Tips: Cara rumus konversi satuan berat (kg/gram) dengan fungsi CONVERT di tabel Excel

17H3048 Tips Office Cara rumus mengkonversi nilai antar satuan berat Kilogram gr mg ons pon ton kwintal ExcelSelamat Minggu siang, Office user! Microsoft Excel juga memiliki fungsi teknik untuk konversi yaitu =convert() untuk mengkonversi antar satuan ukuran seperti panjang, massa, dll. Hal yang diulas kali ini cukup menarik dipandang yaitu “berat” seperti kata pepatah “ Seberat-berat mata memandang, berat juga bahu memikul” :). “berat” bisa ditimbang lho dan jika berkaitan ttg jual beli, memerlukan “alat timbangan” yang sangat menentukan suatu harga itu murah ataupun mahal. Persis kata pepatah lagi 🙂 “Murah di mulut, mahal di timbangan“.

Ok serius bro… 🙂 untuk menghibur para pengunjung agar tidak ‘bete’ sudah disediakan tool khusus Aplikasi Kalkulator Konversi Satuan Berat untuk membandingkan nilai antara satuan berat ke satuan berat lainnya, tak perlu mesin kalkulator atau menghitung pake tangan, cukup ketikkan berapa sejumlah angka dan dari satuan apa yg ingin dikonversi! Nah, silahkan sobat coba aplikasi online Converter Unit Pengukur Berat berikut dibawah ini?

APLIKASI ONLINE KONVERSI SATUAN BERAT (MASSA)

Berapa nilai yg ingin dikonversi:
Pakai Unit atau Satuan apa:

CARA RUMUS MENGUKUR BERAT BENDA DI EXCEL

Kilogram (kg) adalah besaran pokok (utama) dari ukuran berat mewakili satuan sekunder lainnya, nilainya setara 100 gram ( 1kg = 100gram). Kg sangat populer sebagai satuan berat pada timbangan badan. Satuan berat lainnya yaitu kwintal dan ons tidak dimasukkan di Excel.
Yang dimaksudkan adalah satuan “ons” tradisional versi Indonesia, dimana sebagian masyarakat Indonesia (tradisi warisan penjajahan belanda) masih menganggap 1 ons = 100gram. Padahal ukuran ons (ounce) resmi yang ditetapkan adalah 1 ons = 28,3495 gram dan ons (satuan versi internasional) tersebut sudah diterapkan di Microsoft Excel. Satuan kwintal tidak ditemukan di Excel, tapi nilainya setara 100 kg (1 kwintal = 100kg = 1/10 ton).
. Satuan berat lainnya yang bisa dipakai untuk mengukur berat massa benda di Microsoft Excel bermacam2, mulai dari gram (gr), kilogram (kg), miligram (mg), dan slug hingga satuan pon (1 pon = 16 ons).

Ok. langsung saja, biar lebih jelas. Silahkan liat tabel penggunaan fungsi =convert() di aplikasi Microsoft Excel. Semoga pengguna Office bisa mengerti cara menggunakan fungsi =convert() untuk mengkonversi antara satuan ukuran berat.
Syntax lengkapnya rumus/formula penggunaan fungsi =convert () di worksheet Excel adalah sebagai berikut:


Catatan:

  • CELL = nilai atau alamat sel sumber (contoh: dibaris kolom A2 berisi angka 321 yang akan dikonversi)
  • S1 dan S2 = diisi kode unit satuan ukuran berat seperti g, kg, mg, Mg (ton), ozm (ons), lbm (pon), sg (slug), dan u (U atom) dimana:
  • S1 = kode unit sumber konversi
  • S2 = kode unit tujuan konversi

Contoh lebih jelasnya penggunaan rumus/formula dengan fungsi =CONVERT() bisa dilihat melalui tabel Microsoft Excel bisa sobat lihat berikut ini:

  A B C D E
1 NILAI  DARI KE HASIL RUMUS DI KOLOM D
2 321 gram ons 11,3229
3 20 ons gram 566,9904
4 179 pon ons 2.864
5 9 ons pon 0,5625
6 34 kg pon 74,9572
7 97 pon kg 43,9985
8 38 ton kg 38.000
9 39 kwintal ton 3,9
10 42 slug kg 612,9439

Nah, demikanlah tips singkat cara mengkonversi antara satuan berat di lembar kerja spreedsheet Microsoft Office Exel tentang anda. Semoga bermanfaat.