tips windows cara menginstall koleksi file .apk sekaligus dari pc laptop ke android Selamat Wednesday siang, Android lover! Ingin menginstall sekaligus semua koleksi ratusan file .APK (file instalasi aplikasi Android) dalam harddisk langsung dari pc/laptop ke perangkat Android kesayanganmu. Pasti repot ya! Melalui kabel USB kamu harus bolak-balik mengcopy/ mengetes/menginstal/ menghapus lagi aplikasi file APK satu-persatu ke perangkat Androidmu dari laptop ! Nah, biar lebih mudah, untuk itu sobat perlu mencoba trik berikut ini yaitu menggunakan utilitas Windows bernama ADB(.exe). ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge, sebuah program aplikasi yang disertakan dalam Google Android SDK. ADB perlu dijalankan dari Command Prompt di Windows. Sistem kerjanya mirip Putty di Windows yang berguna untuk meremote/mengkontrol sistem operasi Android cukup dari layar komputermu. Aplikasi ADB ini bisa menyalin file bolak-balik antara komputer dan android, menjalankan perintah shell, dan masih banyak lagi, termasuk menginstal dan uninstall aplikasi Android melalui file .apk satu persatu atau bahkan banyak sekaligus. Nah, untuk menginstall file .apk ke perangkat Android dari PC/laptopmu maka syarat-syarat harus dipenuhi yaitu:
1) Merooting perangkat android (opsional/tidak diharuskan)
2) Menyiapkan kabel USB dan menginstall driver USB (“universal ADB driver”)
3) Mengaktfikan fitur “USB debugging” di perangkat Android
4) Menginstall aplikasi 3rd party (ADB.exe atau semacamnya)

Di tips Windows dan Android yang akan dibahas kali ini adalah trik mengontrol perangkat ulititas ADB.exe tersebut untuk mengontrol Android. Namun sebelum dibahas tips cara menginstall file .apk ke perangkat Android dari PC, salah satu syaratnya fitur USB Debugging di ponsel/tablet Android-mu perlu diaktifkan terlebih. Berikut caranya:

Cara mengaktifkan fitur “USB debugging”

Untuk menggunakan aplikasi utilitas ADB, fitur “USB Debugging” perllu diaktifkan terlebih dulu, berguna agar PC kamu diberi hak akses penuh mengendalikan sistem operasi Android-mu melalui kabel data (USB). Cara mengaktifkan USB debugging hampir sama di seluruh versi Android, walaupun langkah-langkahnya sedikit berbeda,

  1. Tekan menu [Settings]

  2. Selanjutnya pilih menu [Developer Options]
  3. Kemudian tandai atau beri centang [√] pada “USB Debugging”
  4. Lalu tekan Back ↺
  5. Selesai, kini fitur “USB Debugging” di perangkat androidmu sudah aktif dan siap untuk dikoneksikan ke komputermu melalui kabel USB.

cara mengaktifkan fitur usb debugging di sistem perangkat Android

Cara menginstall koleksi file .APK ke perangkat Android dari PC dengan aplikasi ADB.EXE

  1. Silahkan download terlebih dulu aplikasi Google Android SDK. Atau cukup download aplikasi ADB-nya saja disini

  2. Selanjutnya install dan salin semua file instalasi aplikasi ADB (C:\Program Files \Minimal ADB and Fastboot\*) ke folder system Windows atau ke drive c:\windows\system32. File-file yang diprioritaskan tersebut antara lain: adb.exe, AdbWinApi.dll, dan AdbWinUsbApi.dll.
  3. Siapkan dan sambungkan laptop/PC ke Android melalui kabel USB data.
  4. Setelah itu buka jendela DOS command prompt, dan ketikkan “cmd” di Run dari [Startmenu].
  5. Kemudian tentukan folder dimana semua koleksi file .apk kamu berada. Misalnya jika koleksi file apk berada di drive D pada folder apkfiles, maka ketikkan

    for %f in (d:\apkfiles\*.apk) do adb install %f

    atau cara panjangnya, masuklah ke folder koleksi file .apk

    d:

    cd apkfiles


    Kemudian ketikkan

    adb shell

    ls -1 *.apk | xargs -l adb install
  6. Ok, silahkan tunggu saja dan perhatikan layar ponsel/tablet Android-mu, seluruh file apk akan diinstall secara otomatis sekaligus, dan segera muncul satu persatu menu aplikasinya semua di layar home gadget Android-mu.

Nah, itulah tis singkat cara menginstall sekaligus koleksi file aplikasi . apk dari PC ke perangkat androidmu melalui kabel USB. Semoga bermanfaat.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Tuesday tanggal 21 April 2015 jam 13.48 di kategori Tips Android, Tips Aplikasi Windows, Tips Windows. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.