kartu memori rusak Media penyimpanan memori card yang populer seperti SD, SDHC, MicroSD, Stick Pro2 dll sulit dihindari memang kadang gampang sekali untuk rusak. Jika sering dipakai lama-kelamaan akhirnya rusak, bahkan cuma hampir setahun ditaruh di kamera yang jarang dipakai kok bisa rusak pula. Tentu, bisa anda bayangkan bila data-data hilang yang tersimpan di memori card yang rusak tersebut adalah data-data yang penting dan harus diselamatkan, seperti foto-foto kenangan pernikahan, masa-masa kecil, masa-masa sewaktu berpacaran, foto mantan-mantan pacar, foto mantan pacar yang lagi hamil (maksudnya istri) atau foto kamu sebelum operasi wajah, atau foto mas parno lagi pacaran, atau apa kek hehehe…nah tentu jika masalah ini terus membebani pikiran bisa membuatmu jadi stress berat kan.

Nah, tingkat kerusakan memori card bermacam-macam, ada yang terdeteksi tapi tak bisa dibaca atau salah pembacaan volumenya. Atau bahkan juga rusak parah dan tak bisa terdeteksi di slot memory card laptop (pengalaman ini pernah di laptop saya). Sedangkan penyebab kerusakan memori card juga bermacam-macam pula seperti rusak slot karena kartu memori sering pasang cabut, sering dilepas tanpa safe remove, terserang virus komputer yang mematikan, bad sector diFAT nya dan lain-lain.

So, tips yang diulas kali ini adalah cara menyelamatkan data (foto, gambar) dari memory card yang sudah rusak parah/tidak bisa terdeteksi lagi.

Namun yang harus anda siapkan terlebih dahulu adalah:

  1. Sebuah USB Card Reader All in 1 lengkap beserta kabelnya dengan kondisi baik. Seperti gambar dibawah ini.menyiapkan usb memory card reader untuk  menyelamatkan data
  2. Sebuah komputer/Laptop siap pakai dengan sistem operasi Windows 2000/XP/2003/Vista/7 (direkomendasikan Windows 7).
  3. Sudah diinstalasi aplikasi ZARecovery (ZAR) for Windows 2000/XP/2003/Vista/7.Aplikasi ZARecovery versi 9.2 ini bisa didownload dari situs dibawah ini:
    http://www.z-a-recovery.com/download.htm
    atau klik
  4. Sudah disiapkan memory card rusak agar kondisinya baik, tidak basah dan slot bersih dari debu
  5. Terakhir, berdoa kepada Tuhan YME, semoga proses penyelamatan data-data penting dari kartu memori rusak ini berjalan dengan lancar dan berhasil.

Selanjutnya langkah-langkah cara menyelamatkan data dari memory card yang rusak/error parah adalah:

  1. Buka aplikasi Windows Explorer dan selanjutnya pasang USB Card Reader dan colok ke USB laptop/pc Anda. Tunggu Windows 7 anda otomatis mendeteksi/install perangkat USB Card Reader anda hingga selesai. Windows anda nanti akan mendeteksi dan membuat sebuah drive baru (Removable Disk). Contohnya drive F: seperti gambar dibawah ini:
    drive baru F removable disk
  2. Selanjutnya masukkan kartu memori yang rusak ke slot USB Card Reader, jika anda beruntung maka pada jendela Windows, Explorer akan tampil seperti gambar dibawah ini (ingat langkah selanjutnya jangan klik “Format Disk”, biarkan saja)memori card rusak dimasukkan ke card reader
  3. Pastikan, aplikasi ZARecovery sudah diinstalasi di Windows Anda, selanjutnya jalankan aplikasi ini yang akan tampil seperti gambar dibawah ini.aplikasi zarecovery 9.2
  4. Dari gambar diatas, ada teks bertuliskan “Select the recovery type” dibawahnya ada tombol bertulis Image Recovery (Free), kliklah tombol “Image Recovery (Free)” tersebut dan selanjutnya tampil jendela dibawah ini.
    Image Recovery (Free)Ada pilihan “Select a device or a partition to scan”, berarti anda harus memilih partisi/disk mana yang akan discan. Jadi langkah selanjutnya nanti Anda harus pilih/klik “USB Mass Storage Device” karena ini adalah disk/partisi dari kartu memori anda yang rusak (pada gambar ukuran 1951 MB berarti memori rusak tersebut adalah 2GB).
    Catatan: Kadang-kadang ukurannya tidak sesuai dengan label kartu memori, tapi tetap proses bisa anda teruskan. Langkah selanjutnya anda klik Next >> untuk melangkah ke proses selanjutnya.
    Image Recovery (Free)
  5. Dari gambar diatas, terlihat aplikasi ZAR lagi menganalisa volume disk, tiap-tiap blok disk untuk mencari semua data dan file hilang di kartu memori rusak anda, nah tunggulah proses ini hingga selesai.OK. Selesai. Selanjutnya akan ditampilkan jendela dibawah ini yang meminta anda memilih file-file mana yang ingin diselamatkan. klik ROOT untuk memilih semua file.
    Image Recovery (Free)
    Seperti gambar dibawah ini, file-file yang ditampilkan sudah ditandai semua dan selanjutnya Anda klik Next untuk melangkah ke jendela berikutnya.
    Image Recovery (Free)
    Selanjutnya tampil jendela “File copy settings” dibawah ini:
    Image Recovery (Free)
    Masukkan drive atau juga sekaligus direktori di kotak dibawah ini:
    Image Recovery (Free)
    Misalnya jika ingin menyimpannya ke drive D: seperti gambar dibawah ini:
    Image Recovery (Free)
    Setelah dikotak diisi ( D: ), selanjutnya klik Start copying the selected files untuk melakukan proses penyelamatan data-data file ke drive D:
    Image Recovery (Free)
    Tunggulah hingga proses penyelamatan data selesai…
    Image Recovery (Free)Setelah proses penyelamatan data selesai klik Exit untuk keluar, dan silahkan dicek lagi di explorer apa file-file foto yang diselamatkan sudah tersimpan aman (biasanya tersimpan folder ROOT seperti gambar dibawah ini):

