Tips Kesehatan: Cara mengobati penyakit insomnia/gangguan susah tidur di malam hari

tips kesehatan cara mengobati insomnia susah tidur orang dewasaInsomnia, penyakit susah tidur tentu saja sangat mengganggu dan bisa menyerang siapa saja. Gangguan tidur di malam hari ini bukan hanya diderita orang dewasa pria wanita yang aktif bekerja, namun juga anak-anak dan lanjut usia, yang berakibat aktifitas mereka diesok harinya menjadi terganggu. Dampak buruk susah tidur bisa menimbulkan gangguan bermacam-macam, mulai dari kepala sering pusing cekot2, sering tiduran bermalasan disiang hari, kehidupan seks menurun alias kurangnya sperma, serangan sariawan panas dalam, bahkan jika akut si penderita insomnia kadang bisa tak tidur berhari-hari meskipun terkadang bisa walau akhirnya terbangun setelah beberapa menit.

Faktor-faktor penyebab Insomnia, bisa dikarenakan beberapa hal seperti:

Stress dan depresi  yang berat, seperti karena pekerjaan kantor yang tidak selesai, masalah dalam rumah tangga, dll.

Makanan dan minuman, seperti kebiasaan meminum mengandung kafein yang tinggi seperti kopi tentu saja bisa menyebabkan susah tidur.

Suasana lingkungan yg kurang kondusif, seperti tinggal didaerah yang bising, misalnya tinggal di dekat lintasan kereta api, atau bandar udara dapat mengganggu tidur.
Penyakit lain yang diderita seperti flu pilek berdahak, sesak nafas, sakit gigi, sering buang air kecil, sariawan, dll yang dapat mengganggu seseorang saat dan hendak tidur.
– Pola hidup yang buruk, cuaca yang panas, dan banyak lagi faktor penyebab gangguan tidur lainnya.

Hal-hal yang harus dilakukan agar seseorang mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan terhindar dari penyakit insomnia di malam hari, antara lain:

1. Jangan meminum kopi dan minuman berkafein tinggi lainnya setelah matahari terbenam
Kebiasaan meminum minuman berkafein seperti kopi dan teh, apalagi saat makan malam atau sebelum tidur, bisa membuat seseorang terjaga dalam waktu yang lama karena merangsang otak agar lebih aktif. Jadi, sebaiknya hindarilah setidaknya 4 jam sebelum tidur. Zat kafein  menyebabkan tubuh cepat kehilangan cairan, dan efeknya juga memancing rasa ingin buang air kecil setelah beberapa lama meminumnya tentunya menambah lebih masalah kesusahan untuk tidur.

2. Hindarilah penggunaan obat-obatan tertentu untuk mengatasi insomnia Anda. Penggunaan obat tidur bisa pula membawa efek samping merugikan seperti ketergantungan, melemahkan ingatan, dan jika ibu hamil bisa membahayakan janinnya.

3. Konsumsilah makanan yang sehat bergizi serta suplemen obat vitamin. Makanan yang bergizi kaya vit B, B6, B12, B kompleks, vit C, mineral, protein, kalsium, magnesium, fosfor maupun zat besi.

4.  Jangan membiasakan membawa pekerjaan (selain seks) ketempat tidur. Secara tak sadar hal ini akan mempengaruhi alam bawah sadar bahwa tempat tidur membuat anda tetap terjaga. Maka, hentikanlah saat ini juga, karena kamar tidur merupakan tempat santai yang hanya digunakan untuk tidur. Dan tentu saja satu-satunya pekerjaan yang bisa dilakukan di kamar tidur selain tidur yang bisa mengantarkan orang untuk tertidur adalah melakukan aktifitas seksual bersama antar suami dengan istri.

5. Disiplinlah  dalam mengatur waktu tidur dan waktu bangun. Batasilah diri anda dan keluarga menonton TV minimal khususnya anak-anak hingga jam 9 malam, sedangkan orang dewasa sampai jam 11 malam.  Hal ini memang paling sulit dilakukan, karena mungkin ada beberapa program acara TV di malam hari yang disukai yang susah dilewatkan. Namun, demi kualitas tidur yang lebih baik untuk anda dan keluarga hindarilah mengerjakan aktivitas yang mengurangi waktu istirahat ini.

Inilah tipsnya cara mengobati penyakit insomnia/susah tidur baik secara alami

1. Meminum susu atau bermacam produk olahan susu

Meminum susu sebelum tidur memang sangat dianjurkan sekali, karena dapat menenangkan otak dan membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini sudah cukup banyak yang membuktikannnya. Apalagi jika sudah terlanjur mengkonsumsi minuman berefek stimulan mengandung kafein secara berlebihan seperti kopi, maka susu inilah yang mampu menetralisir efek negatifnya. Triptofan, salah satu kandungan asam amino dalam susu membantu merangsang saraf otak agar lebih rileks. Triptofan didalam tubuh merupakan bahan baku digunakan untuk memproduksi hormon seratonin (horman di pencernaan fungsinya mengontrol mood/suasana hati, nafsu makan dan kualitas tidur) dan melatonin (hormon di otak, hormon untuk penyembuhan, kekebalan tubuh, salah satunya fungsinya pengatur siklus bangun dan tidur manusia), hormon-hormon inilah yang membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik karena merupakan pendorong utama rasa ngantuk. Alternatif lainnya selain susu, silakan pula menkonsumsi bermacam hasil produk olahan susu, seperti keju dan yogurt karena juga mengandung zat-zat hampir serupa dengan susu.

