Tips Kesehatan: Cara alami menghilangkan jerawat dan bintik-bintik komedo

cara menghilangkan jerawat Kulit wajah mulus, cantik serta bersih tanpa jerawat memang selalu menjadi dambaan dan impian setiap orang. Khususnya kaum perempuan mereka pasti ada yang menjadi kesal, trauma, risih, minder, kurang PD, mati gaya alias hilang percaya diri jika make-up (bercermin) melihat wajahnya berjerawat. Ada banyak cara mengobati jerawat namun susahnya perlu usaha dan kesabaran karena jerawat tidak sembuh cukup sehari, ditambah lagi menghilangkan bekas noda jerawatnya. Jenis jerawat ada 3 macam, pertama berupa komedo (pori-pori membesar dan menghitam tapi sedikit tersumbat hingga membentuk bintik-bintik hitam), lalu jerawat biasa (alias komedo tertutup, berupa benjolan kulit berwarna keputihan yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat, kadang muncul cuma satu atau beberapa tonjolan, biasanya sering menyerang di bagian sekitar pipi, dagu dan dahi), dan terakhir parah adalah jerawat batu (jerawat besar-besar dengan peradangan hebat yang membentuk gumpalan-gumpalan kemerahan di hampir semua bagian wajah dan sebaiknya perlu penanganan medis dari dokter kulit/ahli dermatologi). Sebenarnya masalah jerawat ini bukanlah keadaan medis serius namun perlu diatasi dengan cara tepat karena jika sembarangan malah menambah parah jerawat. Sebelum kita mengulas langkah-langkah tips cara menangani jerawat, lebih baik dicari dulu apa penyebab munculnya jerawat tersebut.

Penyebab Jerawat dan komedo muncul antara lain:

  • Produksi minyak berlebihan. Hormon androgen giat memproduksi minyak di kulit namun jika berlebihan membuat tumpukan minyak atau sebum di kulit yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit dan membuat gumpalan. Gumpalan inilah yang mengundang bakteri Propionibacterium Acnes, yang menjadi penyebab jerawat.
  • Sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati bisa menyebabkan tumbuhnya bintik-bintik putih atau hitam penyebab jerawat yang disebut komedo. Hal ini juga disebabkan kelebihan produksi kelenjar minyak yang tercampur lengket dengan sel-sel kulit mati, yang kemudian bercampur dengan debu atau kotoran, campuran tersebut menebal membentuk penyumbatan dan menjadi bintik-bintik putih atau hitam. Bintik-bintik ini bukan hanya menyerang muka, tetapi bisa juga bagian tubuh lainnya, seperti punggung, dada, bagian pusar, dan lengan atas.
  • Infeksi bakteri akibat iritasi kulit atau benda lain. Propionibacterium Acnes, bakteri yang biasa hidup di kulit, cenderung menghasilkan zat-zat penyebab iritasi di daerah kulit, yang bisa menyebarkan radang didaerah kulit sekitar. Hal inilah bisa menyebabkan jerawat jenis batu, yang bisa meninggalkan bekas luka permanen seperti cacar. Benda-benda disekitar kita bisa menjadi biang penyebab jerawat, contohnya permukaan tombol telepon genggam bisa pula ditumbuhi subur bakteri. Jadi usahakan jangan langsung menempelkan telepon genggam ke pipi saat menelepon, sebelum membersihkannya.
  • Pengaruh Stress. Stres sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan jerawat, tapi hormon tertentu yang keluar akibat seorang stres menjadi pemicu tumbuhnya jerawat. Selain itu, orang stres lebih cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis berlemak sebagai pelarian dari stres, yang tentunya memancing jerawat.
  • Obat-obatan dan alat kontrasepsi. Mengkonsumsi obat kortikosteroid mengakibatkan daya tahan tubuh menurun yang juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen meningkat, begitu pula alat-alat kontrasepsi seperti suntikan KB jika tidak cocok dengan kondisi hormonal si pemakai juga memicu tumbuhnya jerawat.
  • Kosmetik. Penggunaan bermacam alat rias wajah secara berlebihan bisa menyumbat pori-pori wajah, apalagi jika kosmetik yang digunakan mengandung banyak minyak. Selain itu penggunaan bedak yang mengandung Foundation juga bisa menyumbat pori-pori, yang tentunya mengundang bakteri Propionibacterium Acnes penyebab jerawat.
  • Dan masih ada lagi penyebab jerawat lainnya antara lain faktor hormon yang meningkat (menyebabkan jerawat bisa muncul contohnya saat wanita sedang menstruasi atau saat anak menginjak masa remaja/puber), faktor keturunan atau genetika (jerawat bukan penyakit menular namun ternyata bisa diturunkan orang tuanya yang masa mudanya sering berjerawat), dll

