Blogging Tips Cara memasang timelines status Twitter di postingan dan widget WordPress comBagi sobat pemilik blog wordpress.com yang sudah pernah bergabung di twitter.com, sudahkah memasang timeline Twitter feed ke dalam postingan blog WordPress-mu? Atau juga ingin memasang Twitter Timeline widget ke sidebar blog-mu? Tampilan timelines ini sangat interaktif, sobat! Menariknya, jika dipasang, nantinya para pengunjung dari blog WordPress-mu bisa melakukan follow, reply ataupun retweet secara langsung ke akun twitter-mu (tanpa harus bolak-balik mengakses situs Twitter.com), namun syarat mutlak yang diperlukan haruslah memiliki id widget twitter. Tips untuk mendapatkannya sebagai berikut:

Cara mendapatkan “id widget” Twitter

1). Pertama-tama, login dulu ke akun Twitter-mu.
2). Setelah masuk, klik settings, lalu klik Widgets untuk melihat semua widget Twitter-mu.
3). Jika widget twitter satupun belum punya, silahkan dibuat ya dengan meng-klik “Create New“. Jangan lupa beri judul widget-nya. Selesai klik save.
4). Setelah widget-nya sudah ada (minimal ada 1), silahkan diklik “Edit”.
5). Maka selanjutnya segera muncul halaman “Widgets Configurator”. Nah, disinilah sobat akan menemukan id widget (berupa angka-angka unik) contohnya id widget seperti gambar dibawah ini (ditandai lingkaran warna merah).
twitter-widget-id

Setelah id wdget didapatkan, barulah sekarang penulis membagikan 2 tips selanjutnya yaitu cara memasang timelines Twitter feed ke dalam postingan dan ke widget blog wordpress.com, yaitu dibawah ini: 

 

Cara memasang timeline (status) Twitter di postingan

Setelah mendapatkan id widget twitter, lalu paste id widget-nya ke postingan WordPress-mu, dengan format dibawah ini:

[twitter-timeline id=1234 username=yourhandle]

Keterangan: id adalah id widget (kombinasi angka 1-9 yang sobat lihat saat membuat/mengedit Twitter widget di akun twitter-mu), dan username tentu saja adalah nama akun twitter-mu (tanpa diberi simbol @).

contohnya:
[twitter-timeline id=419525085846700032 username=biarcool]

Selanjutnya masukkan kode short ke dalam postingan blog wordpress, contoh seperti gambar dibawah ini:
twitter-timeline-wordpress

Jika sudah selesai, boleh dilihat hasilnya dengan mengklik Publish, dan selanjutnya (sebagai contoh) muncul tampilan seperti dibawah ini. (jika berkenan silahkan follow twitter-ku)

Cara memasang widget timeline (status) Twitter di sidebar blog

Selanjutnya sobat juga bisa memasang widget timeline Twitter ke sidebar di blog wordpress.com-mu. Tips-nya sebagai berikut:

1). Buka admin WordPress, lalu klik Appearance –> Widgets selanjutnya akan muncul jendeala widget lalu carilah Widget bernama “Twitter Timeline“:

twitter-timeline-widget

2). Kemudian drag (klik dan tahan) widget “Twitter Timeline” ke sidebar blog wordpress-mu terserah ke sebelah mana yang diinginkan (Right atau Left sidebar).
3). Selanjutnya akan muncul konfigurasi widget “Twitter Timeline”, lalu cari dan isilah ID Widget twitter dari akun twitter-mu.
isi id twitter widget di wordpress widget
4). Dan lalu klik Save, untuk menerbitkan widget ini di blog wordpress-mu. Selanjutnya, cukup refresh browser untuk melihat hasilnya di blog wordpress.com-mu.

Keterangan:

  • Width: adalah ukuran lebar timeline. Sebaiknya tetap disetel ke “0″ maka secara otomatis ukuran disesuaikan dengan lebar sidebar wordpress-mu.
  • Height: ukuran tinggi timeline. Secara default (standar) adalah 400px, yang secara normal adalah sama dengan ukuran 3 tweet terakhir tanpa gambar, namun sobat bisa scrolling mouse ke bawah untuk melihat tweet-tweet lama sebelumnya).
  • Widget ID: tentu saja adalah nomor unik id widget Twitter-mu.
  • Layout Options: Untuk mengubah tampilan layout timeline sesuai yang diinginkan.
  • Link/Border Color: Ubah warna border dan link di timeline sesuai yang diinginkan
  • Timeline Theme: untuk memilih tampilan theme sesuai yang diinginkan, dengan 2 pilihan yaitu warna dark (gelap) atau light (terang).



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Sunday tanggal 5 January 2014 jam 00.48 di kategori Tips Kode JavaScript, Tips Wordpress/Blogger. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.