Tips: Cara mengatur warna suatu range sel sesuai nilainya secara otomatis di Microsoft Excel

17 205800 Tips MS Excel Cara mewarnai suatu cell berdasarkan nilai dari sel lain dengan Conditional FormattingSelamat Senin dini hari, office user mania!
Conditional Formatting merupakan salah satu fitur yang cool keren di Microsoft Excel, dimana salah satu fungsinya sobat bisa mewarnai suatu sel. Ya.. kamu bisa merubah warna sel atau beberapa cell dengan mudah, sesuai dengan nilai atau value angka dari sel dimaksud. Selain itu pengguna Excel bisa juga mengatur warna suatu sel sesuai rumus formula di sel lain.

Secara default melalui tab ribbon “Home”, pengguna Excel bisa langsung mewarnai sel (yang dipilih) cukup mengklik melalui menu Conditional Formatting -> Color Scales kemudian memilih tipe pewarnaan yang diinginkan dengan mudah.

Misalkan sobat bisa langsung memilih pengaturan warna latar suatu sel, jika rendah nilainya maka selnya menjadi kemerahan, sedangkan jika tinggi maka sel akan berwarna kehijauan. Contoh: A15 secara otomatis berwarna merah, karena nilai rendahnya 59 dan secara otomatis pula sel A15 juga bisa berubah menjadi hijau jika diisi nilai tinggi.
Bagaimanakah caranya melakukan itu? Mau tahukah sobat caranya? Ok, tips kali ini akan diulas cara mengatur warna cell (atau mewarnai tampilan suatu sel) secara otomatis berdasarkan nilai di sel nya ataupun nilai dari sel lain di Microsoft Excel. Simak baik-baik!

Cara mengatur warna sel berdasarkan nilainya di lembar kerja Microsoft Excel

Sistem Yang Dibutuhkan: Microsoft Office 2007/2010/2013 atau lebih tinggi)
Untuk mengubah tampilan warna di suatu sel secara otomatis berdasarkan nilai pada sel dimaksud. Misalkan: Ketika anda membuat daftar nama dan nilai ulangan murid, jika nilai siswa disuatu sel tinggi maka warna latar belakang sel nya makin hijau, dan sebaliknya nilai siswa di sel tersebut rendah maka warna latar belakang sel tersebut menjadi merah.

  1. Pertama-tama, di lembar kosong worksheet baru di aplikasi Microsoft Excel, buatlah sebuah daftar nilai siswa. Sebagai contoh dibawah ini.
    A B C
    1 No. Nama Nilai Ulangan
    2 1. Budi Santoso 30
    3 2. Ratna Galih 60
    4 3. Dinda Nurhaliza 70
    5 4. Marwan Hakim 95
    6 5. Parto Giman 15
    7 6. Linda Istanti 0
    8 7. Wahid Syaputra 30
    9 8. Johan Efendi 90
  2. Selanjutnya tandai blok sel C2 sampai C9.
  3. Tekan menu di Ribbon Conditional Formatting
    menu conditional formatting excel mewarnai sel warna merah kuning hijau berdasarkan nilai

  4. Lalu pilih Color Scales dan klik pilihan kolom paling atas kiri (Green-Yellow-Red Color Scale)
  5. Dan ta daa….. Selesai dan lihat hasilnya.
    A B C
    1 No. Nama Nilai Ulangan
    2 1. Budi Santoso 30
    3 2. Ratna Galih 60
    4 3. Dinda Nurhaliza 70
    5 4. Marwan Hakim 95
    6 5. Parto Giman 15
    7 6. Linda Istanti 0
    8 7. Wahid Syaputra 30
    9 8. Johan Efendi 90

    Semua sel di kolom C Nilai Ulangan akan diwarnai sesuai dengan tinggi rendahnya angka nilai ulangan siswa, jika berwarna merah pastinya nilai ulangannya rendah, jika nilainya kurang cukup dibawah 60 berwarna kuning oranye, dan jika nilainya pas 60 akan berwarna hijau muda. Semakin tua warna hijaunya berarti nilainya sudah mendekati angka 100. Ok jelas!!!

Cara mewarnai sel berdasarkan kriteria/rumus formula dari sel lain di lembar kerja Microsoft Excel

Sistem Yang Dibutuhkan: Microsoft Office 2007/2010/2013 atau lebih tinggi)

Terkadang beberapa pengguna Excel (termasuk admin) ada yang sangat tertarik untuk mengubah tampilan warna di suatu sel sesuai kriteria rumus logika dari sel lainnya.
Example:: Saya menginginkan warna sel di A2 dicat merah misalnya ketika sel B2 berisi rumus logika (jika nilainya dibawah 0), jika tidak maka sel normal tanpa warna spt sedia kala.
Ok bagaimananakah caranya perhatikan tutorial tipsnya dibawah ini!

  1. Pilih sel yang ingin anda format, misalnya “A1” sebagai contoh dalam hal ini.
  2. Pada tab Home, di kelompok Styles, klik grup menu Conditional Formatting.
  3. Pilih New Rule.

    conditional formatting di excel new rule

  4. Jendela New Formatting Rule akan terbuka.

    jendela new formatting rule di microsoft office excel 2007

  5. Klik “Use a formula to determine which cells to format” (Menggunakan rumus untuk menentukan sel mana yang hendak diformat).

  6. Jendela The New Formatting Rule sekarang akan terlihat seperti ini:

    microsoft excel tips jendela the new formatting rule

  7. Dalam kotak edit berlabel “Format values where this formula is true“, masukkan “=” diikuti dengan mengisi formula berdasar referensi sel lainnya. Dalam hal ini contoh rumus adalah

    = B1 < 0

    yang ingin dimasukkan.

  8. Klik tombol Format, Jendala Format Cells akan muncul. Lalu klik tab Fill

    microsoft excel tips jendela format cell

  9. Disini silahkan pengguna Excel menentukan sendiri format warna sel yang diinginkan. Dalam contoh ini pengguna sobat ingin mengubah warna latar di sel A1 menjadi “MERAH”.

  10. Setelah format, klik OK untuk menutup jendela The Format Cells.

  11. Untuk keluar, klik OK lagi untuk menutup jendela The New Formatting Rule.

  12. Hasilnya: Sel A1 nantinya memiliki warna MERAH jika nilainya adalah angka minus (alias kurang dari nol) di sel.

Nah, itulah hebatnya fitur “Conditional Formatting” dari aplikasi Microsoft Excel, cocoknya dimanfaatkan untuk mengolah data presentasi nilai siswa.
Semoga panduan ini benar-benar bisa menjelaskan apa yang dibutuhkan pengguna Excel untuk menghasilkan dokumen data yang lebih baik. Demikianlah sekilas tips cara mewarnai suatu sel berdasarkan nilainya atau nilai dari sel lain di Microsoft Excel. Sekian terimakasih. Semoga bermanfaat.