Android Tips Cara merawat baterai smartphone agar awet tidak cepat drop semua tipe HP Ponsel Selamat Tuesday dini hari, Gadgetmania! Sobat pasti tidak menginginkan jika ponsel kesayangannya (smartphone samsung, blackberry, iphone, HP Nokia, dsbnya) ataupun gadgetnya (tablet/ipad) baterainya tiba-tiba sering drop tak bisa bertahan lama, bahkan dalam sehari sering harus berulangkali mengecas baterai ponsel atau gadgetnya. Nah, kuncinya  sobat agar baterainya awet, yaitu hemat, hindari panas, pakai charger asli dan menjaga kondisinya dengan baik. Nah, berikut ini tips-tipsnya secara lengkap cara merawat baterai ponsel (semua tipe HP dan gadget ) agar awet dan tidak mudah drop antara lain:

  1. Usahakan selalu menghemat penggunaan baterai ponsel/gadget , yaitu
    • Kurangi bermain games berat khususnya permainan 3D dan aplikasi grafik tinggi. Pakai bermain seperlunya saja. Pastikan baterai harus full 100{fddfcd2f3c63c76da0c78a1671f12f12293aa2ddce75d71d35bb057f2b4baf77} saat pertama kali bermain games 3D/HD. Sebaiknya cobalah mencari aplikasi atau game yang ringan namun asyik.
    • Hindarilah pemakaian aplikasi streaming video online terlalu sering (seperti youtube) karena juga terbukti cepat menguras baterai.
    • Kurangi ber-internet-an terlalu sering di gadget anda, apalagi dengan koneksi 3G.. Maka sebaiknya cukup ubah modusnya ke GSM (2G) atau langsung nonaktifkan koneksi data (internet) jika sudah tak diperlukan. Saat berinternet untuk keperluan download file berukuran besar yang penting, maka sebaiknya gadget terus dicolokkan ke Charger.
    • Jika smartphone/tablet bukan khusus untuk teleponan/SMS, maka berhematlah dengan selalu memakai modus Standby / Airplane (WIFI, Bluetooh, Radio, 3G dimatikan) biar kondisi baterai terjaga.
    • Gunakanlah power cadangan/Powerbank (jika ada punya), cocok sekali digunakan saat sobat hendak bermain games berat, dan berinternet dalam waktu yang cukup lama.
      power bank 6000mAh dijual
      power bank 2400mAh dijual
  2. Usahakan selalu menghindari ponsel terlalu lama dalam keadaan panas, antara lain:
    • Selalu usahakan mengaktifkan ponsel atau gadget dalam modus sinyal 2G (GSM). Modus 3G jelas akan memakan banyak sumber daya baterai anda, yang tentu pula memancarkan panas dan radiasi yang lebih besar, apalagi jika area tempatmu berada semakin jauh dari menara BTS terdekat.
    • Jangan sering masukkan ponsel yang aktif koneksi internetnya ke tempat tertutup seperti saku celana/tas, karena akan menghalangi sinyalnya dan menyebabkan jebakan panas.
    • Selalu letakkan smartphone atau tablet ponsel ditempat yang memiliki signal telepon kuat atau sinyalnya kuat ditempat tidak terhalang tembok, misalnya: diatas lemari, didekat pintu, ventilasi jendela, diluar kamar, dll.. Semakin lemah sinyal telepon, semakin cepat pula baterai ponsel terkuras dan terus panas karena mengeluarkan banyak daya untuk menangkap sinyal telepon.
    • Segera cabut charger jika baterai sudah penuh, karena terlalu lama maka akan menyebabkan baterai panas yang bisa merusak baterai, charger bahkan beserta ponselnya.
    • Jika ponsel atau gadget dipakai sebagai Wifi Tethering (WLAN Hotspot) dengan modus 3G/HSDPA aktif,  maka ponsel/tablet harus dicas terus menerus non stop atau dicolokkan ke Powerbank (untuk mencegah baterai cepat habis) lalu diletakkan di ruangan pendingin AC atau diberi kipas angin untuk mencegah panas di ponsel/tablet.