2. Memakan buah pisang, kacang kenari, almond, selada, sereal.

Anda selalu susah Tidur? Konsumsilah Makanan-makanan berikut ini, antara lain: buahan kaya serat (vitamin C) seperti buah pisang membantu tubuh agar tidak cepat kehilangan cairan. Selain itu pisang juga mengandung zat triptofan. Triptofan yang kaya juga terdapat pada Kacang Kenari yang merupakan sumber alami zat ini. Ada pula makanan mengandung Selada seperti salad, mengandung lactucarium yang memberi efek menenangkan serupa candu. Sedangkan Sereal mengandung 2 komponen pemicu rasa ngantuk yaitu karbohidrat dan kalsium. Almond kaya zat magnesium yang diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa tubuh yang kandungan magnesiumnya  terlalu rendah akan lebih sulit tertidur.

3. Menciptakan suasana tenang dan santai saat jam hendak tidur.
Adanya suasana nyaman di kamar tidur sangat membantu penderita agar bisa tidur dengan nyaman dan tenang. Antara lain:
– Cahaya lampu diredupkan (atau pakai lampu tidur),
– Pastikan tak adanya suara ribut berisik,
– Pakailah bantal guling yang bersih, wangi, dan empuk.
– Pakailah selimut yang lembut
– Pakai penutup telinga untuk meredam bising, atau bisa juga headset,
– Pakai alat/parfum elektrik anti nyamuk agar aman dan terjaga dari nyamuk, dll.

4. Mandi air hangat.

Jika badan merasa gerah, berkeringat dan bau, tentunya merusak mood anda untuk tidur. Dengan mandi air hangat sebelum tidur, dapat membuat badan menjadi rileks, menghilangkan masuk angin, serta memperlancar peredaran darah dan hasilnya cukup manjur meredakan stress.

5. Mendengarkan musik lembut dengan headset
Mendengarkan musik yang berirama lembut dapat menenangkan pikiran. Jika ada situasi kebisingan (ribut) baik dari luar (tetangga ) atau dalam (suara teman pasangan tidur lagi mengorok) yang tak mungkin diatasi hingga menyebabkan susah tidur, maka sebaiknya gunakanlah alat bantu anti bising yaitu headset.

6. Membaca buku sambil santai

Mengisi waktu santai Anda setengah jam sebelum tidur seperti membaca buku sambil dudukan atau berbaringan disofa atau ruang tamu, hal ini bisa membantu mata anda agar sedikit mengantuk. Khusus untuk anak-anak, maka orang tua cobalah cara klasik ini, membacakan buku cerita/dongeng yang membuat mereka bisa lekas tertidur. Anak-anak diprioritas (diharuskan) agar lebih cepat tidur, karena jam biologis mereka memang membutuhkan waktu tidur lebih lama untuk proses pertumbuhan. Lakukanlah secara rutin tiap malam, karena hal ini bukan hanya membuat perkembangan fisik mereka meningkat namun kecerdasan otak mereka juga.

7. Atur suhu lebih dingin

Suhu panas dalam ruangan bisa membuat tubuh anda merasa gerah dan kesusahan untuk bisa tidur, maka silahkan hidupkan AC atau kipas angin yang membuat suhu ruangan sedikit lebih dingin dari biasanya. Hal ini bisa membantu suasana ruangan yang lebih nyaman untuk penderita insomnia agar bisa tertidur, selain itu juga membantu tertidurnya lebih nyenyak dan susah untuk bangun lagi.

8. Mensugesti/hipnotis diri sendiri agar bisa tertidur.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan Journal of Applied Social Psychology menjelaskan bahwa penggunaan kata-kata sederhana (yang berkaitan dengan tidur) bisa membujuk otak anda sendiri agar bisa tertidur. Misalkan: acalm (tenang), rest (istirahat), drift away (terhanyut), cozy (nyaman) dan relax (rileks). Dari hasil studi, penelitian menemukan bahwa  partisipan yang terus dipapari kata-kata ini selama lima menit dapat tertidur 47 persen lebih lama, meski hanya tidur siang yang singkat, dibandingkan partisipan yang tidak melihat kata-kata ini. Jadi, tips Anda, silahkan cobalah sendiri menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan tidur tadi, lalu letakkan masing-masing di kamar mandi, pinggir tempat tidur, dan tempat dekat lainnya yang bisa anda lihat, atau bahkan simpan juga di pikiran anda, 1 jam sebelum waktu tidur, insya Allah, niscaya Anda akan segera tertidur.

Dan jika penyakit susah tidur ini masih berlanjut dan makin akut/parah, maka segera hubungi dokter untuk konsultasi, terapi dan pengobatan. Nah, itu beberapa tips untuk anda para penderita insomnia, semoga tips kesehatan ini cukup bermanfaat dan manjur membuat tidur Anda lebih nyenyak di Senin malam ini dan terbangun segar keesokan Selasa pagi harinya. Wassalam.