Internet Tips Cara mengecek isi situs website apakah aman atau berbahaya seperti mengandung malware spamDunia maya alias internet yang sobat jelajahi kadang dipenuhi rintangan berbagai malware, spam virus, trojan, dan perangkat lunak berbahaya yang tersembunyi, maka berhatilah saat berkunjung ke sebuah situs tertentu, apalagi yang tidak dikenal, karena siapa tahu situs yang dikunjungi sangat berbahaya berisi berbagai macam link yang kemungkinan menyebabkan terunduh dan terinstallnya perangkat lunak malware yang berbahaya tanpa sepengetahuan pengguna komputer, selain pula juga menyebabkan browser komputermu juga turut terinfeksi, mendownload terus software malware/spyware/spamware yang tidak diinginkan yang ingin terus menerus kembali mengakses situs nakal tersebut berulangkali setiap membuka Browser Internet, dan kebanyakan cuma menginginkan agar iklan-iklan PPC (Pay Per Click) mereka terus diklik tanpa keinginan dan seizin pengguna.
Bahkan situs google.com (website mesin pencari seluruh dunia) serta baidu.com (search enghine populer asal China dengan produk Baidu Apps Store, Baidu PC Faster dan Baidu Antivirus) juga sudah didiagnosis Google sendiri pernah terbukti berisi malware berbahaya artinya situs ini bisa menginstall sendiri aplikasinya di komputermu tanpa sepengetahuanmu. Mungkin saja ini disebabkan oleh aktifitas subdomain google atau baidu yang dibuat/disalahgunakan para penggunanya. (mudah-mudahan situs website blog biarcool ini, tidak termasuk silahkan cek di tips dibawah ini, apakah situs ini masih aman atau tidak)
cek website aman atau berbahaya dengan Google Safebrowsing Diagnostic

Nah, jadi sebelum mengakses sebuah website, alangkah baiknya coba cek dahulu apakah situs tersebut aman atau tidak. Untuk mengecek sebuah situs aman atau tidak, pada tips kali ini akan mengulasnya secara gampang dan mudah Cara mengecek situs website apakah aman atau berbahaya (berisi malware/spam), yaitu menggunakan situs online cek keamanan pada sebuah website tertuju, apakah ia aman dikunjungi atau tidak, yaitu .

1) menggunakan Google Safebrowsing Diagnostic

Petunjuk penggunaan:

  • Buka browser Anda, sebagai contoh masukkan alamat URL dibawah ini
    http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=biarcool.info

    Ket: ganti biarcool.info dengan alamat website/DOMAIN yang ingin dicek keamananannya, contoh: alamatsitusyangdicek.blogspot.com

  • lalu tekan Enter, maka selanjutnya akan muncul hasil ceknya:

    HASIL CEK WEB BIARCOOL.INFO

    HASIL CEK WEB BAIDU.COM

2) menggunakan Securi.net

cek website aman atau berbahaya dengan Securi.net scan

Situs ini juga bisa mengecek sebuah situs berbahaya atau tidak. Mendiagnosa dan memberikan informasi secara lengkap perangkat lunak berbahaya malware dan script-script berbahaya yang terkandung didalam sebuah website.

Petunjuk penggunaan:

  • Buka browser Anda, lalu ketikkan alamat URL dibawah ini
    http://sucuri.net

  • Lalu, masukkan alamat dikotak isian misalnya: baidu.com
  • Lalu tekan Scan This Site
  • Lalu tunggu dan lihat hasil diagnosis webnya yang lengkap.

Selesai, nah itulah tips singkat dan mudah, cara mengecek apakah situs tujuan aman atau malah berbahaya. Semoga tips ini bermanfaat.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Monday tanggal 24 February 2014 jam 02.27 di kategori Tips Internet. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Sebuah Komentar di “Tips Internet: Cara mengecek isi situs website apakah aman atau berbahaya (mengandung malware/spam)”

  1. obat tradisional keputihan mengirim komentar:

    pembahasan yang bermanfaat