Listen to computer audio sound from android smartphone wirelesslyApakah speaker komputer atau laptop anda bersuara sangat berisik atau soak bunyinya? Nah mungkin inilah cara alternatif paling cerdas. Yaitu menggunakan hp smartphone Android anda sebagai speaker PC tanpa kabel (melalui jaringan wireless).

Mungkin perangkat ponsel Android mu memiliki speaker yang luar biasa, atau anda ingin memutar audio dari PC/laptop dan mendengarkannya melalui headset ponsel pintar anda. Entah itu dari aplikasi Winamp, Windows Media Player, Spotify, VLC Media Player dan lain-lain.

Nah, ada beberapa aplikasi Android yang bisa mengatur fungsi ini antara lain Airfoil Speakers dan WiFi Speaker namun salah satu aplikasi yang paling mudah adalah SoundWire. Dengan aplikasi Soundwire kita tidak memerlukan kabel apa pun, asalkan perangkat komputer dan ponsel Android anda tersambung di jaringan Wifi yg sama.

Aplikasi Soundwire ini gratis namun di postingan kali ini admin menyediakan cadangan apk versi lengkap aplikasi ini. “Versi gratis dari aplikasi mengidentifikasi dirinya dengan suara setiap 45 menit dan menampilkan iklan. Ada percobaan kompresi 10 menit dalam versi gratis. Versi lengkap memungkinkan kompresi audio Opus tak terbatas, dapat menangani beberapa klien (hingga 10 koneksi), dan tidak memiliki iklan atau identifikasi suara. Ia juga memiliki Pro Mode khusus untuk mengatur dan menampilkan latensi buffer secara tepat dalam milidetik.


Berikut langkah-langkah cara menggunakan ponsel smartphone Android sebagai Speaker PC

Langkah pertama

Unduh dan instal SoundWire Server di PC anda, sesuaikanlah dengan jenis perangkat komputermu! Apakah Windows atau Linux atau Raspberry?


win10

Windows 7/8/10 version
(2.5)


winxp

Windows XP version
(2.5)


linux64

Linux 64-bit
(2.1.2)


linux64

Linux 32-bit
(2.1.2)


Raspberry

Raspberry Pi
(2.1.2)

Lalu install juga Soundwire Client ke perangkat tablet atau hp Android mu (versi lengkap ada di sini).

Langkah Dua

Jalankan kedua aplikasi Soundwire Android dan Soundwire Server desktop dan nyalakan Wi-Fi, keduanya harus tersambung/berada di jaringan WLAN yang sama. Hebatnya kedua aplikasi ini secara otomatis akan saling sinkron dan mendeteksi satu sama lain antara aplikasi server dan aplikasi client. Jadi seharusnya kedua aplikasi ini mereka sudah langsung tersambung sekarang secara auto. OK Selesai.. Tampaknya mudah kan!
Nah sekarang anda sudah bisa mulai memainkan musik atau audio yang ingin didengarkan dari speaker hp Android kepunyaanmu. Silahkan di-mute perangkat komputer anda, dan dengarkanlah audio yang keluar di ponsel Androidmu. Aplikasi Soundwire akan menyesuaikan level volume berdasarkan jendela master kontrol dalam aplikasi SoundWire Server.

soundwire server desktop pc connected to android

soundwire client android connected to pc

Tapi jika masih ada kendala/masalah Disconected, untuk menyambung secara manual, dari hp android bisa ketik sendiri alamat IP Address komputer pada Auto Locate yang sesuai.

Alamat IP address komputer tersebut bisa dilihat dari jendela panel kontrol aplikasi Soundwire Server di komputer, kemudian klik Bingkai Kotak berlogo Soundwire yang terletak diatas tulisan alamat ip address di perangkat Android

Soundwire-server aplikasi windows

Langkah ketiga (Setelan Pengaturan -> Soundwire Server)

Untuk mengatur sumber audio pilihan dari pc bisa dilakukan melalui jendela aplikasi SoundWire Server di PC Anda dan disitu bisa dipilih sumber audio yang dinginkan. Secara default pilihannya yaitu Default . Untuk Windows 7/8/10 ‘perangkat multimedia default’ dipilih sementara pengguna XP dipilih ‘mix stereo’ atau ‘wave out mix’. Sobat bisa mengubah sendiri sumber audio misalnya Microphone. Jika dipilih maka secara otomatis Mic pc anda akan aktif dan mendengarkan apa saja disekitarnya. pengguna Linux bisa mengikuti petunjuk pengaturan diinginkan yang terdapat dalam file README.

choose audio source soundwire server

Ada satu hal kelebihan yang dimiliki aplikasi Soundwire Server ini yaitu adanya fitur Audio Recorder. Pengguna bisa merekam audio di PC baik dari Speaker ataupun Microphone. Format audio yang bisa dipilih pengguna yaitu MP3 dan WAV. Serta pengguna bisa mengatur sendiri besarnya kualitas audio bitrate (format MP3) dari 64 kbps -> hingga 320 kbps.

Langkah Empat (Setelan Pengaturan -> Soundwire Client)

Terdapat pengaturan yang lengkap di aplikasi Soundwire Client, untuk mengaksesnya silahkan tap tiga tanda titik di pojok kanan atas pada aplikasi Soundwire atau bisa klik tombol (Menu) di perangkat Android. Pengaturan yang muncul antara lain: Equalizer dan Setting. Untuk mengatur efek suara pengguna bisa memilih menu Equalizer, sedangkan pengaturan lainnya silahkan memilih Settings. Pada pengaturan Settings pengguna bisa mengatur sendiri besar buffer audio, compression, latensi untuk meningkat performa audio yang ingin didengarkan. Hal ini sebaiknya dilakukan jika koneksi wifi-nya kurang maksimal sehingga hasil audio yang terdengar kurang baik alias patah-patah.

Tips terakhir sobat bisa mencoba set pengaturan berikut ini agar performa audio dan aplikasi bisa berjalan maksimal di ponsel android kesayangan anda.
Audio Buffer size: 234 (atau lebih). Audio Compression diaktifkan. Compression bitrate atur ke 20 / 64 (jika koneksi payah). Connect on start diaktifkan. Auto reconnect diaktifkan. Auto reconnect on settings diaktifkan. Enter alpha server name diaktifkan. Disable notification sounds diaktifkan. Enable Pro Mode diaktifkan.

android soundwire app settings

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Thursday tanggal 3 December 2015 jam 18.41 di kategori Tips Android, Tips Aplikasi Android, Tips Aplikasi Windows, Tips Windows.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips: Cara mengubah HP Android menjadi speaker PC (headset laptop). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.