Tips Kesehatan Cara membedakan produk madu asli atau palsuMadu asli memiliki khasiat baik sekali untuk kesehatan manusia, khususnya bagi anak-anak agar kuat daya tahan tubuh (imun) mereka serta tidak mudah terserang penyakit dan bagi orang tua karena madu rendah kolesterol maka cocok bagi para pengidap diabetes, karena madu asli kandungan zat manisnya tidak sama dengan gula. Zat GULA dalam madu asli disebut zat INVERT berasal dari nektar bunga yang dihisap lebah memiliki konsentrasi fruktosa dan glukosa yang sangat tinggi. Kelebihan gula INVERT yaitu susunan kimianya sangat sederhana jadi segera berasimilasi dengan darah maka langsung segera menghasilkan energi tanpa melalui proses pencernaan. Inilah yang membedakan gula madu dengan gula pasir (gula pasir banyak memiliki kandungan sukrosa jadi harus diolah dulu oleh percernaan tubuh menjadi energi). Nah, apakah sobat pengguna Gadget ingin tau kandungan di dalam madu asli?
OK, baiklah! Madu asli mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), piridoksin (B6), asam askorbat (C), vitamin K, asam pantotenat, niasin, biotin, dan asam folat, serta ada beberapa enzim penting madu seperti enzim diastase (enzim yang mengubah karbohidrat komplek “polisakarida” menjadi karbohidrat sederhana “monosakarida” juga bermanfaat mencegah dan menetralisir bakteri merugikan dalam tubuh manusia agar tubuh kebal dari berbagai penyakit serta mengawetkan madu), enzim invertase (enzim yang memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa), oksidase (enzim yang membantu oksidasi glukosa menjadi peroksida), peroksidase (melakukan proses oksidase metabolisme), dan lipase. Jadi, semua zat dan mineral dalam madu sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh manusia. Di gambar dibawah ini adalah beberapa contoh produk madu asli yang dijual di pasaran.

madu asli multi flora madu asli Asy-Syifaa madu asli mumtaza

Tapi awas sobat!!! Ada saja madu yang dijual di pasaran merupakan produk madu palsu alias minuman madu sintesisa atau ada juga yang campuran alias tidak murni. Susahnya, pembeli mungkin akan sulit bedakan ciri-cirinya, mana madu asli dan yang mana palsu. Jika salah-salah memilih atau mengonsumsi madu palsu tentu selain khasiatnya tak berguna untuk kesehatan tubuh, mungkin bisa jadi beresiko membahayakan kesehatan. Pernahkah sobat menonton acara televisi investigasi yang menayangkan bagaimana seorang produsen atau penjual madu nakal yang suka mencampur madu dengan bahan-bahan zat kimia lainnya, contohnya formalin. Masih mending jika cuma dicampur gula aren dengan komposisi banyak walau madu aslinya sangat sedikit. Justru yang diwaspadai adalah madu yang bercampur zat-zat berbahaya. Wah sungguh mengerikan! Maka, berhati-hatilah kita dalam mencari (membeli) produk-produk madu!!!

Nah, bagaimana cara membedakan produk madu itu asli dan palsu. Berikut ini 3 tips cara mengetahui apakah madu itu asli atau palsu?

Tips Pertama, dengan cara madu dipanaskan/dibakar diatas sendok:
(madu asli digambar sebelah kiri, madu palsu di sebelah kanan)madu asli mendidih
madu palsu tidak mendidih

Tips Kedua, dengan cara madu diteteskan (1 tetes) diatas serbet/tisu halus, yang asli tidak merembes, karena produk madu asli umumnya kadar airnya sangat rendah
(madu asli digambar sebelah kiri, madu palsu di sebelah kanan):madu asli tidak merembes diatas tisu halus
madu palsu merembes di tisu halus

Tips Ketiga, dengan cara madu diteteskan didalam air di gelas, yang palsu bercampur dengan air dan membuat keruh
(madu asli digambar sebelah kiri, madu palsu di sebelah kanan):tetes madu asli tidak bercampur air dalam gelas
tetes madu palsu bercampur dengan air gelas



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Monday tanggal 30 December 2013 jam 16.59 di kategori Tips Kesehatan. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.