Tips Windows: Cara kompresi & ekstrak (unzip) file .Zip .Rar .7z dengan aplikasi Winrar & 7-Zip

tips windows file arsip compressed cara buka ekstrakPernahkah sobat mendownload beberapa file berakhiran cukup populer yaitu .RAR, ZIP, CAB atau JAR dari internet atau mendapat kiriman attachment email teman di ponsel atau komputer yang juga berisi file berekstensi tersebut. Bahkan akhir ini di dunia maya bermunculan pula file-file unduhan yang kadang jarang dijumpai berekstensi khusus seperti .7Z, .CBZ, .CBR, UIF, dan lain-lain. Nah, inilah sejenis file yang dipadatkan karena didalamnya dimasukkan beberapa file dan folder, yang disebut file arsip atau berkas dikompresi (Compressed Archive File). Bagaimana cara seharusnya file-file tersebut dibuka? Nah, berikut ini beberapa jenis file arsip dikompresi disertai aplikasi untuk membukanya.

.ZIP & .CAB

File .ZIP dan .CAB adalah bentuk paling umum dari file dokumen dikompresi, sudah bertahun-tahun sejak Windows XP fitur ini sudah terintegrasi ke dalam sistem Windows. Jadi untuk mengelola file .ZIP & .CAB di Windows tak memerlukan tambahan aplikasi. Melalui Windows Explorer sendiri kita bisa membuat file (zip) & mengekstrak (unzip) file .ZIP ini. Caranyanya berikut ini:

  1. Untuk membuat file zip (di Windows 7 etc): Tekan tombol Ctrl (tahan jangan lepas) lalu klik file-file yang ingin dikompres, lepas tombol Ctrl, klik kanan mouse diatas area file-file yang diseleksi, muncul menu klik Send to → Compressed (zip) folder, ketik nama file dan tekan Enter.
  2. Untuk unzip/mengekstrak semua isi file .zip: Klik kanan (mouse) pada file ZIP, muncul menu klik Extract All.., selanjutnya klik Browse… lalu pilihlah folder mana yang akan dijadikan tujuan pengkopian semua isi file/folder dari file ZIP, lalu klik Extract untuk segera memprosesnya. Lebih jelas lihat gambar berikut
  3. Untuk membuka (dan mengunzip) isi file zip satu persatu: Klik kanan (mouse) pada file ZIP, muncul menu klik Open untuk membuka file ZIP, tekan Ctrl (tahan) lalu klik satu persatu file/folder yang ingin dicopy, lepas tombol Ctrl, tekan Ctrl-C, lalu masuk klik folder lain yang menjadi tujuan ekstrak, tekan Ctrl-V) untuk proses.

.RAR

Sayangnya secara default file .rar belum terintegrasi di Explorer, jadi harus diinstal aplikasi WinRAR dulu. Selain .rar juga bisa menangani berbagai jenis arsip dikompresi umumnya lainnya seperti zip, lzh, cab, jar, dan lain-lain. Namun hanya file .rar yang diperlakukan khusus aplikasi WinRAR ini, karena: – bisa diberi password, – ditambahkan recovery record (agar nantinya bisa direstore/diperbaiki jika file rar-nya rusak), – bisa dijadikan file .exe, – bisa dipotong-potong menjadi beberapa bagian, dan lain-lain.

Aplikasi WinRAR: Download disini //www.rarlab.com/download.htm

WinRAR aplikasi yang komplit, jika diulas fitur-fiturnya satu persatu postingan ini kepanjangan dan berliku-liku, jadi pada tips kali ini hanya akan diulas Petunjuk membuat file .rar & mengekstrak (unrar) pada file .rar, yang caranya hampir sama dengan file .zip dan jenis file lainnya, berikut ini:

  1. Untuk membuat file rar (di Windows Explorer): Tekan tombol Ctrl (tahan jangan lepas) lalu klik file-file yang ingin dikompres, lepas tombol Ctrl, klik kanan mouse diatas area file-file yang diseleksi, muncul menu klik WinRAR → Add to archive…, ketik nama file dan tekan Enter. Aplikasi WinRAR segera membuat file .rar di dalam folder yang sama dengan file-file yang dikompresi.
  2. Untuk unrar/mengekstrak semua isi file .rar: Klik kanan (mouse) pada file RAR, muncul menu klik WinRAR → Extract files.., selanjutnya cari telusuri folder mana yang akan dijadikan tujuan pengkopian semua isi konten dari file RAR, lalu klik OK untuk segera memprosesnya.
  3. Untuk membuka (dan meng-UnRAR) isi file zip satu persatu: Klik kanan (mouse) pada file RAR, muncul menu klik Open untuk membuka file RAR, semua isi file .rar segera dimunculkan, tekan Ctrl (tahan) lalu klik satu persatu file/folder yang ingin diekstrak, lepas tombol Ctrl, lalu masuk klik Extract to lalu pilih folder yang menjadi tujuan pengkopian, tekan OK untuk proses.

.7Z

Aplikasi 7-zip: Download disini //www.7-zip.org/7z.html

File .7z dengan aplikasi 7-Zip muncul sebagai alternatif baru yang pernah mengejutkan sejak kemunculannya bertahun-tahun lalu dan berhasil menempatkan dirinya sebagai arsip dikompresi alternatif dan populer selain ZIP dan RAR. Rasio kompresi format .7z bisa lebih kecil dibandingkan format .rar dan .zip. Berikut cara mengelola file .7z dengan aplikasi 7-Zip

  1. Untuk membuat file 7z (buka aplikasi 7-Zip): Cari dan pilih file-file yang ingin dikompres sambil menahan tombol Ctrl, lalu klik + Add, ketikkan nama filenya dan tekan OK. Aplikasi 7-Zip segera membuat file .7z yang letaknya sama dengan folder file-file pilihan yang dikompresi.
  2. Untuk membuka dan mengunzip isi file 7-zip semua atau satu persatu (buka aplikasi 7-zip): Cari dan Klik file 7z, semua isi file .7z segera dimunculkan, tekan Ctrl-A untuk menyeleksi semua file/folder atau tahan tombol Ctrl sambil mengklik satu persatu file/folder yang ingin diunzip, lalu klik – Extract, kemudian klik , lalu cari folder tujuan pengkopian dan klik OK untuk proses pengunzipan file 7z.

Sangat dianjurkan mengkompres data-data dokumen penting anda menjadi file .ZIP, .RAR, atau .7z, lebih baik lagi jika dipisahkan menurut kategori dokumen, tentunya untuk mempermudah pengelolaan data file yang berjumlah ratusan bahkan ribuan yang bertumpuk seperti sampah didalam harddisk. Setiap tahun akan selalu bermunculan beberapa software baru yang bisa mengompresi dan penggalian arsip dokumen tersebut? Nah, silahkan pilih mana favoritmu, paling disukai dan silahkan ungkapkan di kotak komentar. Semoga tips ini cukup bermanfaat bagi para pecinta windows sekalian. Salam sukses.

One thought on “Tips Windows: Cara kompresi & ekstrak (unzip) file .Zip .Rar .7z dengan aplikasi Winrar & 7-Zip

Komentar ditutup.