Tips tombol pintas agar lebih mudah dan cepat mengetik di Microsoft WordIngin mengedit/mengetik dokumen lebih mudah dan cepat di Microsoft Word. Caranya, cukup pelajari dan hafalkan beberapa tombol pintas (keyboard shortcut) di papan tombol komputer Anda. Nah, siapa tahu berguna apalagi saat bos tiba-tiba mendadak sekali ingin segera dibuatkan dokumen khusus/surat penting. 

Ada cukup banyak tombol pintas keyboard yang digunakan dalam Microsoft Word. Ini cocok sekali bagi sobat yang kurang cocok dengan mouse yang kadang-kadang sedikit bandel, gak respon, dan sering lari-lari sendiri (tidak salah kan mouse artinya tikus).  Nah, itu pengalaman yang sering terjadi pada mouse saya dan cukup mengganggu. Tapi untuk apa ribet mikirin tikus, kan ada kamu….. cieh….maksudnya tombol-tombol pintas penting yang sudah saya hafal ini. Tombol pintas itulah yang sering membantu saya biar mengetik dokumen lebih cepat dan mudah di Microsoft Word. Tombol pintas alias Shortcut ini juga bekerja di semua versi Microsoft Word hingga versi terbaru (2010). Nah, berikut ini saya share beberapa  tombol shortcut penting tersebut antara lain:

  1. Tekan tombol Ctrl Z (Undo/Batal), kadang-kadang jika sobat melakukan kesalahan seperti menghapus teks atau gambar secara tak sengaja, maka sobat bisa gunakan tombol Ctrl Z ini  jika ingin membatalkan atau mengembalikan lagi teks atau gambar yang terhapus tadi. Nah, kadangkala, saat mengetik ada saja kesalahpahaman :) yang terjadi secara tak sengaja. Tombol ini sangat ampuh ini untuk memperbaiki kesalahan yang telah dibuat ( :)  asalkan jangan terlalu parah lah)  dan lebih bagusnya proses pembatalan kesalahan ini bisa diulang beberapa kali hampir sejauh yang Anda inginkan. Nah, namun satu hal yang harus diperhatikan jika Anda saat sudah melakukan Save dan apalagi ditambah dengan menutup file, tombol Ctrl Z ini menjadi tak berguna .
  2. Tekan tombol Ctrl Y (redo/Ulangi), jika berubah pikiran dan lalu ingin mengembalikan lagi hal yang sudah dibatalkan dengan tombol pintas Redo alias Ulangi. Tombol pintas “Ulangi”  ini bekerja sebaliknya, bisa mereproduksi beberapa kata-kata terakhir yang Anda batalkan sebanyak yang Anda inginkan.
  3. Tekan Ctrl C (copy/salin), jika ingin menyalin/menggandakan huruf, teks dan gambar yang sudah ditandai untuk disalin. Lebih cocoknya lagi, Anda bahkan bisa menggandakannya berkali-kali hingga tak terbatas. Misalnya anda menyalin kata “orang”  dan menggandakannya pada tabel dengan tombol Ctrl V. Bisa juga menggunakannya berkali-kali misalnya untuk disalin dan digunakan ke dalam berbagai aplikasi dan Anda mungkin ingin menggunakan sebanyaknya di Word. Pokoknya terserah Anda!
  4. Tekan Ctrl X (Cut/Pangkas), untuk memangkas kata, gambar, atau blok yang dipilih.  Juga dipakai jika ingin menghapus teks dan memindahkannya di tempat lain dengan tombol Ctrl V.
  5. Tekan Ctrl V (Paste/Timpa), tombol pintas inilah yang terpenting dan biasanya digunakan setelah Anda menggunakan tombol pintas Copy (Ctrl C) atau Cut (Ctrl X).
  6. Tekan Ctrl S (Save/Simpan), jika ingin cepat-cepat menyimpan dokumen ke file Word, tombol pintas ini juga sangat penting, guna biar berjaga-jaga kalau tiba-tiba listrik mendadak mati
  7. Tekan Ctrl B (Bold/huruf tebal) untuk membuat huruf/teks yang ditampilkan menjadi tebal (bold).
  8. Tekan Ctrl I (Italic/huruf miring) untuk membuat huruf/teks ditampilkan menjadi miring (italic).
  9. Tekan Ctrl Backspace untuk menghapus teks di sebelah kiri.
  10. Tekan Ctrl Delete (Hapus) untuk menghapus teks di sebelah kanan.
  11. Tekan Shift F3, jika anda ingin mengatur kapitalisasi teks atau kalimat yang ditandai. Contohnya anda ingin mengubah teks/kalimat yang dipilih dari huruf kecil ke huruf besar semua atau sebaliknya? (Contoh: KUMPULAN TOMBOL PINTAS / kumpulan tombol pintas). Atau Bisa Untuk Mengatur Judul Agar Setiap Kata-kata Dalam Kalimat Semuanya Huruf Awalnya Dikapitalisasi Dengan Huruf Besar. Atau anda bisa mengatur sebuah paragraf agar kata pertama dalam tiap-tiap kalimat diawali huruf besar. Nah, keliatannya gampang kan.
  12. Tekan Ctrl 1 – Untuk merubah jarak baris dengan spasi tunggal
  13. Tekan Ctrl 2 – Untuk merubah jarak baris dengan spasi ganda
  14. Tekan Ctrl 5 – Untuk merubah jarak baris dengan 1,5 spasi
  15. Tekan Ctrl End,  untuk melompat ke akhir dokumen anda di Microsoft Word. Berguna jika Anda memiliki dokumen yang cukup panjang dan ingin menambahkan sesuatu di akhirnya, inilah cara cepatnya untuk langsung turun diakhir dokumen.
  16. Tekan Ctrl Home, jika anda ingin langsung melompat ke awal dokumen.
  17. Tekan Ctrl ] untuk memperbesar ukuran font
  18. Tekan Ctrl [ untuk mengurangi ukuran font
    Anda bisa mengulangi tombol pintas ini sampai dengan ukuran font yang diinginkan:
  19. Tekan Ctrl R (Right/kanan) untuk meratakan teks ke kanan
  20. Tekan Ctrl E untuk menengahkan teks. Ini cocok untuk membuat judul.
  21. Tekan Ctrl L (Left/kiri) untuk meratakan teks ke kiri
  22. Tekan Ctrl M, untuk melompatkan kursor dan teks maju ke arah kanan. 
  23. Tekan Ctrl Shift M, sebaliknya melompatkan kursor dan teks ke arah kiri.

Nah, Inilah beberapa tombol shortcut keyboard pilihan untuk membantu memaksimalkan kerja anda dengan Microsoft Word. Semoga tips Microsoft Office ini cukup membantu.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Thursday tanggal 25 July 2013 jam 10.46 di kategori Tips Komputer, Tips Microsoft Office, Tips Microsoft Word, Tips Windows. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.