Android Tips Cara mengetahui Li-Ion battery Ponsel HP Smartphone Tablet sudah drop Selamat Tuesday dini hari, sobat ponselmaniak! Baterai HP ponselmu cepat habis saat digunakan! Umumnya baterai pada ponsel bb (blackberry), PDA, nokia, sony, china phone, khususnya smartphone atau tablet android memakai baterai berjenis Li-Ion. Batere Li-Ion ada berbagai macam kapasitas, misalnya Li-Ion 1200 mAh, 1600 mAh, 1800 mAh, dan lain-lain. Untuk mengetahui apakah memang benar ponsel anda menggunakan baterai Li-Ion, maka silahkan dilihat di baterainya apakah ada tulisan label Li-Ion. Ciri-ciri batere jenis ini cepat panas, apalagi saat digunakan di HP untuk telpon atau download. Juga baterai jenis Li-Ion ini umurnya rata-rata sekitar 2 atau 3 tahun saja, walaupun tidak digunakan atau disimpan. Jadi itulah sebabnya, jika ponsel Anda sudah berumur tiga tahun maka sudah saatnya bersiap-siap mengganti baterai ponsel Li-Ion yang baru, karena baterai Li-Ion-nya sudah mulai cepat habis, alias disebut baterai hp Li-Ion sudah dalam keadaan drop. (Lalu bagaimanakah cara mengetahui apakah baterai ponsel berjenis Li-Ion sudah drop?

Nah, berikut ini ciri-ciri baterai Li-Ion yang sudah drop, antara lain:

  1. Baterai cepat habis, umumnya saat di gunakan untuk menelpon dan internetan. Daya tahan baterainya singkat, belum sampai setengah hari saja hampir hampir, dan selalu harus dices berulang kali, dalam sehari.
  2. Baterai cepat mengisi saat dicharger. Baterai yang drop waktu pengisiannya jadi lebih cepat dibanding baterai normal bahkan sampai kurang setengah/seperempat jam sudah full 100{fddfcd2f3c63c76da0c78a1671f12f12293aa2ddce75d71d35bb057f2b4baf77} .
  3. Baterai kondisi fisiknya sudah tidak normal, biasanya baterai drop keadaan bentuknya seperti hamil alias kembung.
  4. Baterai mengeluarkan cairan zat kimia, alias bocor.  Bahayanya jika cairan tersebut merusak circuit mesin ponsel.
  5. Baterai diukur menggunakan alat ukur ESR METER, ini cara paling cepat untuk mengetahui suatu baterai yang dicharger masih dalam keadaan baik atau tidak.  Saat diukur, baterai yang masih baik , nilai ESR nya mendekati nol ohm. Sedangkan baterai yang sudah jelek , nilai ESR-nya melebihi 1 ohm. Jadi, ada baiknya saat membeli ponsel bekas/sekond, silahkan dicek baterainya menggunakan ESR METER.

Ada baiknya juga sobat mencoba beberapa tips lainnya yaitu cara merawat baterai HP agar awet. Nah,  itulah sedikit tips singkat cara mengetahui kondisi baterai HP apakah sudah drop atau tidak untuk semua jenis ponsel. Semoga tips ini tadi bermanfaat.

Penulis mempublikasikan postingan ini hari Sunday tanggal 2 March 2014 jam 16.54 di kategori Tips Android, Tips Gadget.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .

Ok. Demikianlah postingan Tips Android: Cara mengetahui baterai Li-Ion – HP Ponsel sudah kondisi drop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membagi artikel ini ke teman atau kenalanmu dengan mengklik salah satu sharing ikon dibawah!
Facebook Google Twitter Whatsapp
dan Jangan lupa tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna dibawah ini!

Komentar membutuhkan akun facebook.