Android Tips Cara merawat layar sentuh smartphone tablet agar touchscreen awet tahan lamaSiapapun pengguna Android selalu menginginkan layar sentuh tablet atau ponselnya selalu awet, bersih, panjang umur, tahan lama, anti macet, dan bahkan tidak lecet sekalipun. Kan sayang sudah beli mahal, merknya top, kinerjanya mantap, tapi karena penggunanya kurang menjaga (merawat) tablet atau smartphone dengan baik, tak lama beberapa bulan kemudian, pecah retak begitu saja. :)

Nah, oleh sebab itulah postingan kali ini akan mengulas tips-tips cara merawat layar sentuh ponsel atau tablet biar awet dan tahan lama. Nah, berikut ini tips-tipsnya:

  1. Usahakan hindari layar sentuh dari goresan benda tajam, yaitu dengan memasang kaca anti gores (screenguard) untuk menghindari goresan di layar sentuh
  2. Usahakan hindari layar sentuh dari benturan/tekanan yang kuat, misalnya terjatuh, yaitu dengan memberi casing body tambahan direkomendasikan berbahan karet.
  3. Usahakan hindari layar sentuh dari listrik statis, yaitu hindari meletakkan tablet atau ponsel diatas benda-benda mengandung listrik statis, misalnya casing komputer, casing notebook, dan lain-lain. Jadi, selalu pakaikanlah sarung sekaligus pelindung layar smartphone yang umumnya berbahan plastik dan kulit.
  4. Usahakan hindari layar sentuh dari debu dan kotoran melekat, yaitu dengan selalu rajin membersihkan layar dengan tisu halus, pastikan pula tangan pengguna gadgetnya juga harus selalu bersih dan kering. Karena jika tangan pengguna lembab kotor maka noda cairan yang lengket akan menumpuk di layar sentuh hingga menjadi sentuh tak sensitif lagi menerima sentuhan jarimu. Kalau kotorannya susah dibersihkan, beri sedikit cairan pembersih LCD pada tisu atau kain lap untuk membersihkan, maksimal sehari sekali.
  5. Usahakan hindari layar sentuh dari medan magnet, yaitu dengan menjauhkan layar sentuh dari benda-benda mengandung magnet seperti besi magnet, magnet speaker, dan lain-lain.
  6. Usahakan menjaga suhu layar sentuh dalam batas normal yaitu dengan menjaga pula perangkat tablet atau smartphonenya agar tidak panas berlebihan karena layar sentuh hanya bekerja maksimal dengan suhu pengoperasian antar 0-30 derajat celcius dan terjaga kelembabannya sekitar 5 persen.
  7. Usahakan menjauhkan tablet dari lantai dan jangkauan anak-anak, yaitu jangan meletakkan tablet atau pun smartphone sembarangan salah-salah terinjak anak, tak sengaja diduduki, dan berbagai kecelakaan gadget yang tak diinginkan lainnya, karena seberapa kuat pun layar tablet (dari promo penjualnya) pasti tak sanggup menahan berat beban dari puluhan kilo hingga ratusan kilogram seseorang yang menginjaknya.

Nah, itulah sedikit tips singkat cara merawat layar sentuh tablet dan smartphone Android supaya lebih awet dan tidak tahan lama. Semoga berguna.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Tuesday tanggal 28 January 2014 jam 05.23 di kategori Tips Android.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Android Tips: Cara merawat layar sentuh smartphone/tablet agar lebih awet tahan lama. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.