Tips Kesehatan: Cara mengatasi penyakit cepat lupa, demensia, kurang ingatan

Tips Kesehatan Cara mengatasi penyakit cepat lupa demensia kurang mengingat Selamat Senin dini hari, pengunjung! “Sakit kepala? Sudah lupa, tuh“. Itulah pesan singkat iklan sebuah produk obat sakit kepala, sepertinya sedikit ada benarnya, salah satu penyebab orang sering pikun lupa, adalah sering mengkonsumsi obat penghilang sakit di kepala, termasuk meminum pil tidur dan obat penenang. Penyakit pelupa/demensia (penyakit penurunan daya ingat) bukan hanya terjadi pada manula/orang sudah tua saja, tapi dikalangan remaja dan anak muda hal itu bisa terjadi.

Apa saja faktor penyebab penyakit suka lupa itu? Penyebabnya bisa antara lain: Stress depresi, kebanyakan mengonsumsi obat-obatan berhubungan dengan fungsi otak (obat sakit kepala, obat tidur, pil penenang), mengonsumsi minuman beralkohol dan narkoba, dll.

Bagaimana cara mengobati penyakit pelupa/demensia itu? Untuk mengatasi penyakit kurang daya ingat ini bisa dilakukan dengan bermacam cara, antara lain:

  • Banyak mengkonsumsi makanan kaya sumber Vitamin E, antara lain: kacang-kacangan, sayuran, dll.
  • Banyak mengkonsumsi makanan kaya sumber Vitamin C, seperti: jeruk, dll. Untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  • Banyak mengkonsumsi makanan kaya sumber Choline, antara lain: hati ayam, telur, kedelai, dll.
  • Banyak mengkonsumsi makanan sumber asam lemak omega-3, antara lain: ikan, dll.
  • Rajinlah berolah raga. Kegunaannya untuk memperkuat jantung yang akan memperbanyak pasokan oksigen ke otak untuk pertumbuhan sel-sel baru di otak.
  • Rajinlah membuat rencana jadwal kegiatan setiap hari di buka agenda, gunanya untuk mengingatkan agar tak ada satupun rencana kegiatan satupun terlupakan untuk dikerjakan. Kalau gunakan aplikasi agenda di ponsel atau smartphone anda, yang kelebihannya dilengkapi alarm pengingat.
  • Rajinlah membaca buku. Sebuah penelitian dari Mayo Clinic menemukan ternyata membaca buku bisa menurunkan risiko kehilangan memori hingga 30-50 persen.
  • Letakkan sesuatu di tempat anda mudah menemukannya. Misalnya: kunci motor dan mobil, taruhlah di tempat gantungan kunci, jika perlu berilah tulisan “Tempat Kunci”, agar lebih mengingatkan anda agar selalu menempatkan kunci apapun di tempat tersebut. Kalau perlu belilah gantungan kunci khusus orang pelupa, cukup dengan bersiul saja maka gantungan kunci tersebut akan mengeluarkan bunyi. Tak perlu khawatir saat penyakit kelupaan menaruh barang menyerang lagi karena dengan mudahnya anda bisa menemukanya kembali.
    gantungan kunci untuk membantu orang pelupa

Nah, demikianlah tips singkat menyangkut cara mengatasi penyakit lupa, semoga bermanfaat bagi pengunjung dan semoga sehat dan tidak kelupaan lagi.