Tips: Cara rumus konversi satuan panjang/jarak (km/mil/yard) dengan fungsi CONVERT di Excel

17H4231 Tips Office Cara rumus mengkonversi nilai antar satuan berat Kilogram gr mg ons pon ton kwintal ExcelSelamat Minggu pagi, Office user! Microsoft Excel memiliki fungsi teknik untuk konversi yaitu =convert() untuk mengkonversi antar satuan ukuran seperti panjang, berat, massa, volume dll. “Panjang” adalah satuan yang diulas kali ini dan seperti kata pepatah 🙂 “Panjang kaki panjang tangan” 🙂 mengukur panjang kaki, tangan, bahkan tinggi tubuh kita memang sangat diperlukan untuk membuat seragam pakaian & celana yang pas ukurannya dibadan kita. Biayanya tentu saja tidak seringan pakaian jadi, 🙂 persis pepatah lagi 🙂 “Panjang kaki ringan tangan“.

Ok kita lagi serius bro… 🙂 dan untuk sarana hiburan kami sudah sediakan tool khusus Aplikasi Kalkulator Konversi Satuan Panjang bagi pengunjung. Silahkan dicoba!!
Tool ini bisa mengkonversi nilai antara satuan panjang ke satuan panjang lainnya, tidak perlu mesin kalkulator atau berhitung matematika dengan tangan, cukup ketikkan sejumlah angka dan dari satuan apa yg ingin dikonversi! Nah, silahkan sobat coba aplikasi online Converter Unit Pengukur Panjang berikut dibawah ini?

APLIKASI ONLINE KONVERSI SATUAN PANJANG/JARAK

Pakai ukuran:
Berapa yang diukur:

CARA RUMUS KONVERSI ANTARA SATUAN PANJANG/JARAK DI EXCEL

tips office cara rumus konversi satuan panjang cm inch km mil yard di excelDalam ilmu Fisika dan kehidupan sehari-hari, satuan ukuran panjang (jarak) yg paling lazim digunakan adalah centimeter (cm), meter (m), kilometer (km), inchi (inch) kaki (ft), mil, dan yard (yd). Meter (m) merupakan suatu besaran pokok (primer) dari ukuran panjang, dimana satuan sekundernya km, hm, dam / dm, cm, mm, dll menjadi hasil konversi dari perkalian/pembagian dari satuan panjang utamanya yaitu m. Kilometer sering digunakan mengukur jarak jauhnya perjalanan di darat, dimana rumusnya 1 km = 103 m (1000 meter) = 100.000 cm. Sedangkan Milimeter (10 mm = 1 cm) satuan panjang yang nilainya paling kecil terlihat jelas indera penglihatan kita. Kemajuan teknologi memungkinkan satuan panjang lainnya yg kasat mata yaitu mikrometer (μm) /nanometer (nm) agar bisa diukur yaitu menggunakan bantuan mikroskop. Satuan lainnya, inci/inch. Inch, asalnya adalah ukuran ibu jari org dewasa). Satuan Inch sering ditemui pada alat meteran, penggaris kertas dan lain-lain. Pada penggaris juga selain Inch, juga bisa mengukur panjang dalam satuan cm dan mm-nya. Mil merupakan salah satuan jarak, umumnya digunakan dalam penghitungan jarak tempuh perjalanan baik di darat, laut, dan udara. Nilainya 1 mil = 1,61 km atau setara dengan 5280 kaki = 1.609.344 mm. Sejarahnya Mil ini adalah 1.000 kali jejak kaki yg ditempuh prajurit Romawi saat berjalan. Yard, satuan panjang ini lebih dikenal di Amerika Serikat berkat NFL (American Football). Setiap panjang garis yard, gawang dan lebar panjang lapangan pertandingan diukur dalam Yard. Belum diketahui asal usul ukuran yard (sebutan ranting pohon) ini, nilai 1 yd = 3 kaki = 36 inci = 0,9144 meter.

Semua satuan yang dijelaskan diatas juga dikenali di Microsoft Excel melalui fungsi =convert() ketika mengkonversi nilai antar tiap satuan ukuran panjang.
Formula/rumus syntax =convert() adalah sebagai berikut:


Catatan:

  • CELL = nilai atau alamat sel sumber (contoh: dibaris kolom A4 berisi angka 2124 yang akan dikonversi)
  • S1 dan S2 = diisi kode unit satuan ukuran panjang seperti cm, m, dm, km, yd (yard), in (inci), mm, mi (mil), ang (Ã…ngström) dimana:
  • S1 = kode unit sumber konversi
  • S2 = kode unit tujuan konversi

Contoh lebih jelasnya penggunaan rumus fungsi =CONVERT() melalui tabel worksheet Microsoft Excel bisa sobat lihat berikut ini:

  A B C D E
1 NILAI  DARI KE HASIL RUMUS DI KOLOM D
2 120 meter yard 131,2335958
3 49 yard meter 44,8056
4 2124 kaki yard 708
5 12 yard kaki 36
6 46 inchi cm 116.84
7 17.78 cm inch 7
8 40 km mil 24,85484769
9 40 mil km 64,373760
10 1 mm angstrom 10000000

Nah, itulah tips singkat Microsoft Office Exel “Cara mengkonversi antar satuan panjang (meter, cm, dll) dengan rumus fungsi =convert” di lembar kerja spreedsheet anda. Semoga bermanfaat.