17H2427 Tips Android Cara keren menangkap menyimpan gambar layar screenshot capture ponsel tablet cukup digoyangSelamat Tuesday pagi! Apa kabar sobat gadgetholic! Sudah tahukah caranya menangkap dan menyimpan gambar screenshot di layar ponsel atau tablet-mu tidak harus menginstall aplikasi tambahan, caranya cukup tekan tombol (Power) + (Volume Down) secara tepat bersamaan sedetik, atau juga (Power) + (Home), maka tampilan gambar dilayar seketika saat itu langsung disimpan ke Gallery, tepatnya menjadi file .PNG (dinamai secara otomatis) letaknya dalam folder /mnt/sdcard/pictures/screenshot dan tips ini berhasil dites di hampir semua perangkat ponsel atau tablet Android tipe Samsung Galaxy, Nexus, dan merk Android umum terbaru seperti Mito, Cross, Lenovo, Axio, Advan, Nexian, dan lainnya).

Tapi trik yang lebih keren nih! Anda bisa menyimpan screenshot layar ponsel atau tabletmu dengan cara shake alias sambil digoyang….

Iya.. untuk mengambil gambar di layar mesin Android-mu cukup mengguncang ponsel atau tablet Android-mu! Dan selanjutnya secara otomatis gambar screenshot layar akan segera disimpan menjadi file PNG/JPG (sesuai pengaturan pengguna). Syaratnya, memasang dulu aplikasi Screen Capture atau lebih tepatnya aplikasi khusus Shake-Activated Screenshot Tool (Tool penangkap layar untuk android dengan menggoyang perangkat). Tool ini juga banyak tersedia di situs Google Play ( Android MarketShake-Activated Screenshot Tool disertai link downloadnya dibawah ini!!

screenshot Ⓡ pengembang: Kastor Soft | ukuran: 2.3MB/sistem yang dibutuhkan: Android 2.3 (Gingerbread) )

download auto pilot mode from play store
atau dari perangkat PC bisa juga

Tips cara menangkap layar Android dengan screenshot sambil digoyang

menangkap layar android dengan screenshot

  1. Pastikan perangkat Android sudah dirooting terlebih dahulu (Jika belum, caranya di link ini)
  2. Setelah instal dan bukalah aplikasi screenshot lalu aturlah setelan aplikasi agar selalu berjalan lancar, tandailah atau beri tanda centang √ pada Shake the phone to take a screenshot
  3. Setelah itu tekan back dan keluar.
    Catatan: Pastikan tidak aplikasi shake lain yang berjalan di perangkat Android-mu
  4. Silahkan coba goyanglah ponselmu, jika ponsel atau tablet Android-mu berhasil mengambil gambar di layar secara otomatis menjadi file jpg., berarti tips sudah berjalan lancar.
  5. Jika gagal apliikasi bisa melakukan Screenshot dengan cara lain, buka aplikasi lalu tekan ikon gambar kamera lagi, maka 5 detik kemudian ponsel atau tablet-mu akan menangkap gambar layar menjadi file jpg.
  6. Untuk keluar tanpa menghentikan aplikasi ini tekan tombol . Jika ingin menghentikan ketika aplikasi dibukan tekan tombol Escape

Screen Shot Ⓡ pengembang: Teksoft | ukuran: 495kb | sistem yang dibutuhkan: Android v2.0 (Eclair) atau lebih tinggi

download auto pilot mode from play store
atau dari perangkat PC bisa juga

Tips cara menangkap layar Android dengan screenshot sambil digoyang

menangkap layar android dengan screenshot

  1. Pastikan perangkat Android sudah dirooting terlebih dahulu (Jika belum, caranya di link ini)

  2. Silahkan menjalankan (open) aplikasi Screenshot
  3. Setelah aplikasi muncul, dibawah teks Screenshot trigger pilih/beri tanda centang √ semua pada Shake, boleh ditambah Voice Activated
  4. Setelah itu tekan back dan keluar.
  5. Pastikan tidak aplikasi shake lain yang berjalan di perangkat Android-mu
  6. Nah, silahkan coba menggoyang ponselmu dan maka ponsel atau tablet Android-mu akan mengambil gambar di layar secara otomatis menjadi file jpg.
  7. Jika gagal, bisa diulang cara lain, silahkan buka aplikasi Screenshot, lalu beri centang √ pada Delay saja lalu back keluar aplikasi, selanjutnya 10 detik kemudian ponsel atau tablet-mu akan menangkap gambar layar menjadi file jpg.
  8. Selesai, silahkan tekan back keluar untuk menghentikan aplikasi ini.

Demikian tips singkat cara keren menangkap dan menyimpan gambar layar di ponsel tablet Android sambil digoyang dengan 2 ScreenShot Tool tadi. Semoga bermanfaat dan trims atas kunjungannya.



Penulis mempublikasikan postingan ini hari Sunday tanggal 9 February 2014 jam 23.34 di kategori Tips Android, Tips Aplikasi Android. Silahkan tinggalkan pesan/komentar/saran apapun yang baik & berguna.
Dimohon setiap pengunjung agar tak melipatgandakan materi website ini ke bentuk apapun tanpa izin penulis. Jika sebagian isi konten/kode HTML/link gambar website ini diedit lalu copy-paste ke blog lain, harap cantumkan alamat link website ini sebagai sumber atau bisa copy kode HTML ini (Ctrl X): .
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

6 Komentar di “Tips: Cara menangkap/menyimpan gambar di layar Android (screenshot capture). Cukup digoyang ponsel/tabletnya!”

  1. WOW, Cara Menangkap screenshot menggunakan VLC Media Player MUDAH!! mengirim komentar:

    apps nya buat nangkap screenshot bikin berat nggak mas?


  2. biarcool mengirim komentar:

    :wink: enggaklah karena jalan aplikasinya ringan,
    kecuali hp/tablet nya beratnya 5kg. :mrgreen:


  3. Chita mengirim komentar:

    yah.. sayang banget harus di root dulu. gak berani jadinya, soalnya katanya bisa bahaya..


  4. lelha mengirim komentar:

    Hp sya ngga bisa screens pake tombol power + Volume down gimana dong???


  5. biarcool mengirim komentar:

    hp android merek dan tipenya apa?


  6. bajuri mengirim komentar:

    masuk” thanks sob