Tips: Cara mengubah nilai angka negatif menjadi positif dengan rumus fungsi ABS di Excel

Sat 30-Sep-17 220505 Tips Cara menggunakan rumus fungsi ABS untuk pengurangan matematika di Microsoft Excel Formula ABS, apa itu fungsinya?
Yang jelas, ABS disini bukan berarti otot perut loh! 🙂 tapi itu adalah salah satu fungsi atau rumus formula matematika di Microsoft Excel yang berguna untuk mengembalikan nilai mutlak suatu bilangan atau angka menjadi bernilai positif.

Dari sekian banyak fungsi Excel, fungsi ABS paling jarang digunakan bagi pengguna yang ingin mengolah data tapi jika suatu saat sobat mengurusi data dalam suatu operasi pengurangan maka rumus fungsi ABS ini jelas akan lebih lebih ‘terlibat’.
Saat memakai fungsi ABS di Excel apapun hasil nilai pengurangannya positif/negatif ‘jelas tak terbantahkan lagi’ 🙂 akan tetap ‘setia’ menjadi bilangan atau angka positif.
Jadi ABS ini cocok sekali digunakan untuk menentukan selisih (besar kecilnya perbedaan) nilai antara dua bilangan di lembar kerja Excel.

Ok simak baik-baik tips penggunaan fungsi ABS untuk rumus matematika di Microsoft Excel berikut ini:

Cara menggunakan fungsi ABS dalam rumus matematika di Microsoft Excel

Berikut sintaks rumus penggunaan fungsi ABS dalam Microsoft Excel.
=ABS(angka) atau =ABS(sel)

Contoh penggunaan fungsi ABS dalam rumus pada tabel di Microsoft Excel

  1. Kalau kamu ingin secara langsung menentukan nilai positif dari suatu bilangan mutlak di lembar Excel, cukup masukkan rumus =ABS(angka).
    Misalkan: ketiklah =ABS(-8) disuatu sel, maka hasilnya sel tersebut berubah 8. Bilangan angka yang diketik didalam kurung dibolehkan sebuah angka atau operasi pengurangan/penjumlahan/perkalian/dll dari beberapa bilangan angka. Contohnya di tabel Excel dibawah ini..
    Contoh fungsi ABS Nilai Asal Nilai Positif (dengan fungsi ABS)
    =ABS(11) 11 11
    =ABS(-8) -8 8
    =ABS(20) 20 20
    =ABS(–8+11-20) -17 17
    =ABS(24*-4) -96 96
  2. Contoh lain, jika kamu ingin menentukan nilai positif dari suatu angka/bilangan dari suatu sel atau untuk mencari besarnya perbedaan nilai suatu bilangan antara 2 sel, maka kamu bisa menggunaan formula =ABS(sel). Misalnya kamu ketikkan angka 43 ke dalam sel A2 dan angka 74 di dalam sel B2 di Excel. Lalu kamu inginkan menentukan besarnya perbedaan angka antara bilangan di sel A2 dan B2, maka ketikkan di sel C2 dengan rumus =ABS(A2-B2). Rumus di Sel C2, nilainya akan dinamis tergantung dari bilangan di sel A2 atau B2. Pilih salah satu di sel A2 atau B2, lalu tekan F2 jika ingin mengubah nilai angkanya, dan tekan Enter, secara otomatis hasil di sel C2 di lembar kerja Excel akan berubah sendiri sesuai rumusnya.

Begitulah contoh singkat cara menggunakan rumus fungsi ABS di Microsoft Excel. Semoga tipsnya bermanfaat.