Tips: Cara cepat mentransfer file antara Android dan PC laptop melalui Wifi/Browser

Tips Cara cepat mentransfer download upload file antara Android dan PC laptop melalui jaringan Wifi dan web browser Selamat Minggu pagi, notebook user! Tahukah cara cepat mentransfer file antara perangkat Androidmu dengan PC laptop? Caranya yang gampang adalah melalui jaringan wireless WiFi dan browser. Pakai Wireless, mengapa tak pakai kabel USB? Tentu saja wireless memiliki banyak kelebihan seperti proses transfer lebih cepat, tak perlu repot menginstal driver kabel, dll.
Ya cukup sambungkan kedua perangkat (komputer PC dan Android) ke jaringan WiFi Hotspot yang sama, maka kamu bisa mengakses, mentransfer atau mengupload sekumpulan file dari pc laptop ke media penyimpanan di smartphone/tabletmu,
atau sebaliknya kau bisa mengkopi atau mendownload file-file dari perangkat androidmu seperti apk (aplikasi), mp3 (musik audio), jpg (file gambar), dll… ke harddisk komputermu cukup melalui Firefox, Opera, Google Chrome atau web browser favorit lainnya di PC laptop.
Disamping itu pula, kau bisa melakukan beberapa tugas file manager, seperti: menghapus, rename file, atau pun membuat folder baru pada ponsel Androidmu, semuanya bisa dikendalikan secara nirkabel melalui keyboard + mouse pada perangkat komputer.
Syarat utama yang dibutuhkan adalah menginstal aplikasi ini di perangkat Androidmu, yaitu Wifi Transfer Pro.

WiFi File Transfer Pro – (by smarterDroid/perlu Android 2.1 dan lebih tinggi)

undefined

Tips menggunakan aplikasi WIFI Transfer Pro

  1. Silahkan unduh lalu install dulu aplikasi Wifi File Transfer.
    Link download bagi pengunjung pengguna Android bisa ditemukan dengan mengklik gambar logo “Google Play” diatas.
  2. Siapkan modem router wifi anda. Atau cara lebih murah, aktifkan fitur WiFi Hotspot dari perangkat android lainnya agar nantinya kedua perangkat pc laptop dan android bisa terhubungkan melalui jaringan WLAn tsb. Jaringan sebaiknya diproteksi dengan password agar aman, maka pastikan mengetikkan password wifi yang benar saat kedua perangkat dihubungkan ke jaringan.
  3. Nah, aktifkan fitur Wireless LAN di android agar bisa dikoneksikan ke jaringan “WiFi Hotspot”. Begitu juga PC laptop sambungkan ke jaringan tsb juga. Keduanya harus terhubungkan ke jaringan WLAN yang sama. cara kerja aplikasi wifi transfer pro koneksi antara 2 perangkat laptop dan smartphone via wifi thetering android
  4. Selanjutnya, bukalah aplikasi “Wifi File Transfer”.
  5. Lalu Kliklah “Start”, maka aplikasi akan menampilkan jendela yang menerangkan alamat IP yang harus digunakan untuk mengakses perangkat android melalui browser di PC laptopmu (misalnya: 192.168.43.162:1234″ dan tekan “OK”)
  6. Catat atau ingatlah alamat IP yang tercantum di aplikasi Android
  7. Bukalah browser (Mozilla Firefox/etcc) di pc laptop, lalu ketikkan alamat IP yang tercantum tadi di aplikasi “Wifi File Transfer pro” android.
  8. Selanjutnya akan ditampilkan file manager di browser yaitu semua daftar file dan folder yang terdapat kartu SD dan penyimpan di android.
  9. Didaftar tersebut juga ada beberapa link yang bisa digunakan untuk pengoperasian file, seperti copy, rename, download, dll
  10. Untuk mengunduh salah satu file dari perangkat android ke laptop PC, klik copy paste link dari salah satu file ke download manager atau cukup mengkliknya agar bisa langsung diunduh browser, secara otomatis, file yang diunduh disimpan di lokasi folder default penyimpanan browser.
  11. Untuk mengupload file dari harddisk ke perangkat android mu, maka gunakanlah fitur upload yang letaknya berada pada sidebar (yaitu disisi kanan file manager di browser)
  12. Untuk mengupload sebuah atau beberapa file ke perangkat android, makan klik pada “Select Files” lalu pilihlah file yang ingin anda upload. Untuk menyeleksi beberapa file, tahanlah tombol “Ctrl” sambil mengklik satu per satu file yang dipilih.
  13. Jika sudah ok, kliklah “Start” untuk mengupload file.
  14. Setelah proses upload selesai, secara otomatis jendela folder di manager akan refresh sendiri, dan sobat akan melihat sejumlah file yang sudah diupload dari harddisk anda.

Ok, demikianlah tutorial kali ini cara mentransfer file antara PC laptop dan android melalui jaringan wifi dan browser. Mungki cukup banyak sekali aplikasi android sejenis Wifi File Transfer pro yang tersedia di google play store, namun jika dibandingkan hanya ini aplikasi paling direkomendasikan, karena kecil ukuran filenya, juga ringan sumber daya pemakaian CPU dan memori di sistem Android. Boleh saja tertarik mencoba beberapa aplikasi lainnya namun haruslah pintar-pintar memilih aplikasi, pilihlah aplikasi yang tidak didominasi iklan, kaya fitur, dan kompatibel dengan perangkat androidmu.
Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.