Tips Dapur: Cara merawat dan memperbaiki kompor gas jika bermasalah

tips dapur cara rutin merawat kompor gas dan komponen tungku regulator selang tabung elpiji yang baik Selamat Minggu pagi, warga penghuni dapur! Kompor gasnya rusak! Tabung elpijinya habis! Masalah rumah tangga ini, sejak dulu sudah menjadi biang masalah tetap di dapur rumah kita. Jika ia rusak/habis, maka bisa membuat mamanya pusing, suami beserta anak-anaknya akan kelaparan seharian. 🙂 Betul!! Bagi para ibu/istri yang baik hati dan tidak sombong yg kerjaan sehari-hari bersih-bersihin rumah, pasti tak lupa melewatkan waktunya sejenak mengulurkan kain lapnya menggosok-gosok “merawat” badan kompornya agar mengkilap selalu tampak bersih dan biar awet. Merawat bagian luar kompor secara rutin memang sudah biasa, tak serepot memperbaiki bagian dalamnya jika rusak. Tungku, dudukan, sepuyer, dan knop pemantik api yg kadang macet memang malas sekali untuk diperhatikan (dibersihkan). Apalagi selang, regulator, sampai tabung elpijinya kadang bisa luput dari perhatian, maka hendaknya rajinlah sekali-kali mengecek kondisinya agar terhindar dari kerusakan/bahaya yang lebih parah yaitu kebakaran. Jadi cara yang diperlukan adalah merawat kompor gas beserta seluruh komponen perlengkapannya secara berkala agar nantinya tidak bermasalah saat dipakai, jauh dari masalah ongkos biaya memperbaiki, serta apinya menjadi menyala biru sempurna, memasak jadi lebih cepat, dan anggaran RT jadi lebih hemat efisien. Secara detail, berikut ini bagian-bagian komponen pada kompor gas disertai cara perawatannya yang baik antara lain

Kompor gas

Kompor gas terdiri dari komponen badan kompor, dudukan, tungku, sepuyer, tombol knop pemantik api. Masing-masing perlu diperhatikan perawatannya, antara lain:

  • Badan Kompor
    badan kompor gas tampak dilengkapi tungku dan pemantik apiIbarat baju inilah gambar luarnya badan kompor, didalamnya terdapat lubang pipa besar untuk disalurkan gas (biasanya disamping belakangnya) melalui selang karet+regulator yang tersambung ke tabung elpiji. Badan kompor perlu dijaga kebersihannya agar nyaman dipandang. Cara merawatnya: Selalu gunakanlah dua macam lap, dilap basah (dengan cairan pembersih/anti karat) lalu dilap kering, untuk membersihkan seluruh permukaan badan kompor dari bermacam kotoran lemak dan lelehan minyak setiap habis memasak.
  • Tungku
    tungku dan cincin burner kompor gasKompor gas kebanyakan memiliki 2 tungku. Sebuah tungku terdiri dari dua komponen, yaitu tungku dan cincin burner-nya, keduanya berperan dalam menghasilkan kualitas pengapian yang baik (api biru). Cara membersihkan tungku: Lepas cincin tungku, kemudian dicuci dan dilap setiap sisinya sampai seluruh bagiannya hingga bersih, dan kalau perlu gunakan jarum (kawat) untuk membersihkan kerak di sela-sela lubang cincin tungku. Jika nyala apinya ternyata masih kurang baik setelah cincin dan tungkunya dibersihkan, maka siap-siaplah membeli (mengganti burnernya) yang baru. Tungku bagian gampang dibersihkan, tak perlu dicuci, cukup dilap setiap seluruh kotoran dan kerak yang bisa dibersihkan darinya. Lakukan setiap 6 bulan sekali.
  • Dudukan Masak
    sepuyer dan kompor gasBagian kompor ini mudah dilepas (selain burner tungku). Cara membersihkanya (hampir sama dengan sebelumnya): Minimal seminggu sekali/tiap hari, bersihkanlah semua sela-sela dudukan hingga semua permukaannya bersih dari noda lemak, lelehan minyak, kerak dan kotoran bekas memasak lainnya yang bisa memicu percikan api dari bawah wajan/panci saat penggorengan. Jika ada kerak terlalu mengeras, boleh siapkan obeng minus untuk membersihkannya,