Cara mencegah/mengatasi pertumbuhan jerawat dan mengendalikan minyak berlebih pada wajah:

  • Banyaklah mengkonsumsi buahan, sayuran, dan sumber makanan lainnya yang bisa meminimalisir produksi minyak.
  • Rajin berolahraga setiap hari, dan perbanyaklah minum air putih terlebih saat berolahraga untuk mempercepat pengeluaran keringat yang membantu proses pemulihan jerawat.
  • Hindari mengkonsumsi makanan berminyak berlebihan, lalapan, gorengan, kopi, serta minuman berkarbonisasi.
  • Hindari make-up berlebihan yang justru pemakaiannya makin menutup pori-pori. Hati-hatilah dalam memilih produk kosmetika, jangan salah memlih produk karena ada mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan iritasi. Pilihlah produk mineral makeup dan kosmetik alami.
  • Jagalah selalu kebersihan tangan serta segala alat-alat yang seringkali menyentuh wajah kita, seperti ponsel, telepon, sarung bantal, seprei, sapu tangan, kerudung,dan lain-lain.
  • Hindari sering mencuci muka dengan sabun mandi, karena kulit wajah berbeda dengan kulit didaerah badan. Cukuplah bersihkan wajah dengan air bersih saja, namun lebih baik gunakan sabun/facial khusus pembersih wajah terlebih dahulu. Tapi janganlah keseringan karena justru membuat kulit kering dan kelembabannya kurang.
  • Boleh-boleh saja, jika ingin memecahkan jerawat pastikan jarum dan kedua tangan steril. Namun jangan dilakukan jika jenis jerawatnya kronis (jerawat batu). Saat ini di pasaran juga tersedia alat bantu untuk mengeluarkan jerawat alias alat hisap pengeluar jerawat (Acne Ectractor), silahkan coba pakai alat ini.
  • Hindarilah stress dan selingi kegiatan sibuk Anda dengan aktivitas santai/rileksasi dan rajin tiap hari mandi air hangat.
  • Rajinlah mengkonsumsi makanan dan minuman seperti jintan hitam, madu herbal, obatan penunjang kesehatan, minuman suplemen vitamin, energi drink, dll.

Cara Mengobati jerawat yang ampuh

Saat jerawat muncul tentu dibutuhkan pengobatan yang tepat disesuaikan dengan tingkat keparahannya dan jenis pengobatannya, antara lain:

LOTION ANTI JERAWAT
Jika anda ingin mengobati jerawat secara instan/cepat bisa menggunakan obat lotion jerawat yang banyak dijual bebas di toko obat. Salah satu lotion jerawat yang paling umum mengandung bahan kimia Benzoil peroksida, bahan aktifnya ini membantu mengeringkan jerawat dan hanya dibolehkan diolesi di bagian berjerawat saja. Produk ini akan mengurangi minyak dan mengangkat sel kulit mati serta membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

TEHNIK PENGELUARAN JERAWAT DENGAN TANGAN
Saat jerawat muncul dimuka tentunya tangan kita sudah gatal sekali ingin mengeluarkan isi lemak dari jerawat tersebut, namun pastikan dulu jerawatnya sudah matang dan bukan jenis jerawat batu. Dan langkah-langkahnya pengeluaran jerawat dengan tangan sebagai berikut:
– pertama-tama pastikan cuci tangan yang bersih agar bebas dari kuman penyakit dan bakteri, sampai ke bagian kukunya atau bisa menggunakan sarung tangan yang steril.
– Ambil sebuah jarum dan dibersihkan bakteri dengan cara dicelupkan dalam larutan alkohol atau lebih baik lagi dibakar dulu ujung jarumnya kemudian dilap dengan kain yang sudah diberi alkohol.
– Bersihkan kulit sekitar jerawat dengan alkohol atau cairan anti bakteri
– Tusuk dengan lembut di tengah permukaan jerawat untuk membuat rongga lubang pengeluaran dengan jarum yang telah dipersiapkan sebelumnya. Usahakan cukup menembus bagian kulit luar atau bagian kepala diatas sumber jerawat untuk membuka kulit bagian atas jerawat.
– Jika darah yang mulai keluar maka lekas dilap bekas tusukan dengan kapas yang sudah dibasahi larutan alkohol
– Segera lanjutkan dengan kedua ibu jari/jempol memencet menekan kedalam dari luar area sekitar jerawat ke arah lubang, perlahan-lahan, jangan dipaksakan sampai isi jerawat keluar dengan sendirinya, setelah itu basuh dan lap permukaan lubang jerawat dengan kapas yang dibasahi alkohol. Nah, selesai semoga besok hari luka jerawatnya cepat sembuh.

