logo konsole psone atau ps1 atau psxPS one (PS1) alias PSX, dulu sekali pernah berjaya sebagai rajanya konsole game dan CD-nya laris dijual bahkan dibajak. Nah sekarang PS1 sudah dimuseumkan alias tidak diproduksi lagi beserta CD-CD gamenya. PS-one digantikan oleh generasi konsole PS selanjutnya, yaitu PS2, lalu PS3, lalu PS4, dan PS seterusnya.  Nah, jika sobat kangen ingin bernostalgia kembali dengan permainan Game PS one, caranya mudah dan gampang, tak perlu lagi beli CD dan konsole-nya, cukup langsung dimainkan dari komputer PC/Laptopmu tapi melalui sebuah aplikasi PS Emulator yaitu ePSXe. Emulator PS one gratis ini paling terbaik dan lebih populer dibanding semua emulator PS1 lainnya.  Selain mendukung Windows dan Linux, untuk bermain game PS1 tak perlu pakai CD lagi tapi pakai file .iso yaitu CD Image  (berupa file .iso atau .7z)  dimana di internet banyak sekali situs yang menyediakan koleksi game rom PSX untuk aplikasi ePSXe. Nah, langsung saja berikut ini Tips cara memainkan game PS one di Windows dengan emulator ePSXe :

•  Pertama-tama, download ePSXe yang bisa didownload melalui website sumbernya dibawah ini:

           http://www.epsxe.com/download.php

atau bisa download filenya langsung dibawah ini

          http://www.epsxe.com/files/ePSXe190.zip

dan selanjutnya klik dan ektrak isi  file ePSXe.zip ke folder di PC anda. Contohnya drive: C.

•  Selanjutnya untuk menjalankan aplikasi ini, klik file “ePSXe.exe” (ikon aplikasinya bergambar joystick)

Nah, selanjutnya anda harus menyetel konfigurasinya ePSXe melalui menu Config, seperti gambar di bawah ini

•  Di menu Config, ada berbagai konfigurasi yang harus disetel. Antara lain

  1. Wizard Guide, fungsinya untuk mengatur konfigurasi aplikasi secara berurutan semi-otomatis agar bisa memainkan game PS one dengan sempurna. yaitu mulai dari setting Video, Sound, CD-Rom, Bios, Netplay, Memory, dan Game Pad (kontrol game). Tapi jika ingin mengatur konfigrasi secara manual,  bisa lihat caranya di bawah ini, yaitu
  2. Video, menu ini untuk mengatur tampilan dan kualitas video dalam permainan. Anda bisa memilih bermacam plugin video. Bisa pilih plugin yang mengatur rendering game secara hardware (GPU), dengan driver D3D/OpenGl atau rendering secara software. Sebaiknya pilih 3D/OpenGl, seperti Pete D3D, tapi yakin CPU prosessormu cukup kencang diatas 1Ghz boleh memilih Pete Soft Driver   
  3. Audio, menu untuk mengatur kualitas suara di permainan, semua pilihan plugin Audio cukup baik, sobat bisa memilih plugin ePSXe SPU core.
  4. CD Rom, menu untuk mengatur konfigurasi plugin CD Rom. Sobat boleh pilih! ingin main game pakai CD atau pakai file .iso! Jika masih ada punya koleksi CD game PS one, bisa coba plugin CDR ASPI/WINNT/etc, tapi jika ingin menjaga optik CD Room tetap awet sebaiknya memilih plufig .iso image seperti contoh CD Disk Image Driver. Nah, banyak sekali situs-situs yang menyediakan koleksi game PSX/PS one yaitu ROM IMAGE (file download dengan berektensi .iso/.7z) antara lain:
    1. http://www.freeroms.com/psx.htm
    2. http://coolrom.com/roms/psx/
    3. http://romhustler.net/roms/psx
    4. http://www.emuparadise.me/roms/psx/
    5. http://www.doperoms.com/roms/Sony_Playstation_Psx.html (bahasa Indonesia)
    6. dan lain-lain (belum puas cari sendiri di google)

  5. Bios. Menu ini untuk mengatur konfigurasi BIOS PS one, cukup singkat yaitu memilih salah satu file  BIOS yang cocok, direkomendasikan download file bios SCPH1001.BIN, dan selanjutnya klik next. Konfigurasi BIOS selesai. Contohnya gambar dibawah ini (file BIOS diletakkan di folder BIOS dimana aplikasi ePSXe diinstall:
  6. Memory card, menu ini untuk mengatur konfigurasi memory card (kartu memori virtual), dimana semua permainan PS one biasanya memerlukan minimal 1 slot memory card untuk menjalankan dan menyimpan konfigurasi game. Untuk menyetelnya klik Config –> Memory Card –> Select untuk memilih file kartu memori dan lalu OK.  Kita bisa menghapus dan mengkopi antar memory card dan sama seperti di PS aslinya yaitu melalui booting BIOS awalnya.
  7. Game Pad, menu ini untuk mengatur konfigurasi kontrol/pengendali permainan, sobat memilih setting default memakai tombol keyboard atau bisa menggunakan perangkat Joystick untuk PC (pasti ada dijual di toko komputer)

    Secara default tombol keyboard untuk bermain PSX yaitu tombol navigasi atas, bawah, kiri, kanan untuk bergerak, sedangkan tombol D, X, Z, S sebagai tombol tembak, loncat, dan lain-lain. Tapi bisa diubah sesuai seleramu misalnya semua diganti tombol-tombol Joystick USB untuk PC. Juga ada settingan untuk getar (analog) .

Nah, itulah Tips cara memainkan game PS one di Windows dengan emulator ePSXe, semoga bermanfaat buat sobat gamer! Selamat bermain!

Wizard Guide



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Saturday tanggal 31 August 2013 jam 21.55 di kategori Tips Aplikasi Windows, Tips Komputer, Tips Windows. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.