Tips Cara menghitung nilai tahanan Resistor komponen elektronika berdasarkan kode warna coklat, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, abu-abu, putih, emas, perakSelamat Thursday malam, sobat!

Resistor adalah komponen elektronik yang bersifat menghambat arus listrik dan sering digunakan secara luas di papan sirkuit peralatan elektronik. Komponen yang bersifat pasif (tidak membutuhkan arus listrik untuk bekerja) ini nilai besaran hambatannya dituliskan dalam satuan ohm dengan simbol Ω.

Resistor ditemukan oleh George Simon Ohm ahli fisikawan Jerman di tahun 1827, ia menemukan hubungan antara hambatan (R/ohm), tegangan (V/Volt), dan arus listrik (I/Ampere) yang dirumuskan dalam hukum Ohm (V = I.R).
Kegunaan Resistor dalam rangkaian elektronika antara lain: penghambat arus listrik, pembagi tegangan, pengaman arus berlebih, pembagi arus dan lain-lain.

Pada dasarnya, resistor terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Resistor Tetap/Fixed Resistor . Resistor jenis ini mempunyai nilai hambatan tetap. Komponen resistor ini bermacam-macam bentuk dan bahannya, biasanya terbuat dari film karbon, film metal, keramik/porselin, adapula dari kawat atau panduan logam, dan

  • Resistor Tidak Tetap/Variable Resistor. Resistor jenis ini nilai tahanannya dapat berubah atau dapat diubah. Resistor jenis ini antara lain: potensiometer, trimpot, thermal resistor, dan photo resistor.

Umumnya resistor yang banyak digunakan sebagai bahan praktek pelajaran Fisika di sekolah adalah jenis Resistor Film Karbon umumnya dengan 4 gelang warna. Setiap siswa akan disuruh menghitung nilai ketahanan dan toleransi suatu komponen Resistor berdasarkan kode warna di pita-pita gelangnya.

Kalau lupa atau tidak tahu kode warna Resistor-nya, silahkan dilihat melalui tabel. Atau silahkan menggunakan halaman web ini untuk mencari nilai tahanan (Ω/ohm) dan nilai toleransi (%) pada resistor. (Ket: 1 M Ω= 1000 K Ω, 1 K Ω = 1000 Ω)

Nah. Demikianlah artikel tips singkat ini mengenai cara menentukan nilai resistansi komponen Resistor tetap berdasarkan dari kode warnanya. Semoga bermanfaat.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Thursday tanggal 3 December 2015 jam 18.25 di kategori Tips Elektronika. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.