Tips Cara rumus membuat aplikasi kalkulator zakat sendiri dengan fungsi IF di tabel Excel
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Muslim muslimah!

Ingin menghitung sendiri berapa jumlah zakat harta/mal atau zakat profesi/ penghasilan yang wajib sobat muslim tunaikan! Apa saudara/i ingin mencoba menghitungnya sendiri besar zakatnya tanpa konsultasi dengan lembaga zakat? :) Nah Ente boleh mengikuti petunjuk tips Ane dipostingan ini bagaimana caranya perhitungan zakat yg bener dan ajib secara manual bahkan sekaligus membuat form aplikasi KALKULATOR ZAKAT spesialnya langsung di lembar kerja Excel.

Menunaikan Zakat merupakan salah satu perkara dari 5 Rukun Islam yang wajib diamalkan setiap muslim agar Islamnya sah sempurna, tentunya dengan mengharap keredhaan Allah swt semata.

Nah sobat tentunya tau khan Zakat Fitrah saat bulan Ramadhan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mewajibkan Zakat Fitrah terhadap semua kaum muslimin tanpa pandang status, kaya miskin, lelaki wanita bahkan mereka yang sama skali tak memiliki harta, namun zakat fitrah tersebut wajib ditanggung oleh yang menafkahinya.
Berbeda dengan Zakat Mal seperti Zakat Emas/Perak/Uang Simpanan, juga Zakat Hewan/Peternakan, Zakat Pendapatan/Jasa/Profesi, Zakat Pertanian ataupun Zakat Rikaz/Harta Temuan.
Umumnya Zakat jenis ini diperuntukkan bagi kalangan muslim tertentu jika sudah memenuhi Nisab (batasan minimal harta yang wajib dikenakan zakat) dan Haul (batasan waktu setahun hijriyah kepemilikan harta yang wajib dikeluarkan zakat)

Apakah mungkin sobat muslim muslimah (termasuk pengguna Excel mania) saat ini termasuk seseorang yang memiliki kewajiban membayar zakat? Jika ya maka segeralah menunaikannya… agar tidak cacat keIslaman kita!

Ok langsung saja biar lebih mudah, admin akan share sebuah aplikasi Kalkulator Zakat Harta/Profesi dalam format Excel. Untuk menggunakan aplikasi Kalkulator Zakat ini cukup mudah silahkan masukkan besarnya harta penghasilan, secara otomatis akan muncul total zakat yang harus dikeluarkan. Silakan klik dibawah ini dan simak-baik keterangan rumus perhitungannya, agar sobat mengetahui bagaimana form aplikasi Kalkulator Zakat di Excel tersebut bekerja!

PERHITUNGAN ZAKAT PENDAPATAN DAN JASA


B13 fx =IF(B9>B5;B9*B11;0)
A B C
1 KALKULATOR ZAKAT PENDAPATAN DAN JASA
2 zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang diperoleh dari hasil profesi pada saat menerima pembayaran. Nisab zakat pendapatan ukurannya senilai 653 kg gabah atau 524 kg beras. Kadar zakat pendapatan dan jasa senilai 2,5%.
Contoh profesi pekerjaan: Pengacara, Kontraktor, dan lain-lain sejenisnya
3 Ukuran Nisab : 524 kg beras
4 Harga beras:

11.000

rupiah/kg
5 Nisab Zakat:

5.764.00

rupiah
6
7 Pendapatan:

6.000.000

rupiah
8 Jasa:

0

rupiah
9 TOTAL Pendapatan & Jasa

6.000.000

rupiah
10
11 Kadar Zakat 2,5% persen
12
13 Zakat yang wajib ditunaikan:

150.000

rupiah
14 Pendapatan dan Jasa SUDAH mencapai nishab. Dikenakan KEWAJIBAN ZAKAT.

Keterangan:
Contoh aplikasi Kalkulator Zakat di tabel Excel ini dibuat sedikit mirip dengan aplikasi “KALKULATOR ZAKAT” buatan simzat Kementerian Agama RI. Silahkan cek di http://simbi.kemenag.go.id/simzat/page/kalkulatorzakat

Berdasarkan contoh tabel diatas, berikut langkah-langkah membuat form aplikasi kalkulator zakat di Excel

  • Kolom A diketikkan label-label antara lain Ukuran nisab, Harga beras (sekarang), Nisab Zakat, Pendapatan & Jasa dan Total Pendapatan, serta Kadar Zakat dan juga Jumlah Zakat yang wajib ditunaikan
  • Kolom B di Sel B3 masukkan nilai ukuran nisab yaitu 524 kg beras, dan disel B4 diisi harga beras sekarang yaitu 11.000,
  • Kemudian di Sel B5, masukkan rumus perkalian yaitu =B3*B4. Hasilnya adalah batas Nisab.
  • Kolom B di sel B7 dan sel B8 boleh dibiarkan kosong. Sel B7 dan B8 nantinya digunakan untuk menginput jumlah pendapatan & jasa. Catatan: Hasil pendapatan/jasa dari profesi yang diisi di Sel B7 atau B8 tsb adalah hasil penghasilan bersih yang dibayarkan dari pekerjaan setelah dikurangi kewajiban hutang pekerjaan dan pajak.
  • Selanjutnya di sel B9 kita menjumlah pendapatan dan jasa yaitu =B7+B8. Hasilnya menjadi Total (Bersih) Pendapatan & Jasa.
  • Rumus Perhitungan Zakat Pendapatan dan Jasa adalah “Jika Total Pendapatan & Jasa melebihi Nisab Zakat, maka Hasil penjumlahan Pendapatan & Jasa dikali Kadar Zakat menghasilkan Jumlah Zakat yang wajib ditunaikan”. Namun “jika Totalnya tidak melebihi Nisab maka hasilnya 0 atau tidak ada zakat yang wajib ditunaikan”. Jadi, rumus selanjutnya menggunakan fungsi logika IF.
  • Kolom B sel B13 dimasukkan rumus perhitungan zakat yaitu =IF(B9>B5;B9*B11;0). Maksud rumus ini ” jika sel B9 (Total Penghasilan & Jasa) lebih besar dari B5 (Nisab zakat), maka dilakukan perhitungan wajib zakat yaitu sel B9 (Total Pendapatan & Jasa) dikalikan 2,5% persen, jika tidak maka hasilnya 0,
  • Sel A14 di baris paling bawah, juga dimasukkan rumus perhitungan Zakat =IF(B9>B5;”Pendapatan dan Jasa SUDAH mencapai nishab. Dikenakan KEWAJIBAN ZAKAT.”;”Pendapatan Jasa BELUM mencapai nishab. Tidak wajib zakat,dianjurkan sedekah”). Maksud rumus ini ” jika sel B9 (Total Penghasilan & Jasa) lebih besar dari B5 (Nisab zakat), maka akan muncul tulisan” ….. SUDAH mencapai nishab….” , jika tidak maka muncul tulisan “…. BELUM mencapai nishab…..”,
  • Di kolom C berisi informasi satuan dari label seperti rupiah, persen, dll
  • [Jelas] Mudah-mudahan bisa dimengerti.

Demikianlah tips singkat tentang cara membuat aplikasi Kalkulator Zakat sendiri di tabel Excel kali ini. Semoga bermanfaat dan wassalam.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Thursday tanggal 3 December 2015 jam 18.36 di kategori Tips Keren, Tips Microsoft Excel, Tips Microsoft Office. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.