Tips Kesehatan: Cara ampuh mengobati flu pilek pada anak balita secara alami

Tips Kesehatan Cara benar alami mengobati pilek flu anak bayi balita Selamat Minggu pagi, bunda!! Penyakit flu pilek umumnya sering menyerang bayi dan anak balita, karena daya tahan tubuh mereka lebih rendah daripada orang dewasa. Penyakit yang sering muncul di saat cuaca dingin (musim hujan) inilah yang sangat membuat kewalahan banyak orang tua khususnya kaum ibu yang salah satu rutinas utama mereka adalah mengurus anak. Tentunya para ibunda bakal sedih kasihan saat melihat anak balita tercinta mereka rewel, suka nangis sambil ingusan apalagi disertai deman. Namun jangan khawatir karena cukup banyak cara ampuh dan alami yang bisa dilakukan untuk mengobati flu deman pada bayi dan anak-anak. Jenis flu umum biasanya disebabkan virus influenza yang bisa disembuhkan sendiri jika daya tahan tubuh anak tinggi. Oleh sebab itulah saat proses pengobatan penyakit ini, maka diperlukan juga beberapa upaya meningkatkan daya tahan tubuh anak agar lebih mempercepat proses penyembuhan flu pilek tersebut antara lain:

  • Banyak minum ASI (Air susu ibu) bagi bayi hingga anak berusia 2 tahun, karena zat antibodi yang terdapat dalam ASI amat ampuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap infeksi dari virus flu penyebab batuk dan pilek.
  • Konsumsi makanan bergizi dan seimbang serta buahan kaya vitaman c seperti jeruk, semangka, lemon, buah naga, dan lain-lain, juga turut membantu daya tahan tubuh anak melawan penyakit.
  • Jangan sering keluar rumah dan tidur istirahat secukupnya, langkah ini cukup membantu memulihkan kondisi kesehatan anak agar batuk dan pileknya reda lebih cepat. Jika diperlukan, mintalah izin tidak masuk sekolah hingga sakit flu dan demamnya sembuh.
  • Rajin berjemur. Paparan sinar matahari pagi ternyata bisa meningkatkan sistem ketahanan tubuh anak. Tepatnya di pagi hari saat matahari fajar bersinar cerah, ajaklah bayi dan anak balita anda bawa keluar rumah, namun jangan lama-lama hingga kepanasan, cukup 5-10 menit saja,
  • Alas tidur yang tinggi. Flu dan pilek membuat anak susah bernafas dan beristirahat dengan tenang, maka gunakanlah bantal tidur yang lebih tinggi agar bisa membantu melegakan hidung mereka yang tersumbat. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan bantal, selimut dan tempat tidur si kecil.
  • Hindari kipas angin, karena udara yang dihasilkan membawa debu-debu kotoran kecil yang terbawa dari sekitar ruangan dan kisi-kisi kipas angin. Debu inilah faktor utama pemicu munculnya alergi pernafasan yang sebaiknya harus dihindari karena tentu saja sedikit debu akan memparah penyakit flu pilek anak. Jika udara di rumah atau dalam ruangan memang terasa panas maka cara yang lebih aman gunakanlah AC atau kipas manual tangan aja.
  • Hindari minum es, karena ini juga menjadi salah satu penyebab alergi flu dan pilek anak. Jika anak ingin tetap minum es, sebaiknya berupa campuran Jus buah saja dan sedikit es batu. Jus buah yang dianjurkan seperti mangga, jeruk, dan buah-buahan kaya vitamin C.
  • Usahakan mandi selalu dengan air hangat. Hawa air hangat disertai olesan minyak telon cukup membantu meredakan gejala flu pada anak. Apalagi saat ada keperluan membawa anak jalan-jalan ke luar rumah apalagi dimalam hari, usahakan selalu mengoleskan minyak telon di seluruh badan anak disertai memakai jaket agar mereka merasa tetap hangat.
  • Atasi lendir/meler/ingus anak. Flu pilek menyebabkan ingus meler keluar di hidung si kecil, maka siapkan selalu tisu lembut dan sapu tangan untuk berjaga-jaga untuk membantu mereka bernafas lebih lega saat beraktifitas. Jangan biarkan si kecil sering menelan ingus mereka karena hal ini juga sama membawa kembali penyakit ke tubuhnya.