SUNTIKAN ANTI JERAWAT
Jika produk lotion masih kurang ampuh mengobati jerawat bisa mempertimbangkan untuk memeriksakan kondisi jerawat ke dokter spesialis ahli penyakit kulit atau dermatologi yang menawarkan berbagai terapi pengobatan jerawat yang ampuh dan aman walau cukup mahal ongkos pengobatannya, salah satu terapinya bisa dengan memberikan suntikan khusus menghilangkan jerawat dengan cepat.

Selain berkonsultasi ke dokter dan melakukan terapi sesuai anjurannya, anda bisa coba melakukan pengobatan alternatif jerawat menggunakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Cara Mengatasi Jerawat dengan ramuan atau bahan herbal alami

Ada bermacam cara untuk menghilangkan jerawat dan noda di wajah, salah satunya dengan cara aman tanpa efek samping yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang berada di alam seperti tumbuhan dan bahan herbal, yang kemudian dibuat ramuan, salep atau masker. Nah, berikut ini beberapa contoh pengobatan menggunakan bahan alami:

Daun Pepaya:

  • Ambil 2-3 helai daun pepaya tua lalu jemur.
  • Lalu daun pepaya dilumatkan kemdian diberi sedikit air
  • Lalu peras dan ambil sarinya.
  • Lalu oleskan perasan sari daun pepaya pada jerawat.

Buah Pepaya:

  • Haluskan pepaya dengan blender secukupnya
  • Lalu oleskan pepaya pada wajah
  • Diamkan selama 20 menit dan selesai bersihkan dengan air.

Putih Telur:

  • Pecahkan telur, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya
  • Kocok putih telur hingga berbuih
  • Bisa tambahkan sedikit madu atau jus lemon ke putih telur
  • Bersihkan wajah dulu, kemudian oleskan ramuan putih telur ke wajah seperti masker
  • Diamkan masker di wajah hingga kering selama 15 menit-20 menit
  • Setelah waktu selesai, bilas dengan air hangat
  • Lakukan secara rutin, moga wajah anda semakin kencang dan sembuh dari jerawat

Lobak:

  • Ambil lobak dan cuci secukupnya, lalu parutlah dan ambil airnya.
  • Tambahkan sedikit cuka apel lalu aduk hingga merata.
  • Silahkan oles pada jerawat, lalu diamkan hingga kering.
  • Setelah kering lalu bersihkan dengan air.
  • Lakukanlah secara rutin semoga jerawatnya teratasi.

Tomat:

  • Iris-iris tipis tomat matang untuk disiapkan
  • Lalu usap-usapkan ke wajah yang berjerawat.
  • Tunggulah 15 menit sampai sejam lalu bilas sampai bersih.
  • Lakukan secara teratur maksimal sampai 1 bulan, mudahan jerawatnya berhasil terobati.

Jeruk nipis:

  • Campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar
  • Oleskan pada wajah
  • Biarkan sekitar 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan dengan rutin selama kurang lebih 15 hari dan lihat hasilnya.

Bawang Putih

  • Haluskan 2-3 bawang putih, tumbuk, diiris atau diblender
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat,
  • Tunggu diamkan kurang lebih 10 menit
  • Selesai bilas sampai bersih dengan air putih
  • Rutin lakukan 2-3 minggu, mudah2an wajahnya sembuh dari jerawat

Lidah Buaya:

  • Potonglah beberapa bagian lidah buaya yang sudah dibuang kulit luarnya.
  • Oleskan cairan lidah buaya pada bagian jerawat
  • Lakukan secara rutin pagi dan sore sampai jerawat mengering dan terus sampai hilang bekasnya.

Madu

  • Siapkan kapas yang dioleskan sedikit madu
  • Lalu oleskan kapas pada kulit yang berjerawat
  • Lalu diamkan selama 15 menit
  • Selesai bilaslah dengan air putih sampai bersih
  • Lakukan rutin pagi sore semoga jerawatnya berangsur hilang.

Nah, itulah seputar informasi tentang jerawat beserta bermacam tips pencegahan dan cara mengobatinya. Mudah-mudahan salah satu tips yang penulis bagikan ini ada yang cukup sukses mengatasi jerawat yang sedang tumbuh subur diwajah Anda.

One thought on “Tips Kesehatan: Cara alami menghilangkan jerawat dan bintik-bintik komedo

Komentar ditutup.