LIFESTYLE tips cara berfoto selfie dengan kamera ponsel agar potretnya berhasil baikTrend bergaya foto selfie memang sedang populer tahun 2018 ini, bukan hanya dilakukan oleh anak-anak muda (abg), remaja dan orang dewasa, bahkan orang tua manula pun seperti kakek nenek bisa ikut-ikutan mencobanya. Selfie alias kepanjangan dari Self Potrait, itulah sebutannya seseorang beraksi narsis memotret dirinya sendiri bak model tanpa dibantu fotografer, baik mereka yang menggunakan kamera handphone, smartphone, digital camera, webcame pc atau laptop, lalu kemudian menguploadnya untuk update status atau ganti foto profil di social media (Facebook, twitter, instagram dll).

Oleh sebab itu, pada tutorial gaya hidup dibahas kali ini tentunya adalah seputar tips berfoto selfie. Banyak sih blog-blog lain turut membahasnya, jadi biar tak ketinggalan penulis blog ini coba mengulasnya dengan judul menarik yang sedikit kembar yaitu:

Cara berfoto selfie dengan kamera ponsel agar hasil potretnya terbaik

Nah, berikut beberapa tips untuk mendapatkan hasil foto selfie yang lebih baik agar anda semakin percaya diri saat update status di social media, antara:

  1. cuci wajah biar segarCuci dan bersihkan wajah agar tampak lebih segar.
    Mengapa? Tentu saja agar kulit wajah kita lebih bersih serta menghilangkan minyak dan kotoran debu yang menempel dimuka. Dijamin hasil photonya tentu lebih baik khan daripada wajah seperti kusam berminyak atau seperti habis bangun dari tidur?
  2. Siapkan ekspresi wajah bebas sesukamu tapi yang penting tetap penuh percaya diri.
    Jangan ragu-ragu lagi mengekspresikan diri, walau di suasana keramaian, janganlah canggung, tersenyumlah buatlah rona wajahmu selalu ceria, tetap cool PD (percaya diri) agar hasil-hasil jepretannya jadi keren dan salah satu hasil fotonya menjadi terbaik.
  3. Sebaiknya, gunakanlah kamera ponsel bagian belakang karena resolusinya lebih tinggi.
    Jika ponselmu memiliki 2 kamera, agar hasil potretnya terbaik maka pilihlah kamera bagian belakang. Umumnya kamera depan lebih rendah pixelnya tentu hasilnya kurang maksimal dibandingkan memakai kamera belakang. Kamera ponsel 2 atau 3 megapixel adalah syarat minimal untuk menghasilkan gambar potret yang baik, dan makin tinggi resolusinya maka lebih baik lagi hasilnya. Dan terakhir sebaiknya pakailah ponsel dengan fitur kamera auto focus agar hasil jepretannya lebih tajam.
  4. Perhatikan pencahayaan dan background serta aktifkan fitur Flashlight kamera.
    Pencahayaan merupakan faktor utama untuk menghasilkan foto berkualitas, maka pilihlah ruangan outdor dengan background latar yang terang agar hasil foto lebih hidup, cerah dan maksimal. Tapi jika pengambilan gambar dilakukan dalam ruangan kamar atau ruang terbuka malam hari, maka segera aktifkan fitur Flash kamera serta autofocus di Ponsel, agar hasil gambar potret lebih mantap. Hindari background ada cahaya lampu atau juga hal-hal lainnya seperti sampah atau coretan yang merusak pemandangan. Sebaiknya carilah backgroud dengan pemandangan menarik atau berupa latar dinding yang bersih dan berwarna cerah.
  5. Aktifkan fitur FACE DETECTION serta SELF TIMER di ponsel/kamera jika ada dan diperlukan.face detection multi selfie
    Hampir semua kamera ponsel/camera digital memiliki fitur Face Detection, hal ini cukup membantu dan mendeteksi wajah/muka saat hendak dijepret, jika diaktifkan maka ponsel tak bisa dishutter jika wajah tak tertangkap di kamera. Ada pula SELF TIMER, yaitu fitur didalam ponsel/kamera yang secara otomatis membantu kita menjepret kamera sendiri dalam jarak dan rentang waktu diinginkan saat kita berfoto sendiri atau saat kita siap berfoto bersama dengan teman/keluarga/kerabat.
  6. Gunakan alat bantu TONGSIS/PENSIS, jika diperlukan.tongsis dan tongsis alat bantu berfoto selfie
    TONGSIS (alias Tongkat Narsis) alat ini membantu aksis jeprat-jepret foto sobat bersama teman-teman dari jarak lumayan jauh menjadi lebih mudah, dan terasa lebih sempurnanya saat berfoto narsis bersama tak perlu ganti-gantian antara teman-teman siapa sih menjadi tukang fotonya. Alat TONGSIS versi sekarang sudah dilengkapi bluetooth. Nah, lebih canggihnya ada lagi namanya PENSIS (alias Pencetan Narsis), ini adalah remote shutter buat ponsel/iphone. Jenis PENSIS pun beragam, ada versi jack ukuran 3.5mm yang dipasangkan melalui lubang earphone/headphone Ponsel, jika angle foto sudah sip, tinggal pencet saja tombolnya. Nah, lebih baik lagi, alat PENSIS versi Bluetooh, umumnya kompatibel di IPhone, Android dan hampir semua ponsel Smartphone. Dan keuntungannya tentu saja jarak foto narsisnya bisa lebih jauh lagi hanya dengan 1 Pencetan tombol Remote Kontrolnya.
  7. Perbaiki foto Anda dengan aplikasi semacam Photoshop jika hasilnya masih kurang maksimal.
    adobe photoshop aplikasi foto editorJika hasil fotonya ternyata masih kurang maksimal, misalnya masih gelap atau terlihat jerawat atau efek mata merah, sobat bisa coba dulu mengakali alias memanipulasinya dengan software foto editor seperti Adobe Photoshop atau aplikasi semacamnya, sebelum menguploadnya ke social media. Salah satu contoh cara termudah adalah mengaturan pencahayaannya misalnya jika hasil fotonya wajah terlalu gelap maka sobat bisa coba menaikkan sedikit brightness-nya serta menurunkan kontras-nya nya. Atau bisa juga coba tehnik menghilangkan jerawat ala gua.

Nah, itulah sedikit tips cara menghasilkan foto selfie yang lebih baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Wassalam.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Wednesday tanggal 8 October 2014 jam 13.33 di kategori Tips Gaya Hidup.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips Gaya: Cara berfoto selfie dengan kamera ponsel agar hasil potretnya terbaik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.