menit tergantung kecepatan CPU pada komputer/laptop anda.

4. LiveAndroid LiveCD
LiveAndroid LiveCD Windows Tips Cara menjalankan aplikasi games android di komputer
LiveAndroid LiveCD benar-benar berbeda dari Emulator yang disebutkan di atas, ini bukanlah aplikasi melainkan sebuah sistem operasi Android yang lengkap, namun bisa diinstal di komputer atau laptop. Cukup sobat masukkan ke DVDROM/DVDRW, atau ke mesin virtual, selanjutnya booting ulang dengan CDROOM sebagai firt boot, maka PC sobat akan segera menjalankan sistem operasi baru yaitu Android di komputer anda. Nah, link file isonya, bisa sobat downloads melalui link dibawah ini. Bisa di klik!

https://live-android.googlecode.com/files/liveandroidv0.3.iso.001

https://live-android.googlecode.com/files/liveandroidv0.3.iso.002

ket: gunakan Aplikasi File Split and joiner untuk menggabung file .001 dengan .002

Nah, sekianlah sedikit tips cara menjalankan aplikasi/games Android di komputer (Windows 7). Semoga berguna!

====== Attachment ===========

Liveandroid v0.3.iso – 172.5 MB
Android-SDK-Manager-bundle-win-32bit.zip – 480.3 MB
Android-SDK-Manager-bundle-win-64bit.zip – 480.4 MB



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Tuesday tanggal 19 November 2013 jam 15.51 di kategori Tips Aplikasi Windows, Tips Windows. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Sebuah Komentar di “Windows Tips: Cara menjalankan aplikasi/games android di komputer”

  1. Aa droid mengirim komentar:

    trims…udah coba Bluestack sukses…
    tapi ada gak petunjuk, dimana letak file SD Card virtual-nya … mau tes aplikasi .apk…