Tips Agar memaksa ponsel tablet Android memilih koneksi internet tercepat 3G saja HSDPA WCDMA Only Selamat Thursday jelang siang, fansdroid! Teknologi koneksi internet di hp ponsel/tablet sekarang sudah makin cepat, sobat! Ada Jaringan selular 4G LTE, 3.5G HSDPA, 3G WCDMA, dst-nya. Ribuan BTS terus disediakan di seluruh nusantara, dimana saja mencakup hingga ke pelosok pedesaan. Provider kartu selular mana yang kamu sukai? Tipe apa GSM atau CDMA? Banyak pilihan! KartuHALO/SimPATI/AS (dari Telkomsel), Matrix/IM3/Mentari/ StarOne (dari Indosat), XL, Axis, 3 Indonesia, Flexi (dari Telkom),  Esia/Wifone (Bakrie Telecom), Smartfren Telecom, atau Ceria (dari Sampoerna Telekom), dan 2018 akan terus bertambah hingga dan bersaing. Persaingan antara provider selular (dari media iklan, surat kabar dan televisi). Mudah-mudahan kita para pelanggan bisa diuntungkan dengan semakin murah. Termasuk pengunjung blog ini (yang asyik berselancar di perangkat Gadget via browser Internet browser pasti tak bosan-bosannya menjelajahi dunia “luna” maya tanpa batas. Tarif berlangganan internet umumnya ada 2 yaitu kuota dan unlimited. Tarif kuota sering dipilih karena lebih cepat, unlimited tak kalah karena lebih murah. Semoga tarif-nya makin murah meriah dan terus berlanjut sampai bulan January 2018 ini.

Teknologi broadband yang super cepat selalu diimbangi pula dengan teknologi gadget (ponsel atau smartphone) yang sama canggih pula. Jaringan 3G yg dulu hebat sudah ketinggalan. Walau 2G sudah ketinggalan, kadang Admin suka menggunaan modus ini untuk menghemat baterai. Tapi jika ingin kecepatan koneksi internet-nya lebih cepat sebaiknya pintar memilih ponsel/tablet smartphonenya yang lebih canggih pula. Fiturnya sudah harus mendukung jaringan 4G LTE. Minimal 3.5 HSDPA. Sayangnya jika gadget phonenya sudah canggih + kuota internetnya besar+unlimited, tapi kondisi signalnya lemah di daerah tempatmu lemah.Maka secara otomatis ponsel akan memilih signal yang lebih kuat, tentu saja mmemilih G (GPRS 2G). Jaringan GPRS 2G tentu lemot banget. Ini sangat merugikan buat sobat yang hobi mengakses video di youtube atau pun khususnya yang gemar main game online bakal ngelag patah-patah fpsnya. Download film baru mkv lambatnya minta ampun, sehari/2 hari baru selesai. Nonton video yang diputar dari situs youtube sering macet putus-putus, capek nunggu kelarnya.

Nah, kali ini penulis berbagi 2 tips yang berguna untuk mempercepat koneksi internet di perangkat ponsel/tablet androidmu, dengan memaksa perangkat memilih koneksi 4G /HSDPA / 3G WCDMA yaitu melalui aplikasi dan call menu android berikut ini;

Aplikasi 3G only untuk mempercepat koneksi internet di tablet/smartphone android

Sobat bisa mendownload secara otomatis, aplikasi Only 3G di link dibawah ini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobnetic.only3G

atau bisa mendownload secara manual, link attachmentnya di bawah ini
Mobnetic only3G.apk (untuk Android 2.1 Eclair+) – 119 KB

span style=”text-decoration: underline;”>Ket: aplikasi ini mendukung ponsel dengan sistem os Android 2.1 Eclair atau versi diatasnya.

Melalui menu telepon call

  • Tekan Panggilan atau Call di tablet/Smartphone dan lalu ketikkan angka *#*#4636#*#* (HP Android China) atau *#2263# (Samsung Galaxy)  atau *#301279# (Samsung Galaxy S Series) untuk mengaktifkan menu testing android.
  • Selanjutnya, disitu menu service mode/test Android segara muncul.
  • Nah, disitu ada beberapa pilihan kategori informasi.
  • Untuk HP Android China, lalu tekanlah phone information () lalu geser pilihan dibawahnya set preferred network type. Lalu ubahlah dari “WCDMA preferred” menjadi “WCDMA only” (cara ini persis dengan konfigurasi pada modem USB HSDPA.

    Set Network Type from WDMA Preferred to WCDMA only

  • Untuk HP Samsung Galaxy Mini di service mode, pilih WCDMA Band Preference, lalu WCDMA ALL. 
  • Untuk HP Samsung Galaxy S, pilih Change HSPA Revision lalu pilih 2 HSDPA Only
  • Selanjutnya keluar tekan tombol balik, maka jaringan akan dipaksa menjadi modus 3G WCDMA (tidak akan lagi berubah menjadi 2G.

Nah, selesai, sekarang masalah signal 3G lemah tadi berhasil diatasi, ponsel Android sobat kini dipaksa hanya mengakses jaringan data 3G.

Perhatian sobat! Jika situasi tempat tinggalmu, tak ada signal 3G, maka akibatnya signal ponsel/tablet-mu akan lumpuh total, alias tak ada signal jaringan. Agar normal bisa kembali menggunakan jaringan yang ada 2G, maka tekan lagi kode tes menu android tadi, lalu ubah kembali di set preferred network type back menjadi “WCDMA preferred”, restart ulang ponsel untuk memulihkan settingan ini agar kembali ke default/sedia kala.
Keterangan: Saat diuji gagal dengan ponsel 3G Android 2.1 Eclair merk Huawei, tapi cukup berhasil dibeberapa perangkat 3G – Android Jelly Bean 4.2.2 (Samsung Galaxy Nexus, dll) dan Android Froyo 2.2 (Huawei U8350)



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Wednesday tanggal 15 January 2014 jam 01.06 di kategori Tips Android, Tips Aplikasi Android. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.