Tips Kesehatan: Cara mengatasi batuk kering dan berdahak secara alami

Anda atau keluarga yang anda sayangi saat ini sedang terserang penyakit batuk membandel, nah sebelum berobat ke dokter, cobalah mengatasinya dengan cara alami alias obatan tradisional. Batuk memang penyakit yang bisa menjadi masalah serius jika tak segera diobati, bahkan batuk ini bisa menular. Tentu sobat seumur hidup pasti pernah terserang batuk, bukan? Nah, untuk mengatasi ini hindarilah lebih dulu memakai obat-obatan/sirup yang dijual bebas di apotek atau toko obat, cobalah sobat mencari sendiri cara-cara alami sendiri untuk mengobati batuk tanpa harus memakai obat-obatan kimia, nah, berikut ini beberapa resep mengatasi batuk secara secara alami dengan bahan-bahan herbal, antara lain.

Madu murni
Ya, madu murni, sejak dulu memang terkenal sangat berkhasiat dipercaya mampu mengatasi batuk. Bahkan, ada beberapa bahan tradisional resep obat batuk yang dicampur dengan madu. Namun, hati-hatilah dalam memilih produk madu, karena hampir semua madu yang dijual dipasar kebanyakan palsu. Umumnya madu murni sangat kental, jika dicampur air tidak segera tercampur, kecuali diaduk, dan ciri-ciri madu murni lainnya tidak cepat meresap ke serbet, namun jika dibakar diatas sendok ia akan segera berbuih.

Untuk pencegahan, minumlah madu murni secara rutin, 1 sendok 3x sehari sebelum makan, sedangkan untuk penderita maka setiap makan dan minum, campurlah madu dengan air putih hangatnya, jangan lupa hindarilah minum minuman yang dingin serta makanan berminyak, meminum madu murni secara rutin, insya Allah menyembuhkan batuk anda.

Berikut ini beberapa resep obat batuk lainnya dengan dicampur madu.

Kunyit+Madu – untuk anak-anak atau orang dewasa, 1/2-1 sendok bubuk/tumbukan Kunyit dicampur 1 atau 1/2 sendok Madu diminum baik sekali untuk mengatasi batuk, sedang untuk anak bayi silahkan oleskan bubuk kunyit secukupnya ke puting asi sebelum menyusui, atau juga bisa campurkan bubuk tadi ke dalam air dot-nya ditambah  1/2 sendok madu.

Jeruk nipis+Madu – untuk anak-anak atau bayi, – Peras 3 jeruk nipis campurlah dengan 3 sendok madu murni didalam segelas air tidak terlalu panas, lalu tunggulah bahan-bahan hingga 10 menit atau sampai hangat. Lalu minumlah resep ramuan tadi setelah makan, 3x 1 gelas sehari, sedangkan dosis untuk bayi atau anak balita, adalah 1 sendok teh, bisa pula dicampur ke dalam susu mereka.

Nah, itulah beberapa resep ramuan alami untuk obat batuk yang bisa sobat gunakan dalam mengobati batu kering ataupun berdahak yang diderita. Tak ada salahnya mencoba resep ini, karena obat-obatan tradisional tidak mengandung zat kimia serta resiko efek sampingnya jauh lebih kecil dibanding bahan kimia karena bahan alami jauh lebih aman. Selain berobat, jangan lupa pula untuk beristirahat tidur lama dan secukupnya, dan jangan dibawa bergadang/bekerja terlalu keras, ambilah izin cuti/sakit jika memungkinkan. Saat berkendara dengan motor diluar, sebaik jangan lupa memakai masker/sapu tangan penutup untuk menghindari mulut dan hidung dari angin dan debu yang kotor. Dan jika dalam 3 hari/seminggu penyakit batuk masih belum kunjung sembuh maka silahkan segera berobat ke dokter. Semoga tips ini bermanfaat.