Tips Windows: Cara instalasi dan menjalankan OS Virtual (Linux) dengan VirtualBox

linux in windowsJika sobat pernah menjalankan Playstation (PS) di Windows, tentu mengenal aplikasi PS Emulator seperti ePSXe . Nah, Linux sebagai sistem operasi gratis alternatif selain Windows pun bisa Anda jalankan langsung melalui jendela Windows Anda. Nah, untuk itu anda butuh aplikasi virtualisasi bernama VirtualBox. VirtualBox adalah sebuah aplikasi mesin virtual buatan Oracle, bisa dipakai untuk menginstall serta menjalankan sebuah Sistem Operasi (virtual) bersamaan dengan sistem operasi induknya.  Proses instalasi OS virtual membutuhkan sebuah file .iso dan user pun juga harus membuat sendiri Harddisk virtualnya, jadi akan ada Harddisk (virtual) dalam Harddisk. Dan setelah OS virtual diinstall, selanjutnya user bisa boot/jalankan Linux langsung dari Windows melalui sebuah jendela Emulator. Keliatannya asyikkan.

Ok langsung. Di tulisan artikel ini akan saya sharing langkah-langkah cara menginstall Virtual Box di Windows dan memasang nya dengan OS Virtual Linux. (saya test tips ini di laptop Intel i7 Core saya dengan specs: OS Windows 7, browser Opera v12, RAM 4GB, dan Harddisk 756GB), sebagai berikut:

Langkah 1 Mendownload aplikasi VirtualBox

Buka browser (Opera/IE/Mozilla Firefox) dan ketikkan di address situs berikut:

//www.virtualbox.org/wiki/Downloads

dan setelah tampil seperti dibawah ini, pilih VirtualBox versi Windows (x86/amd64)!

Selanjut klik Save untuk mendownload aplikasi VirtualBox:

Langkah 2 Menginstall aplikasi VirtualBox

Setelah proses download selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi aplikasi VirtualBox. Klik kanan pada file dan pilih Open atau buka file .exe virtualbox (virtualbox-x.x.xx-xxxx-win.exe) seperti contoh gambar jendela/tab downloads dibawah ini.

Selanjutnya kllik Next  Yes – Instal, maka proses instalasi akan dilakukan seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya biarkan tanda conteng (v) pada Start Oracle VM VirtualBox x.x.xx after installation agar nantinya langsung segera menjalankan VirtualBox setelah klik Finish. Proses Instalasi VirtualBox ini selesai dan selanjutnya anda akan melihat jendela aplikasi VirtualBox yang siap digunakan untuk menjalankan bermacam-macam Sistem Operasi seperti Linux, Free BSD, dan lain-lain, termasuk juga Windows) di atas Sistem Operasi. Dan selanjutnya, saya share tips menginstall OS Linux (Ubuntu) melalui Windows 7 yang sedang saya pakai ini lewat VirtualBox.

Langkah 3 Persiapan instalasi OS Virtual, membuat mesin dan harddisk virtual di VirtualBox
Pertama-tama sebelum install OS Virtual baru di aplikasi VirtualBox, kita harus setting/mempersiapkan mesin/pc virtual dulu seperti RAM dan Harddisk virtual).

Klik New 


Selanjutnya akan tampilan jendela “Create Virtual Machine“, nah isi sesuai dengan tipe OS apa nanti yang akan dinstall di VirtualBox. Contohnya seperti gambar dibawah: os linux versi Ubuntu.

Langkah 4 Tips cara instalasi OS Virtual Ubuntu di VirtualBox

  • Download file ubuntu.iso (CD LINUX) melalui situs dibawah ini:

    //releases.ubuntu.com//precise/ubuntu-12.04.2-desktop-i386.iso

  • Setelah file didownload, kemudian jalankan aplikasi VirtualBox.
  • Selanjutnya klik “Setting” lalu dibawah “Controller: Ide” lalu klik ikon gambar CD: Empty
  • Kemudian klik ikon bergambar CD (paling kanan disamping kanan teks bertuliskan “IDE Secondary Master”.
  • Dan silahkan diklik pilihan teks bertuliskan “Choose a virtual CD/DVD disk file..” dan klik OK.
  • Selanjutnya silahkan cari file .iso ubuntu yang telah didownload dan klik Open.
  • Kemudian klik OK untuk keluar.
  • OK saatnya mulai, silahkan klik Start. maka proses selanjutnya bersiaplah Anda untuk booting ulang komputer sobat.
  • Akhirnya misi penginstallan berjalan sukses.