Sepuyer dan Tombol knop pemantik api
sepuyer dan kompor gasSepuyer terdapat dibagian dalamnya kompor. Sepuyer terdiri dari kawat-kawat, pemantik api mekanik dan pipa kecil yang mengalirkan gas dari lubang pipa besar ke tungku, sedangkan diluarnya, tombol (pemutar) knopnya menyatu dengan sepuyer, berfungsi menyalakan kompornya. Cara merawatnya: Jika nyala apinya ternyata kurang baik, ada baiknya pipa sepuyernya dibersihkan dari kotor, maka dibalikkan saja kalau gak mau repot (dilepas), untuk membersihkan setiap kotoran di sela pipa kecil sepuyer dari kerak-kerak yang menempel gunakanlah kawat/jarum. Tombol pemantik api perlu dijaga kebersihannya pula, dan sering dites agar tidak keras atau macet, cobalah rutin rajin menyalakan kompor tiap hari atau setidaknya memutar knopnya 2 kali setiap pagi & malam hari walau tak digunakan memasak.

Regulator dan Selang

1 paket dijual regulator kompor gas dan selangnya

  • Regulator
    Alat yang dijual sering sepaket (dengan selangnya) ini juga bagian terpenting dari kompor gas. Regulator berfungsi mengamankan tabung gas dari kebocoran saat dipasang. Pastikan sobat membeli regulator berstandar SNI yang kualitasnya terjamin (bermutu tinggi)! Ingin dapur lebih aman dari bahaya kebakaran! Ingin berlibur jauh! Maka demi keamanan, lepas saja dulu regulator dari tabung gas sebelum meninggalkan rumah. Cara memasang regulator ke tabung (liat di bagian tabung LPG)
  • Kenop gas, berfungsi untuk mengunci regulator agar tak lepas saat memasang tabung gas. Umumnya, untuk mengunci kenop harus diputar keatas (searah jarum jam), untuk membuka kuncian regulator maka putar berlawanan ke bawah.
  • Selang
    Umumnya berbahan karet, jadi bagian terpenting dari kompor gas. Fungsinya untuk menghubungkan pipa gas dari sepuyer ke regulator tabung gas. Cara membersihkan selang: Setelah membersihkan luarnya, jangan lupa membersihkan bagian dalamnya. Siapkan obeng untuk melepaskan pengaman selang dari kompor gas, lalu bersihkan kotoran minyak yang menumpuk didalamnya. Kemudian angkat bagian regulator ke atas sedangkan ujung lubang selang ke bawah dan dipukulkan ke lantai berkali2 untuk mengeluarkan kotoran minyaknya. Lakukan secara rutin 6 bulan sekali. Mengapa? Setelah tabung gas habis biasanya jika ada kotoran minyak akan turun masuk ke dalam regulator ini, yang menyebabkan masalah regulator tak berfungsi sebagaimana mestinya karena otomatis mengunci aliran gas dari tabung ke kompor gas, inilah penyebab kompor gas tidak bisa dinyalakan walau sudah berganti tabung. Tips lainnya: Rajinlah mengecek kondisi selang apa ada retak atau bekas gigitan tikus jika ada sebaiknya cepat ganti baru (dengan regulatornya) agar terhindar dari kebocoran. Minimal setiap tahun.

Tabung elpiji (LPG)

tabung gas LPG berlambang pertaminaSaat tabung LPG-nya habis, maka kompor tentu tak berguna sama sekali untuk memasak, dan perlu diganti dengan tabung gas yg baru. Namun, saat mengganti tabung baru, jangan harap, kondisinya mulus atau tidak bermasalah sesuai dengan kita harapkan, jadi ikuti tips-tips berikut ini:

Cara memasang tabung gas elpiji baru, berikut ini:

