tips windows cara melanjutkan proses download yang tertunda di pc lain via aplikasi IDM Selamat Tuesday dini hari, sobat penggila komputer! Fans IDM! Masih gemar ya, mendownload file dari aplikasi download manager favorit Windows ini! Tentunya banyak yg tahu kelebihan aplikasi IDM ini, seperti – bisa mendownload file lebih cepat walau berukuran besar – kapan saja, jika proses download tertunda (pause) akibat koneksi internet terputus atau waktunya sempit, maka kita bisa melanjutkan (resume) dilain waktu misalnya besok hari – Kemudahannya bagi pengguna laptop bisa bebas mendownload file di tempat berbeda, misalnya berawal dikantor, kemudian dilanjutkan proses downloadnya dirumah. Tapi yang sedikit ribet masalahnya, bagaimana caranya meresume downloadnya dari PC lain, misalnya dari PC warnet ke PC laptop pribadi kita. Nah, akhirnya ketemu juga cara mengatasinya, yaitu: dengan melakukan proses ekspor & impor data download IDM (registry entri dan file temporary) dari PC sumber ke PC tujuan, berikut ini tipsnya:

Secara Manual (via aplikasi Windows Explorer dan Registry Editor)

  • Untuk melanjutkan proses download di aplikasi IDM ke PC lain, silahkan ditunda proses downloadnya di PC sumber dengan mengklik Pause
  • Siapkan tancap USB Flashdisk ke PC sumber
  • Masih di PC sumber, bukalah Windows Explorer, lalu cari lokasi folder sementara (Temporary Directory) dimana aplikasi IDM menyimpan data informasi file yang belum selesai didownload.
  • Cari sub folder yg berisi data sementara dari file yang belum selesai didownload, kemudian copykan (Ctrl C) ke flashdisk, misalnya: folder bernama gimp-2.8.14-setup-1_1859. Ket: Ingat baik-baik angka kode yang dicetak tebal setelah tanda _
  • kemudian jalankan aplikasi Regedit.exe, telusuri lokasi HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager,
  • lalu cari key mirip angka tadi (misalnya 1859, kemudian diklik kanan, lalu pilih Export kemudian beri nama misalnya: resume.reg dan simpan ke flashdisk (save as type: Win9x/NT4 Registration Files).
  • Sekarang berpindah ke PC tujuan, buka Windows Explorernya kemudian salin folder temporary yg baru dicopy tadi dari flashdisk ke folder temporary aplikasi IDM di Harddisk.
  • Kemudian klik 2 kali pada file resume.reg tadi untuk mengimpor data registry download IDM ke komputer tujuan
  • Sekarang jalankan aplikasi IDM di PC tujuan, secara otomatis daftar aplikasi akan bertambah di list download aplikasi IDM. Nah, silahkan melanjutkan proses download hingga selesai. Semoga sukses.

Nah, itulah tips singkat cara melanjutkan proses downlod aplikasi IDM yang tertunda ke komputer lain. Semoga tips hari ini bermanfaat.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Saturday tanggal 21 February 2015 jam 06.45 di kategori Tips Aplikasi Windows.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips Windows: Cara melanjutkan proses download file IDM yg tertunda ke PC lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.