Blogging Tips Cara memasang peta Google Maps ke dalam postingan blog WordPressGoogle Maps, aplikasi online yang berguna untuk melihat map atau peta lokasi geografis ini sangat user-friendly dan informatif. Aplikasi google map umumnya sering dipasangkan di perangkat ponsel (baik android, iphone, blackberry dan pda) yang memiliki fitur GPS, agar penggunanya tak tersesat dan sudah tahu dimana posisinya. Nah, tentu para blogger mania pun tak  mau kalah, sobat pun bisa memberikan bermacam-macam informasi geografis yang berguna kepada para pengunjung setia blog Anda, contohnya peta lokasi objek pariwisata seperti candi borobudur. Nah, pada tulisan kali ini penulis akan membagikan blogging tips: cara memasang peta lokasi dari Google Maps yang diinginkan ke dalam postingan blog WordPress.com mu. Syarat yang diperlukan hanyalah kode html yang akan diselipkan ke dalam postingan/halaman. Tips langkah-langkahnya berikut ini :

Cara memasang peta Map Google ke dalam Postingan

  1. Buka situs Google Maps dari browser-mu.
  2. Ketikkan kata keyword berupa alamat, lokasi,  nama jalan, kota, lokasi geografi, dan negara (lebih lengkap makin lebih akurat) atau apa saja yang ingin dicari di kotak pencarian dan tekan Enter.  Contohnya: Borobudur, Candi atau Borobudur, Jawa Tengah, Indonesia
  3. Selanjutnya mungkin segera muncul dibawah teks: keyword (huruf tebal hitam) , berupa alamat link lokasi peta yang dicari (diwarnai biru). Atau juga mungkin di hasil pencarian akan muncul teks Apakah maksud Anda:  dibawahnya muncul satu/beberapa link usulan dari Google Maps (diwarnai biru)  
  4. Setelah di-klik salah satu link dari hasil pencarian, maka segera muncul nama lokasi  beserta gambar peta lokasi.
  5. Nah, silahkan sobat klik ikon Link (ditandari kotak merah, di sebelah kanan dibawah kotak pencarian) di jendela Browser.Google Maps candi borobudur
  6. Lalu akan muncul pop-up link dan kode html (dimana kode html ini dimulai dengan <iframe ), seperti gambar dibawah ini:Google Maps candi borobudur
  7. Selanjutnya klik mouse -mu ke dalam kotak kode html dibawah judul Tempelkan HTML agar masuk ke dalam situs web (Paste HTML to embed in website), lalu salin kode htmlnya. (Atau bisa tekan Ctrl A dilanjutkan dengan Ctrl C)
  8. Selanjutnya login ke admin situs blog WordPress.commu (http:// namablogkamu .wordpress.com/wp-admin)
  9.  Kemudian,  buatlah sebuah postingan baru (new post) yang ingin dimasukkan kode html tadi. Caranya klik Posts  Add New (atau  Pages Add New untuk sebuah halaman baru). Ket: Jika sobat tak ingin buat postingan baru, bisa pula mengedit salah satu postingan artikel blog-mu yang sudah ada untuk dipasang kode html ini ke dalamnya).
  10. Klik Text (untuk ubah dari Visual ke modus Text).
  11. Lalu paste kode html tadi ke dalam postingan (atau bisa tekan Ctrl V), hasilnya seperti gambar dibawah ini.Google Maps Embed Code candi borobudur
  12. Lalu klik tombol Publish (atau klik Update)  untuk menerbitkan postingan ke blog-mu. Selanjutnya kamu akan melihat kode html yang ribet tadi sudah berubah menjadi kode singkat  (shortcode).Google Maps Code candi borobudur diubah shortcode
  13. Lalu klik View post untuk melihat hasil postingan blog WordPress-mu. Selanjutnya kamu akan melihat bagaimana tampilan peta map dari satelit google sesuai kode html yang dimasukkan tadi di situs blog-mu.

    Lihat Peta Lebih Besar

    Hasil di blog wordpress.com (contohnya seperti dibawah ini):
    Google Maps candi borobudur di blog wordpress.com

Keterangan:

  • Jika kode html tidak bekerja, mungkin disebabkan karena  kesalahan memasukkan kode html di dalam modus Visual editor. Cara mengatasinya klik  ikon Text (letaknya di paling kanan dibawah judul).
  • Ketika memasukan  alamat/lokasi peta di pencarian, pengguna Google Map bisa menuliskannya peta lokasinya dalam format koordinat longitude dan latitude (jika ingin hasilnya lebih akurat). Hal ini lebih cocok  dilakukan jika pengguna tidak menemukan peta lokasi yang ingin dicari).
  • Pengguna google map bisa memasukan lebih dari satu peta ke postingan/halaman blog.
  • Saat mendapatkan kode html sobat bisa melakukan kustomisasi (mengubah) tampilan dimensi peta, dengan meng-klik Sesuaikan dan pratinjau peta terlampir (Customize and preview embedded map). Selanjutnya kode iframe code pun akan berubah menyesuai hasil kustomasi penggunanya.
  • Tips ini tentunya juga bisa bekerja di situs penyedia blog lain, seperti blogspot.com, blogdetik, dll.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Sunday tanggal 5 January 2014 jam 04.56 di kategori Tips Kode JavaScript, Tips Wordpress/Blogger.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Blogger Tips: Cara memasang peta Google Maps ke dalam postingan blog WordPress. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.