    • Jika baterai sangat panas sebaiknya segera keluarkan dari casing dan lekas dinginkan dengan kipas/pendingin. Oleh sebab itu persiapkan pula baterai cadangannya (jika ada saat pembelian atau beli sendiri).
  3. Usahakan selalu menjaga kondisi baterai tetap baik, antara lain:
    • Jaga selalu baterai diatas 30-50{fddfcd2f3c63c76da0c78a1671f12f12293aa2ddce75d71d35bb057f2b4baf77}. Jika baterai akan habis (kalau ada peringatan suara/low-batt), segera dicas (charge).  Jangan biarkan baterai habis alias terlalu lama kosong bahkan berhari-hari karena battery akan cepat rusak.
    • Saat mengecas baterai, ponsel sebaiknya dalam keadaan mati, atau bisa pula dengan modus Airplane (standby).
    • Jangan cabut charger sebelum baterai penuh, karena bisa juga berpengaruh pada keawetan baterai ponsel anda.
    • Untuk jaga-jaga boleh merawat fisik baterai agar awet dengan melap-nya (tidak lupa membersihkan pin konektor baterai dan ponsel), serta membersihkan casing tempat baterai dibelakang dengan menggunakan tisu dan jangan pakai cairan pembersih, secara rutin minimal 2 bulan sekali.
    • Hindarilah baterai konslet akibat kelalaian seperti akibat ponsel atau gadgetnya terendam air.
    • Hindarilah baterai terbanting keras akibat kelalaian baik tidak sengaja maupun sengaja :) )
  4. Usahakan selalu setia menggunakan charger/cas yang asli, maka:
    • hindari pemakaian charger tipe/merk lain, walau colokannya persis sama dengan ponsel atau gadget milik-mu, bahkan walau sama Volt-nya (umumnya 5V), tapi kuat arusnya (mA) belum tentu sama dengan Charger Asli-mu, salah-salah jika arusnya terlalu kuat bisa menyebabkan baik itu ponsel, charger atau baterai-nya ikut rusak.
    • Juga hindari pengecasan ponsel dari cas di mobil karena listrik DC yang dihasilkannya umumnya kurang stabil.
    • Jika anda membeli dan pakai cas KW alias charger merk lain sebagai cadangan, sebaiknya cek dulu berapa voltase (V) dan arus (mA)-nya apakah sama dengan charger asli. Maka Lihat baik-baik, pilihlah spek yang mirip dengan Charger aslinya.
  5. Tidak lupa, menyiapkan baterai baru pengganti. >Inilah langkah terakhir mengganti atau membeli baterai baru jika sudah masanya, karena umur Baterai tidak akan bertahan cukup lama, rata-rata dua atau tiga tahun sebaiknya sudah harus ganti.

Nah, itulah sedikit tips singkat cara merawat baterai tablet dan ponsel smartphone Android (atau seluruh merk ponsel lainnya) supaya lebih awet dan tidak cepat drop. Semoga berguna.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Tuesday tanggal 28 January 2014 jam 01.59 di kategori Tips Android, Tips Gadget.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips Android: Cara merawat baterai agar awet, tidak cepat drop (semua tipe HP, ponsel smartphone, tablet). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Sebuah Komentar di “Tips Android: Cara merawat baterai agar awet, tidak cepat drop (semua tipe HP, ponsel smartphone, tablet)”

  1. Zein - Smartphones mengirim komentar:

    Wah lengkap sekali pembahasan diatas! Ingin nambahin aja, jangan biasakan ngecharge malam hari saat akan tidur sampai pagi saat bangun. Hp yang overcharged akan membuat batre akan cepat rusak. Btw thanks ya atas tips2nya!