    Image Recovery (Free)

    Catatan: biasanya ada beberapa gambar yang sedikit rusak dan hal itu wajar. Seperti salah satu contoh foto dibawah ini.
    Image Recovery (Free)

Ok, selesai. Saran:
- langkah selanjutnya yang terpenting simpanlah/backup lagi semua file-file gambar yang tadi berhasil diselamatkan ke perangkat penyimpanan lain, seperti harddisk eksternal, flashdisk dll.
- Buat jaga-jaga agar hal ini tidak terulang lagi, jangan lupa untuk membuat salinan data/foto-foto baru dari kartu-kartu memori card Anda saat mumpung masih baik, maksimal sebulan sekali. Nah, itulah tips serta pengalaman singkat saya saat menyelamatkan data-data penting dari memory card (memori stick pro 2) yang rusak dan tidak bisa terdeteksi.
Semoga trik dan tips ini berguna bagi sobat.

Catatan:
- Aplikasi ZARecovery versi trial ini hanya bisa digunakan untuk menyelamatkan file tipe photo (.png/jpg). Jika ingin merecover file tipe lain seperti: exe, zip, dll harus membeli versi pronya.
- jika kartu memori rusak anda, data-data file photonya masih belum bisa diselamatkan melalui tips ini berarti bersiap-siaplah untuk membuang kartu memori rusak tersebut ke tong sampah atau terserah lo mau diapain. 



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Friday tanggal 2 August 2013 jam 11.27 di kategori Tips Aplikasi Windows, Tips Windows. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

12 Komentar di “Tips: Cara menyelamatkan data/foto dari kartu memory card error/rusak parah di Windows”

  1. fendi mochso mengirim komentar:

    terima kasih atas informasinya yang sangat membantu


  2. peter mengirim komentar:

    Mantap Bro…
    sangat membantu


  3. 4ori mengirim komentar:

    makasih banyak infonya.. sangat membantu :-D


  4. resky mengirim komentar:

    makasi infonya………. good.
    tapi pas tengah proses kok muncul UNABLE TO CONTINUE there seems to be no files on volume processing program will now terminate not a bug – data is probably beyon repair , or something is misconfigured


  5. ichwan mengirim komentar:

    Artikelnya belum membantu,soalnya memori card tidak terbaca


  6. biarcool mengirim komentar:

    memori cardnya sudah rusak parah tuh..
    semoga cepat dapat gantinya yang baru.. :)


  7. Cara Mendapatkan Gems COC Gratis mengirim komentar:

    @ichwan: bener tuh kata admin biarcool… namanya juga berusaha menyelamatkan data, ya bisa saja gagal. Silahkan dicoba pakai aplikasi lain atau lakukan di laptop atau card reader yang lain.
    Tapi ya itu, jangan berharap lebih dulu. Jika memang kondisi memory card kita sudah terlalu amat sangat parah ya tidak bisa. Butuh lebih dari sekedar software recovery yang ampuh, tapi juga keberuntungan. hehehe… salam


  8. Karin mengirim komentar:

    halo mau tanya, koneksiin ke komputernya harus pakai card reader ya baru bisa kebaca buat kasus mermory card ga bisa di deteksi lagi sama laptop?
    soalnya kalo pake adapter memory cardnya juga ga kebaca sih :(
    makasihhh, ditunggu responsnyaaa


  9. Adit GB mengirim komentar:

    @karin: kayanya laptop elu rusak parah sistemnya, Windowsnya harus diinstal ulang kalau masih gak bisa deteksi Ekternal Card Reader…
    Itu pengalaman gw..


  10. dewayani mengirim komentar:

    makasih banyak gan, luar biasaaaa…!!


  11. deliveryayam bebekmalang mengirim komentar:

    makasih infonya gan…
    mau benerin memory di hape xiomi ane…

    semoga berhasil…


  12. terima kasih banyak gan mengirim komentar:

    makasih gan