    Jika bayi pilek-pilekan saat tidur di malam dan siang hari, maka para orang tua bolehlah memakai alat bantu khusus untuk penyedot ingus /nose cleaner si bayi dan anak yang banyak dijual di pasaran, toko obat dan swalayan. Jangan lupa, bacalah dengan baik-baik petunjuk penggunaannya dan pastikan alatnya selalu dicuci bersih/steril setelah digunakan.

OBAT RESEP ALAMI
Berikut ini tips beberapa resep alami cara mengobati flu pilek pada anak, antara lain:

  • madu bahan alami untuk pengobatan penyakitMeminum jeruk nipis+ madu: Campuran jeruk nipis dan madu juga berkhasiat dalam mengatasi beberapa penyakit. Resep tradisional ini membantu menghangat tubuh dan ampuh mengobati batuk disertai flu pilek pada anak-anak. Caranya: – Campurkan sedikit madu dan jeruk nipis ke dalam segelas air hangat, lalu minumkan ke anak secara rutin 3x sehari, smoga cepat membantu melegakan pernafasan pada anak.
  • Meminum lemon+madu: Caranya hampir sama, campurkan sesendok madu dicampur lemon ke dalam segelas air hangat dan minumkan ke anak secara rutin 3x sehari, semoga manjur meringankan hidung tersumbat pada anak.
  • Memijat dengan campuran bawang merah+minyak telon atau minyak zaitun: Bahan-bahan alami ini cukup aman digunakan untuk menghangatkan badan si kecil. Caranya: campurkan parutan bawang merah dengan minyak telon ke piring kecil, lalu usapkan ke seluruh badan bayi/anak, seperti leher, dada, perut, punggung, ubun-ubun, tangan sampai telapak kaki. Semoga resep tradisonal ini bisa memberikan rasa kehangatan yang lebih lama pada balita tercinta anda, dan menyembuhkan penyakit flu pileknya.

OBAT KIMIA KOMERSIAL
Penggunaan obat kimiawi tidak dianjurkan dan sebaiknya jangan terburu-buru dijadikan cara pengobatan flu pilek khususnya obat kimia minum, karena sekecil apapun dosis obat minum yang diberikan akan membawa efek samping terhadap si kecil maka penggunaan obat-obatan yang dibeli di apotik seharusnya lebih dulu dikonsultasikan pada dokter. Inilah beberapa obat-obatan kimia komersial yang banyak dijual di apotek, antara lain:

  1. Decongestant Oil
    Ini adalah obat aroma terapi yang dapat meredakan gejala pilek dan batuk.
    purekids-decongestant
    Petunjuk penggunaan Decongestant OIL: Teteskan 8-12 tetes ke sapu tangan, bantal atau ke dalam air hangat untuk kemudian dihirup uap udaranya. Aromanya seperti obat batuk namun efeknya membikin nyaman, jika si kecil mencium aromanya jika ada berdahak, kemungkinan akan muntah keluar lendirnya, serta berangsur-angsur hilang batuk dan pileknya.
  2. Transpulmin BB
    Ini adalah obat balsem oles untuk memberikan rasa hangat pada bayi dan anak, meredakan gejala pilek serta mengatasi masuk angin.
  3. Petunjuk penggunaan balsam: Gosokkan pada perut, dada, punggung bayi dan anak-anak balita anda, semoga mereka cepat sembuh dari flu pileknya.

  4. Baby’s Cough Syrup
    Ini adalah obat minum sirup untuk mengobati batuk pilek dan demam untuk anak-anak. Rasanya manis tentunya disukai anak-anak yang anti obat pahit.
    obat syrup batuk flu pilek dan demam
    Petunjuk penggunaan: Silahkan baca pada kertas brosur yang ada didalam kotak produknya

Itulah sedikit tips singkat cara mengobati flu pilek secara alami pada anak balita. Jika anak-anak atau bayi anda masih saja mengalami pilek atau batuk lebih dari 3 hari, maka dianjurkan segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan pengobatan yang lebih tepat sehingga anak-anak tercinta bisa cepat kembali tersenyum ceria dan sehat.