Tips: Cara memilih/mengecek telur ayam yang segar, baik, tidak busuk saat membeli

cara pilih membeli telur segar baik tidak busukTelur ayam, salah satu sumber proteinnya yang cukup tinggi, bermanfaat baik sekali untuk pertumbuhan anak-anak, remaja, dan juga kesehatan vital orang dewasa. Telur sangat mudah dimasak, namun yang membuat kesal, saat hendak mencampurkan telor-telor ke dalam adonan, ternyata ada salah satu telurnya yang busuk masuk ke bahan campuran itu, maka rusaklah semua bahan makanannya karena beraroma bau busuk.

Memang ketidaksengajaan mendapatkan salah satu telor busuk merupakan faktor luck, sangat jarang, kemungkinannya 1 berbanding 200.  Nah, langsung saja berikut ini tips-tips cara memilih telor yang baik & segar agar terhindar dari mendapatkan telor busuk.

MENGGUNAKAN CAHAYA LAMPU: jika bayangan bagian dalam telur terlihat kuning terang/cerah berarti kondisi telur masih baik, tapi jika terlihat bayangan gelap berarti telur sudah tidak dalam kondisi baik alias busuk.
cek telur dengan cahaya lampuJadi, waktu paling tepat membeli telor yaitu di malam hari, dengan cahaya lampu (bohlam) anda bisa mengecek sendiri telur-telur yang akan anda beli. Selain lampu, bisa bawa senter, atau dengan cahaya matahari jika beli disiang hari.
Nah, ingat saat mengecek kualitas telur, tentunya posisi memegang telur adalah menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, dan posisi telur diarahkan ke cahaya lampu.

MERABA CANGKANG/KULIT TELUR:  Jika kulitnya bersih, tidak retak, masih terasa butir-butiran kecil agak kasar saat disentuh berarti telur masih baik & segar, tapi jika telurnya terasa licin dan terlihat mengkilap berarti telur sudah agak lama.

Namun hal ini bukanlah jaminan, karena telur-telur mahal dijual di supermarket pasti sebelumnya sudah dicuci agar terlihat lebih bersih. Tentu saja pencucian ini mengikis butiran-butiran dari kulit ari cangkang telur tersebut. Namun berhati-hatilah dengan telor yang fisik agak kotor kemungkinan membawa bakteri pembusukan dari peternakan. 

MEMBANDINGKAN BERAT TELUR: Ambilah 2 telor yang ukurannya sama, rasakan masing-masing ditangan Anda, nah jika ada terasa ada perbedaan mencolok berat antara keduanya, kemungkinannya yang lebih ringan hampir 100% sudah mengalami proses pembusukan.

Memang umumnya ukuran telor yang hampir sama, berat (dan harga) nya pun rata-rata hampir sama, namun tetap  berhati-hatilah dalam memilih, karena jika ada salah satu telor yang busuk masuk ke dalam masakan anda, itu adalah kesalahan tangan anda.

MENGGUNCANG TELOR: Telor yang baik saat diguncang tidak terasa, dan tidak mengeluarkan suara, sedangkan yang busuk saat diguncang agak terasa sesuatu didalamnya.

Telor yang baik antara putih dan kuning telur masih terpisah dalam kondisi baik, dibandingkan putih telur yang sudah rusak/sudah lama. Telur rusak sel kuning dan putihnya mengering hingga memiliki rongga udara lebih luas didalamnya.

MERENDAM TELUR DALAM AIR (SETELAH TERLANJUR DIBELI): Jangan lupa merendam telor dalam air setelah membeli, saat direndam, telor yang masih baik akan tenggelam hingga ke dasar, sedangkan yang busuk akan mengapung.
Direndam dalam wadah air, cara ini cukup akurat untuk mengetahui telur busuk dan tidak. Telur yang mengambang berarti kondisinya sudah busuk (alias tidak baik), tetapi telur yang baik akan tenggelam, mengapa? Karena telor busuk isinya sudah mengering hingga terdapat rongga udara didalamnya sehingga akan mengapung di wadah air.

Nah, itulah beberapa tips cara memilih telur yang baik dan segar, semoga bisa membantu anda merasa nyaman dalam mengelola isi dapur rumah anda. Wassalam.