tips sehat agar tidak mabuk mabok muntah di dalam mobil dalam perjalanan daratSelamat Thursday dini hari sobat! Apa kabarnya anda dan keluarga di bulan November 2018 ini! Ngaku gak! Disaat liburan jauh apa masih ada diantara kalian yang pernah mabuk darat bahkan muntah di mobil dalam perjalanan. Ya, benar, Mabuk darat atau juga muntah akibat pusing mual dalam kendaraan menjadi sebuah hal tak menyenangkan ketika anda sekeluarga melakukan perjalanan jauh. Nah, mabuk perjalanan darat atau istilahnya Motion Sickness, bukanlah penyakit tetapi merupakan suatu kondisi gangguan fisiologis sesaat yang diakibatkan, antara lain;

  • terganggunya sistem keseimbangan tubuh akibat adanya ketidaksesuaian penerimaan saraf sensorik antara mata dan rongga telinga bagian dalam (sistem vestibular) yang mengirimkan perintah bertentangan ke otak
  • bisa pula diakibatkan faktor percernaan, seperti mengonsumsi asupan makanan yang kurang sehat bisa menyebabkan perut mulas. Tapi tentunya sebelum berangkat, perut wajib harus diisi dengan sarapan bergizi agar tetap fit dan sehat saat diperjalanan. Namun, ada beberapa macam makanan yang perlu dihindari sebelum berangkat yaitu makanan berminyak, gorengan atau pedas.
  • bisa pula disebabkan bau-bauan parfum yang menyengat, yang menyebabkan pusing dan indra penciuman terganggu.
  • dan lain-lain.

Umumnya mabuk darat ini biasanya dialami oleh anak-anak balita, wanita, namun tak jarang pula terjadi pada seorang pria dewasa hingga menyebabkan momok, malu bahkan trauma berkepanjangan.. hehe.. Namun, biasanya seseorang yang sering terbiasa bepergian jauh lambat laun ia akan kebal sendiri dari gejala-gejala mabuk darat.

Gejala-gejala seseorang akan mabuk darat di perjalanan 

  • Pusing, pening atau sakit kepala
  • Mata lelah dan berkunang-kunang
  • Rasa perut masuk angin, mual serta bersendawa ingin muntah
  • Kadang bisa disertai rasa sakit perut mengocok-ngocok hebat
  • Susah bernafas dan bau aroma sekitar terasa menyengat
  • Meriang disertai keringat dingin pula

Dan penderita akhirnya tak tahan lagi ia lalu muntah bahkan sampai berkali-kali hingga menyebabkan tubuhnya lemas.

Nah, lantas apa cara paling tepat yang harus dilakukan untuk meredakan gejala mabuk perjalanan ini? Jawabannya paling manjur adalah Obat Anti Mabuk (waktu tepat meminumnya adalah sejam atau lebih sebelum melakukan obat anti mabuk antimo rasa jeruk sirupperjalanan, atau dapat pula diminum saat gejala awal mabuk (pusing) mulai terasa dan penderita dianjurkan memejamkan mata setelah meminumnya agar cepat tertidur. Jika penderita/anak-anak tidak menyukai menelan obat pil antimabuknya yang pahit bisa mencoba meminum obat antimabuk versi sirupnya, yang kini banyak tersedia di toko obat dengan rasa stroberi atau jeruk.)

Selain itu, dibawah ini ada pula beberapa tips-tips terbaik mengatasi mabuk perjalanan tanpa obat antara lain:

  1. Sebaiknya penderita yang gampang mabuk duduk di posisi tepat dalam kendaraan misalnya di kursi paling depan (samping supir). Yaitu posisi tempat duduk dimana penglihatan dan pergerakan bisa sama-sama dirasakan oleh mata dan tubuh, agar posisi pandangan mata selalu tertuju ke depan, dan terhindar melakukan aktivitas melelahkan mata seperti melihat ke jendela samping (memperhatikan objek benda benda bergerak cepat seperti pepohonan, tiang dan kabel listrik telepon yang bergelantungan).
  2. buah buahan segar pir dan apelPerbanyaklah makan buah-buahan segar berair yang kaya serat untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit dan bertenaga selama dalam perjalanan, misalnya buah pir, semangka dan apel.
  3. Jika penderita memang tidak menyukai bau-bauan parfum atau AC di mobil sebaiknya jendela mobilnya dibuka agar sirkulasi udara segar bisa masuk sekaligus menghilangkan panas, bau menyengat serta udara kotor didalam. (Sebaiknya pastikan udara di jalanan di luar lebih bersih /tidak kotor, serta menjauhi kendaraan didepan dengan asap pembuangan gas jelek seperti truk). Cara begini pula juga efektif menghilangkan bau bom alias kentut dalam kendaraan.
  4. Jika penderita mengalami gejala mata lelah, sebaik tidur berpejam mata saja selama diperjalanan sambil duduk kepala bersandar lemas. Bila susah untuk tertidur, tetaplah berpejam, karena bila dipaksakan melihat sesuatu pasti ia akan cepat hanyut dan pusing. Janganlah dipaksakan tidur (biarkan anda tertidur sendiri).
  5. hilangkan jenuh sekaligus stress dalam mobil dengan musik lagu headphoneSambil relaks/santai menghilangkan jenuh dan pening di perjalanan, cobalah berpejam mata sambil mendengarkan alunan musik slow dari headsheet HP/Tablet/Ipad pribadi anda. Sebaiknya pilih lagu atau musik bernuansa lembut (pop, dangdut atau klasik) pokoknya terserah yang penting bisa membuat si rentan mabuk tertidur.
  6. Daya tahan sendiri semua orang terhadap guncangan dan kecepatan berbeda-beda….. apalagi jika sistem suspensi mobil buruk ditambah terlalu kencangnya mobil di jalanan, apalagi saat mobil rem mendadak atau laju menikung tajam atau melompat dijalan, hingga membuat muncul rasa mual.. Nah, untuk mengatasinya segeralah berpejam sambil teruslah bersandar seperti nomor 5 di atas, terus biarkan rileks, dan paksakan otak untuk tertidur, jika tidak tertidur, cobalah berlamun sambil berpejam membayangkan yang indah-indah selama perjalanan atau cara yang paling ampuh marahin saja sopirnya, suruh istirahat stop sebentar di pinggir jalan atau singgah ngopi di warung! Tapi pelan-pelan bentaknya Hehehe…
  7. Terakhir, silahkan menggunakan bermacam metode lainnya untuk mengatasi mabuk seperti memakai balsem, jamu anti masuk angin, ramuan antimabuk, memakan permen cemilan gula, dll.

Trima kasihnya sebelumnya untuk para pengunjung yang sudah memberi saran, komentar atau tips lainnya yang juga manjur dalam mencegah mabuk & muntah di perjalanan, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kesehatan kita semua, selamat melakukan perjalanan, semoga tidak muntah lagi sampai tujuan, Wassalam.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Wednesday tanggal 13 August 2014 jam 14.46 di kategori Tips Gaya Hidup, Tips Kesehatan.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips Kesehatan: Cara mengatasi mabuk darat agar tidak muntah di mobil dalam perjalanan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.