Tips Powerpoint: Cara membuat efek animasi bola salju pada slide presentasi tanpa henti

tips officce powerpoint cara membuat efek animasi bola saljuAplikasi Office, Microsoft PowerPoint punya segudang fitur, dimana salah satunya adalah Animations (membuat animasi). Tentu saja fungsinya untuk menambah daya tarik agar penampilan presentasinya lebih berkesan & terlihat menarik. Untuk mengaksesnya silahkan klik menu Add Animation. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengolah efek animasi objek, teks, apa saja, sehingga saat ditampilkan dalam slide presentasi bisa dibiarkan terus berjalan dinamis tanpa henti.

Salah satu model efek animasi paling biasa digunakan adalah Fly Out, namun poin penting yang harus dipersiapkan adalah mencari file gambar background yang cocok dari efek animasi hujan salju yang dibuat di hari Minggu pagi kali ini, sebagai contoh: foto Rumah Salju.

Ok langsung saja, dibawah ini akan saya tunjukan cara mudah membuat efek animasi bola-bola salju pada presentasi power point, berikut ini:

  1. Silahkan jalankan aplikasi Microsoft Point untuk membuka sebuat slide presentasi kosong (baru).
  2. Langkah awal, buatlah latar belakang slide jadi warna hitam dulu agar nantinya lebih mudah mengetes efek animasinya. Klik kanan mouse anda, akan muncul menu. Pilihlah Format Background.

    powerpoint mengubah latar background menjadi hitam
    Selanjutnya kotak dialog Format Background muncul, kemudian arah pointer mouse ke Fill Color dan pilihlah warna Black (hitam) agar menjadi warna latar background. Selanjutnya klik Close untuk menutup jendela dialog sekarang.
  3. Latar belakang slide sudah berwarna hitam, langkah selanjutnya menyiapkan objek bola salju dalam bentuk lingkaran oval. Untuk membuat objek berbentuk oval, silahkan arahkan pointer mouse untuk memilih menu utama Shapes → Oval (Gambar bulat) untuk membuat desain bola salju bentuk oval (bulat telur).

    Tips:
    Cara tercepat untuk mengakses menu Shapes bisa menggunakan tombol pintas Hotkeys ALT+H+S+H
  4. Kemudian, klik di mana pun area dalam slide kosong dan tahan untuk membentuk bulatan oval sesuai ukuran gambar dibawah.
  5. Selanjutnya klik kanan bulatan oval tadi lalu segera muncul menu dan pilihlah Format Shapes
  6. Lalu pilih Fill → Solid Fill dan ganti warna bulatan oval tadi dengan warna biru terang (darkblue lighter 80%
  7. Kemudian pilih Glow and Soft Edges → Soft Edges → Size dan ubah size-nya menjadi 14 pt. Hasilnya menjad sebuah bola salju putih seperti gambar animasi diatas
  8. Selanjutnya klik bola saju lagi, lalu klik menu Animations → Add Animation → Fly Out
  9. Lalu lihat dibagian tab Animation Pane, klik kanan teks Oval… → Effect Options…
  10. Lalu akan muncul jendela Fly Out, silahkan klik tab Timing, lalu ubah Start: On Click menjadi Start: With Previous, dan ubah lagi Repeat: ke Until End of Slide
  11. Selanjutnya buatlah duplikat bola salju menjadi sekitar 9 buah dengan sejajar, lalu buat duplikat bola salju dibawah dan ubah agak kecil ukurannya, dan duplikatkan lagi hingga berjumlah 9 dibagian bawah
  12. Sekarang coba klik Play untuk melihat hasil animasinya di jendela Animation Pane, ternyata semua bola salju terlihat bergerak sama animasinya, jadi tampaknya kurang realistis
  13. Untuk membuat tampak sedikit realistis ubah masing-masing Duration: dan Delay:tiap bola salju berbeda, misalnya nilai Duration: antara 00,50 s/d 00,90 dan Delay: nya antara 00,25 sd 00,75.
  14. Sekarang coba klik lagi Play untuk melihat kembali hasil animasinya di jendela Animation Pane, ok bukan, mudah-mudahan saja hasilnya tampak sedikit realistis
  15. Sekarang tinggal mengganti backgroud hitamnya dengan contoh gambar rumah salju, klik kanan diarea kosong background, lalu akan muncul menu pilihlah Format Background → Fill → Picture or texture fill → File… dan lalu carilah contoh gambar latar misalnya rumah salju.jpg dan setelah ketemu klik Open
  16. Selesai, silahkan klik Close untuk menutup jendela Format Background.
  17. Terakhir, coba klik lagi Play untuk melihat kembali hasil animasinya di jendela Animation Pane
    hasil selesai gambar animasi rumah dengan bola salju turun di powerpoint
    Nah, inilah hasil akhirnya, gambar animasi hujan bola salju dengan latar rumah salju sudah jadi. Silahkan disimpan atau ditransfer menjadi file gambar wallpaper (JPG/GIF).
    Semoga tips ini bermanfaat dan mudah dipraktekkan.