Tips Kesehatan: Cara mengatasi perut kembung dan masuk angin

Tips Kesehatan Cara mengatasi sakit perut kembung masuk angin Selamat Senin dini hari, pengunjung! Tahukah anda? Penyakit perut kembung terjadi karena terlalu menumpuknya sekumpulan gas yang tidak merata pada lambung dan sistem pencernaan. Penyakit perut kembung ini bisa menyerang siapa saja, tidak peduli orang tua, dewasa, bahkan yang cukup merepotkan sering menyerang anak bayi dan balita. Jika ada pengunjung atau anggota keluarganya yang kebetulan terserang penyakit ini, semoga saja penyakit perut kembungnya segera disembuhkan.
Apa sajakah penyebab perut kembung? Penyebabnya bisa karena: masuk angin karena cuaca dingin, berlama dengan ruangan AC & kipas angin, main hujan-hujanan, salah makan, dll.
Apa saja gejala perut kembung itu? Gejala-gejalanya antara lain: Perut sakit mulas, sering buang angin (kentut), meriang, susah tidur, hilang selera makan, , rewel (anak balita), dll.
Nah, ditips kesehatan ini sebelum diulas secara singkat cara mengatasi perut kembung dan masuk angin, sebaiknya perlu anda ketahui dulu cara pencegahannya, yaitu:

Cara mencegah perut kembung dan masuk angin

  • Makan tepat waktu secara teratur 3x sehari, jangan telat dan jangan tergesa-gesa dan berlebihan.
  • Rajinlah mengkonsumsi vitamin C seperti jeruk dan sumber vitamin lainnya
  • Hindarilah keluar rumah saat cuaca dingin (tanpa jaket tebal)
  • Hindarilah makan makanan yang lama atau sudah dingin
  • Hindarilah berlama-lama berkipas angin atau berada di ruangan ber-AC
  • Hindarilah stress bergadang tanpa istirahat yang cukup

Cara mengatasi perut kembung dan masuk angin

  1. Minyak gosok (diacak dengan bawang merah, jika ada). Caranya diurut dibagian perut dan punggung penderita. Dewasa boleh dikerok, untuk anak bayi dan balita tidak dibolehkan.
    mengurut bayi mengobati masuk angin perut kembung

  2. Mengkonsumsi makanan dan minuman penolak masuk angin. Misalnya: teh hangat, wedang jahe, sup hangat dll.
    minuman jahe hanget atasi masuk angin dan perut kembung

  3. Lekas tidur istirahat, setelah berlama mandi air hangat. Jika ada, pakailah bak mandi, atau pancuran air panas.
    terapi mandi air hangat untuk menghilangkan masuk angin

  4. Meminum jamu (ramuan anti-masuk angin) juga boleh. Silahkan pesan sama bibi penjual jamu, atau beli sendiri di warung atau apotik. Atau bisa racik ramuannya sendiri biasanya merupakan campuran bahan-bahan alami yang terdiri dari jahe, kencur, cengkeh, temu lawak, dan lain-lain.
    jamu tolak angin untuk menghilangkan masuk angin dan perut kembung

Nah, demikianlah tips singkat cara mengobati perut kembung dan masuk angin ini. Semoga bermanfaat dan sehat sekalian. Wassalam.