  1. Pastikan ruangan dapur yang berventilasi, pintu dan jendela dapur terbuka agar sirkulasi udara lancar.
  2. Pastikan tabung gas dijauhkan dari bahan-bahan mudah terbakar, seperti bensin, thinner dan spiritus.
  3. Siapkan tabung gas baru, lepaskan segel plastik di tabung gas baru (jika ada), kemudian pastikan ada cincin karet pengamannya di tabung gas yang baru.
  4. Periksa lagi apa selang regulatornya tersambung sempurna dengan pipa gas kompor.  
  5. Pasang regulator ke leher katup pengaman tabung, dgn sedikit menekan kebawah dan lalu putar knop gas regulator searah jarum jam sampai kebawah untuk menguncinya
  6. Pastikan tak ada keluar suara desisan gas bocor, jika bocor maka lepas segera regulator dengan memutar knop gas berlawanan arah jarum jam, lalu coba pasang regulatornya lagi.
  7. Pastikan selangnya tidak tertindih dan jauhkan dari bahan yang bisa menyulut api.
  8. Pastikan pasisi tabung letaknya lebih rendah daripada kompor dan posisinya mudah untuk dicopot jika keadaan mendesak.
  9. Hindari pemakaian korek api sebagai ganti pemantik api untuk menyulut (menyalakan) kompor gas
  10. Hindari menghisap rokok saat memasang tabung gas.
  11. Tetap hati hati, jika mencium gas, segera matikan kompor gas, buka katup gas regulator dan cabut, buka lebar-lebar semua ventilasi, pintu, dan jendela.

Cara memperbaiki kompor gas jika tak menyala setelah ganti tabung elpiji baru, berikut ini:

  1. Selalu pastikan regulator tersambung rapat dengan tabung elpiji baru, kemudian tes nyalakan kompornya, pastikan dalamnya ada percikan api, yang berarti pemantik api kompor gasnya tidak bermasalah saat tombol pemantik diputar. Juga bersamaan juga dengarkan baik-baik, harus ada bunyi gas keluar setelah tombol pemantik diputar, yang berarti saluran gas dalam kompor juga lancar. Tapi, jika tidak ada bunyi gas keluar, berarti yang mungkin bermasalah adalah regulatornya, maka ikuti tips berikutnya
  2. Tips #1: Coba pukulkan dengan tangan pada ujung selang dekat regulator berulang-ulang tapi jangan terlalu keras (fungsinya untuk membuka katup pengaman regulator yang secara otomatis mengunci gas keluar untuk mencegah kebocoran), lalu coba sekali nyalakan pemantik kompor gasnya, jika api menyala atau keluar desisan gas berarti masalah sudah teratasi (regulator dan tabung elpiji barunya sudah tak bermasalah), silakan melanjutkan memasak.
  3. Tips #2: (Jika tips #1 tidak berhasil, coba buka lepaskan regulator dari tabung gas) Pasang lagi regulator ke tabung elpiji, namun kali ini longgarkan sedikit kuncian knop gasnya sambil memukul pelan-pelan ujung selang dekat regulatornya, namun pastikan tidak ada bunyi gas keluar. Lalu dengarlah lagi dengan jelas sambil menyalakan pemantik kompor gasnya, jika ada desisan gas, berarti gas sudah lancar keluar dari tabung, berarti masalah sudah teratasi. Silakan kunci kembali regulatornya ke tabung elpiji barunya, kali ini lebih rapat dan nyalakan pemantiknya untuk melanjutkan memasak.
  4. Tips #3: (Jika tips2 sebelumnya masih gagal, mungkin selangnya dalamnya kotor berminyak), maka cabutlah selang dari kompor gas, lalu bersihkan (keluarkan) minyak dan kotoran dari selang, lalu gunakan lagi tips #1 atau tips # 2)
  5. Tips #4: (Jika tips sebelumnya juga gagal), maka coba ganti karet sil di tabungnya pakai cadangan karet sil yang lain, kemudian pasang rapat lagi regulatornya, dan nyalakan pemantik kompor gasnya. Mudah2an kompor menyala.Triknya ketika hendak ganti tabung gas dengan yg baru, usahakan selalu mengambil karet sil-nya daripada tabung gas lama (memakai obeng) yang kemudian kita simpan sebagai cadangan karet sil.
  6. Tips #5: (jika semuanya gagal, maka) Segeralah mengganti selang dan regulator yg baru, karena mungkin regulatornya sudah rusak parah. Atau bisa jadi tabung barunya ternyata bermasalah.

Nah, demikian tips cara perawatan kompor gas disertai bonus petunjuk pemasangan gas elpiji baru, disertai tips perbaikan cara mengatasi kompor gas tidak menyala jika ganti tabung elpiji baru. Semoga tipsnya cukup bermanfaat dan lengkap untuk sedikit menambah wawasan anda. Thanks juga kunjungannya.