Tips Windows: Agar Win XP bisa menonton film mkv (file video) di Winamp free version

PhotobucketMedia Player Classic/Home Cinema, aplikasi media keluaran K-Lite ini paling direkomendasikan buat para user Windows, sebagai pemutar film spesial alias movie player, cocok bagi penggemar film yang suka nonton bioskop melalui slide proyektor atau layar LCD komputer. Tapi, jika anda ingin menikmati film di laptop secara saya, bisa coba menggantinya dengan sebuah aplikasi saja yaitu Winamp untuk memutar semuanya file bertipe video atau audio seperti MP3, Mp4, CD Audio, dll, termasuk juga untuk memutar file berformat .MKV (Matroska), .RMVB (RealMedia), .MOV (QuickTime), .OGM (Ogg Media File) atau .FLV (Flash Video dari Youtube)  yang secara default, Winamp versi gratis (free version) tidak bisa memainkannya.

Photobucket
OK, langsung berikut ini tips cara agar Windows XP anda bisa menonton file video berekstensi .mkv di Winamp:

  1. Langkah pertama, mendownload audio video codec yaitu K-Lite Mega Codec Pack (termasuk didalamnya Media Player Classic, RealMedia, QuickTime Alternative) melalui situs di bawah ini//www.codecguide.com/download_kl.htm
  2. Setelah menginstall aplikasi K-Lite Codec Pack, pastikan aplikassi media player lainnya seperti Windows Media Player bisa memutar file video dengan tipe .mkv.
  3. Langkah selanjutnya adalah menyetel konfigurasi di menu setting Winamp, klik  kanan di skin Winamp lalu klik Options – Preferences.  atau tekan Ctrl P.
    Photobucket
    Selanjutnya dibawah Plug-ins, klik  Input -  Nullsoft DirectShow Decoder dan lalu klik Configure seperti gambar dibawah ini:
  4. Photobucket

  5. Nah, secara default selanjutnya, muncul jendela “Nullsoft DirectShow Decode Configuration” seperti gambar dibawah ini.
    Photobucket

  6. Selanjutnya tambahkan ;MP4;MKV;MOV;RMVB;OGM;FLV  ke dalam kotak dialog “extension list”  dan jadinya seperti gambar dibawah ini:
    Photobucket
  7. Setelah ditambahkan, selanjutnya klik OK. dan Keluar.
  8. Finalnya, di Winamp cobalah buka sebuah file bertipe .MKV, .MP4, .RMVB, .MOV, .OGM atau .FLV. Seperti gambar dibawah sedang ditampilkan screening film dari file bertipe mkv yang lagi diputar di jendela video Winamp anda.

Selesai, sekarang Winamp menjadi satu-satunya aplikasi multimedia untuk mengatur semua file video & audio di Windows. Karena pemakaian resouce komputer yang rendah seperti memori dan CPU , itulah sebabnya saya lebih memilih Winamp? Sebuah aplikasi klasik yang simpel namun fiturnya komplit.

Catatan: Tips ini bekerja dengan lancar di Windows XP, sedangkan di Windows 7 ada sedikit masalah ada beberapa video dimainkan terlalu cepat, dan kadang sering hang.