Android Tips Cara merekam suara ke file MP3 dengan Aplikasi Sound Recorder untuk HP tabletPonsel (HP/Smartphone) atau tablet Android yang sering kita bawa kemana-mana tidaklah lengkap tanpa ada aplikasi Perekam Suara alias (Sound/Voice Recorder) didalamnya. Aplikasi perekam suara – Sound Recorder – ini secara default juga sudah terpasang di sistem operasi Android ini, tentu saja sangat berguna antara lain; untuk bisa merekam catatan suara, lagu, khotbah, musik, seminar, dan lain-lain. Jika sobat seorang wartawan/jurnalis baik pro ataupun amatir bisa coba menggunakan aplikasi perekam suara ini untuk tes wawancara, mencatat berita dan sebagainya saat mendesak. Namun sayangnya, aplikasi perekam suara standar dari OS Android biasanya cuma menyimpan rekaman suara ke format OGG atau AMR yang tentu kualitas suaranya lebih rendah dibanding MP3. Jadi, cara agar perangkat Android bisa merekam suara dengan kualitas tinggi, maka harus download aplikasi luar yaitu MP3 Recorder, tentu saja dari Google Market/Play Store. Nah di tips kali ini, penulis akan membagikan beberapa Aplikasi Perekam Suara MP3 terbaik yang direkomendasikan untuk perangkat Android anda, antara lain:

1). Hi-Q MP3 Recorder

Size:500kb – OS: Android v2.1 Eclair ke atas
Fitur: MP3 Recorder+built-in MP3 player, mendukung ponsel Android tipe lama (OS Android v2.1 Eclair), mampu merekam secara real-time hingga baterai habis, bisa Pause/Resume, mendukung bitrate hingga 128 kbps, mendukung bisa merekam dari front atau rear microphone, pengguna bisa mengelola file rekaman (share, rename, dan delete), fitur Gain untuk penguatan/pelemahan perekaman suara, serta mendukung bahasa Indonesia.

Download aplikasi Hi-Q MP3 Recorder di link dibawah ini:
Versi Gratis:
https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.mp3recorder.lite
Versi Full:
https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.mp3recorder.full

Screenshot:
Hi-Q MP3 Voice Recorder (Free) - screenshot thumbnailHi-Q MP3 Voice Recorder (Free) - screenshot thumbnailHi-Q MP3 Voice Recorder (Free) - screenshot thumbnailHi-Q MP3 Voice Recorder (Free) - screenshot thumbnail

Tips:

  • Untuk record (rekam), cukup tekan tombol ( ● ) sebelah kiri
  • Untuk stop, tekan tombol ( □ ) sebelah kanan atau pause/resume, tekan tombol ( ||  ) hitam sebelah kanan.
  • Untuk mengatur kualitas MP3 dengan kualitas lebih tinggi, bisa tekan ikon Menu -> Settings, lalu ubah bitrate-nya ke maksimal 128kbps, atau jika sobat ingin menghemat kapasitas penyimpanan (storage) bisa ubah bitrate-nya ke minimal 32kbps.

2). RecForge Pro – Audio Recorder

Size:3MB – OS: Android v1.6 ke atas
Fitur: OGG/WAP/MP3 Sound Recorder+Player, mendukung ponsel Android tipe lama (OS Android v1.6), mampu merekam real-time , bisa Pause/Resume, mendukung sample rate 8khz – 48khz (tidak mendukung bitrate), bisa merekam dari built-in microphone/external jack, pengguna bisa mengelola file rekaman (find, share, rename, play dan delete), fitur Gain untuk penguatan/pelemahan perekaman suara, menu dalam bahasa Inggris (tidak ada support bahasa Indonesia).

Download aplikasi RecForge Pro – Audio Recorder di link dibawah ini:
Versi Gratis:
https://play.google.com/store/apps/details?id=dje073.android.audiorecorderlite
Versi Full:
https://play.google.com/store/apps/details?id=dje073.android.audiorecorder

Screenshot:
RecForge Pro – Audio Recorder 1RecForge Pro – Audio Recorder 2
RecForge Pro – Audio Recorder 3RecForge Pro – Audio Recorder 4

Tips:

  • Untuk merekam – Tekan tombol lingkaran besar O (ditengah bawah).
  • Untuk pause/resume – Tekan tombol lingkaran kecil o (dikanan atas), dan stop tekan tombol lingkaran kecil 0 (di kanan bawah).
  • Untuk mengubah format audio rekaman ke MP3/OGG/WAV – Tekan ikon Menu -> Settings -> File Format.  (Ket: Tak ada pengaturan bitrate, tetapi sample rate 8hz – 48khz.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Monday tanggal 6 January 2014 jam 01.54 di kategori Tips Android, Tips Aplikasi Android. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Komentar telah ditutup.